iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News 9 Tricks For Dramatic iPhone Photos – Part I

9 Tricks For Dramatic iPhone Photos – Part I

Manusia, terutama orang Indonesia sangat menyukai drama. Pernyataan ini dibuktikan dengan sangat besarnya industri perfilman dunia, dan persinetronan dalam negeri. Melalui film atau televisi akan sangat mudah menyampaikan drama yang membangkitkan emosi mereka yang melihatnya, tetapi apakah hal yang sama dapat dilakukan melalui foto?

9 tips di bawah akan menjawab pertanyaan di atas. 9 tips yang akan membantumu membuat sebuah foto dramatis yang memiliki kekuatan emosi dan cerita hingga dapat menggerakkan sanubari mereka yang melihatnya.

1. Potretlah Scene yang Dramatis.

Jelas, tips pertama adalah potretlah sesuatu yang dramatis. Tapi apa sih arti sebenarnya? Dasarnya, segala sesuatu yang membangkitkan emosi yang kuat dari mereka yang melihatnya dan menyebabkan imajinasi bergerak.

Segala yang berbau misteri, menarik, menakutkan, atau tidak biasa akan menuntun mu dalam menciptakan mood dramatis dalam foto. Cobalah untuk menceritakan sebuah kisah menggunakan ketakutan mu.

Pikirkan tentang bagaimana menciptakan sebuah foto dramatis dengan cara yang sesederhana mungkin. Foto seorang anak berdiri sendiri di parkiran sangatlah sederhana, tapi juga sangat ‘powerful’.

Tujuan utama dari fotografi adalah untuk menyampaikan sebuah cerita, dan cerita yang dramatis akan lebih menarik. Foto dramatis menjadi bahan bakar dari imajinasi kita dan mengakibatkan kita untuk bereaksi dengan emosi yang kuat.

Cobalah untuk merekam sebuah scene yang membangkitkan rasa ingin tahu mereka yang melihatnya, membuat mereka bereaksi secara tertentu. Begitu mereka merasakan emosi seperti ketakutan, semangat, dll, mereka akan terhubung dengan fotomu.

Dan inilah hal paling utama yang kita semua tuju dengan fotografi yang kita lakukan – untuk menarik perhatian orang-orang, membuat mereka merasakan sesuatu, dan mengajak mereka untuk ingin tahu lebih banyak tentang cerita di balik sebuah gambar.

Menciptakan kesan misteri adalah salah satu cara paling mudah untuk menyampaikan drama dalam sebuah foto. Buatlah orang bertanya-tanya tentang apa yang terjadi di dalam foto.

Siapakah orang itu? Kenapa aku tidak bisa melihat wajahnya? Kenapa mereka di sana? Kenapa mereka sendiri? Apa yang akan mereka lakukan? Kenapa sangat gelap? Apa yang berada di balik kabut tebal itu? Apakah ada seseorang yang bersembunyi di balik rumah tua itu?

Banyak hal yang bisa menjadi sesuatu yang misterius atau dramatis – jalanan kosong, rumah tua terbengkalai, badai di langit, sebuah portrait dengan pose yang tidak biasa, atau hanya sekedar petunjuk bahwa sesuatu yang buruk atau menarik akan terjadi.

Sebuah subjek dan scene paling biasa sekalipun dapat diabadikan dengan cara yang dramatis bila kamu menggunakan sedikit imajinasi.

Sebagai contoh, jika subjek pada foto di atas hanya duduk di atas gulungan jerami maka hanya akan menjadi sebuah foto yang biasa. Tetapi dengan ia berpose secara tidak biasa, maka menciptakan sesuatu yang lebih dramatis dan memiliki mood yang misterius.

2. Gunakan Kegelapan dan Cahaya.

Kegelapan adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan kesan drama pada foto mobile mu. Kita menginginkan untuk dapat melihat sekeliling kita, tapi bila kamu membatasi cahaya kamu akan menciptakan bayangan gelap di dalam scene.

Bayangan menciptakan kesan misteri yang indah pada sebuah foto karena kita tidak dapat melihat apa yang tersembunyi di balik kegelapan. Hal ini akan membangkitkan sebuah emosi yang kuat karena kita cenderung untuk takut pada apa yang berada di balik bayangan.

Kegelapan mengeluarkan ‘inner fear’ kita, membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan ketakutan. Dalam hal ini, apa yang membuat sebuah foto bukanlah sesuatu yang tampak, tetapi yang tidak dapat terlihat.

Tetapi tentu saja kamu tidak bisa memotret kegelapan dengan begitu saja. Kamu juga harus menyertakan cahaya. Kontras antara cahaya dan bayanganlah yang membantu dalam menciptakan sebuah foto yