iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography How To 10 Tips Ngarsitek

10 Tips Ngarsitek

Architecture-iPhone-Photos-3

 

Memotret arsitektur bangunan adalah salah satu kegiatan mengasyikkan dalam dunia photography. Lines dan pattern yang ada dalam sebuah arsitektur bangunan menjadi subjek yang sangat menarik untuk diabadikan. Tetapi walaupun sudah tersaji di depan mata dan siap untuk dijadikan foto yang bagus, memotret arsitektur sebenarnya agak susah-susah gampang. Bangunan yang tadinya memiliki arsitektur yang menarik akan tampil biasa saja kalau kamu salah dalam memotretnya

Supaya kamu bisa bisa menghindari hal di atas, ini ada 10 tips yang bisa kamu pelajari agar bangunan yang sudah tampak cantik dapat tampil lebih mengagumkan lagi di dalam fotomu.

1. Cari arsitektur yang menarik.

Ibarat pepatah “Kalau udah cantik kayak Dian Sastro mah mau dipotret dari sudut manapun hasilnya bakal tetep cantik”. Pepatah ini juga berlaku dalam memotret bangunan, kalau ia sudah memiliki arstitektur yang sangat menarik mau gimana juga motretnya kemungkinan besar hasilnya akan tetap menarik, seenggaknya okelah.

Architecture-iPhone-Photos-69

Carilah berbagai macam tipe facade, atau bangunan yang memiliki detail menarik untuk dipotret. Sekali kamu memulai menaruh perhatian, kamu bakal menyadari berbagai macam kesempatan menarik dalam foto arsitektur.

Architecture-iPhone-Photos-13

Jelajahi berbagai tipe bangunan. Sebuah lapangan parkir akan sama photogenicnya dengan sebuah gereja atau bangunan kantor.

Pikirkan tentang berbagai tipe bangunan yang kamu lihat sehari-hari, seperti rumah, apartment, mall, gereja, pencakat langit, pabrik, gudang, dll. Lalu cobalah memotret semuanya satu persatu untuk mendapat pengalaman dalam memotret berbagai tipe arstitektur.

Architecture-iPhone-Photos-34

Lihat berbagai tipe bangunan dan cobalah untuk memperhatikan keunikan dari masing-masing bangunan. Bangunan tua dengan bagian tradisional dan bangunan baru dengan arsitektur modern keduanya dapat menjadi subjek yang sangat bagus untuk Mobile Fotomu, meski dengan cara yang berbeda.

Kalau kamu sering melewati sebuah bangunan yang sama, pelajarilah bangunan tersebut dalam waktu yang berbeda. Kapankah bangunan tersebut tampil dalam wujud terbaiknya? Ambil foto dari bangunan tersebut dalam berbagai waktu yang berbeda untuk melihat bagaimana cahaya mempengaruhi fotomu.

Architecture-iPhone-Photos-9

Dan ingatlah bahwa arsitektur tidak harus selalu berbentuk bangunan. Jembatan, garasi, atau struktur buatan manusia lainnya dapat menjadi pilihan yang baik untuk foto arsitektur.

Architecture-iPhone-Photos-15

 

2. Potret dari Perspektif Berbeda.

Seringnya sebuah bangunan tampak menakjubkan saat kamu memotretnya dari depan. Tetapi terkadang mencoba sudut yang unik dapat menghasilkan foto arsitektur yang luar biasa.

Architecture-iPhone-Photos-30

Cobalah melihat langsung ke atas bangunan dan bermain dengan seberapa banyak bagian dari langit akan kamu masukkan atau keluarkan. Atau lihat ke bawah dari ketinggian, yang secara sementara dapat membingungkan orang dengan cara yang menyenangkan dan tak terduga.

Architecture-iPhone-Photos-25

Lainnya lagi, cobalah memegang mobile phonemu menghadap bagian kaca atau metallic untuk menghasilkan persepktif yang unik.

Terakhir, lakukan framing dengan cara yang berbeda, seperti menampilkan banyak negative space dapat membuat perbedaan antara foto bagus dan yang luar biasa.

Architecture-iPhone-Photos-39

3. Memotret Interior.

Sebagai tambahan dari memotret bagian luar dari bangunan, jangan lupa untuk menjelajahi bagian dalam dari bangunan tersebut.

Architecture-iPhone-Photos-37

Interior dapat menghasilkan foto arsitektur yang bagus, dan kamu akan menemukan berbagai hal dan sudut yang menarik untuk difoto.

Architecture-iPhone-Photos-45

Jendela mengendalikan jumlah cahaya yang masuk ke dalam bangunan, jadi perhatikan baik-baik mereka. Sebuah jendela dapat menjadi sebuah set menarik untuk menempatkan orang atau subjek lain untuk sebuah foto yang dramatis.

Dengan melihat melalui jendela menuju subjek di belakangnya, kamu dapat menciptakan frame alami yang mengelilingi subjek utamamu. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan komposisi dari fotomu dan menarik perhatian kepada sang subjek.

Architecture-iPhone-Photos-31

Menciptakan foto siluet adalah cara yang sangat tepat untuk menambahkan kesan misterius dan drama kedalam foto arsitekturmu. Untuk menciptakannya, cukup posisikan subjekmu di depan jendela dan memotretlah ke arah cahaya. Tap layar untuk memfokuskan ke bagian yang kamu inginkan, lalu swipe ke bawah untuk mengurangi exposure hingga sang subjek tampil sebagai siluet yang gelap di depan background yang terang.

Architecture-iPhone-Photos-44

Foto interior juga dapat menjadi alat untuk menampilkan kesan akan ruang. Lobby bangunan, bandara, atau ruang publik lainnya dapat memberikan ruang interior yang luas untuk sebuah foto arsitektur.

4. Gunakan “leading lines”

‘Leading lines’ adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu kuasai untuk menciptakan komposisi yang bagus dalam fotomu. Sebuah “garis penuntun’ secara sederhana adalah sebuah garis di dalam secene yang dapat menuntun pandangan orang dari suatu bagian ke bagian lain di dalam frame.

Architecture-iPhone-Photos-68

‘Leading lines’ sangatlah bagus untuk menciptakan kesan kedalaman dalam sebuah gambar, dan mereka menambah elemen kekuatan desain kepada fotomu.

Architecture-iPhone-Photos-56

Arsitektur adalah subjek sempurna untuk menemukan ‘leading lines’. Sebuah contoh klasik adalah dengan melihat ke atas dari sebuah facade bangunan, dimana barisan jendela berjejer menuju kejauhan. Garis yang dihasilkan mengajak pandangan mata menyusuri bagian bawah hingga ke puncak bangunan.

Di dalam bangunan, carilah koridor atau tangga yang menghasilkan perspektif luar biasa menggunakan garis. Garis dapat berupa garis lurus seperti koridor seperti contoh di atas, atau berupa kurva seperti tangga spiral di bawah.

Architecture-iPhone-Photos-16

‘Leading line’ juga dapat berupa benda seperti bayangan seperti yang ditampilkan di dalam contoh di bawah. Semua garis di dalam scene yang membawa matamu menjelajahi foto dapat digunakan sebagai ‘leading lines’ di dalam foto arsitekturmu.

Architecture-iPhone-Photos-36

 

 

5. Carilah simetris

Simetris membuat komposisi yang ‘engaging’ dalam photografi, dan arsitektur adalah salah satu tempat terbaik untuk menciptakan foto simetrikal.

Architecture-iPhone-Photos-64

Karena dengan caranya bangunan dan jembatan dibangun, mereka biasanya memiliki elemen simetrikal yang kuat. Sebagai contoh, bagian utama dari facade bangunan, lobby dari sebuah bangunan besar, atau koridor panjang dengan pilar-pilar atau pintu pada kedua sisi.

Architecture-iPhone-Photos-32

Untuk menggunakan simetri bangunan sebagai sebuah elemen komposisi yang kuat, pastikan kamu menempatkan garis dari simetri tersebut tepat di tengah.

Architecture-iPhone-Photos-35

Hal ini berarti berdiri di bagian tengah dari bangunan atau koridor dan menjaga fotomu sejajar. Untuk membantumu, nyalakan gridlines pada aplikasi kameramu (settings > Photos & Camera > Grid).

Architecture-iPhone-Photos-42

 

Bersambung ke Part II….

-RAA-

-inspired to inspiring

Source: http://iphonephotographyschool.com/architecture/

 

 

 

 

Add a comment

Skip to toolbar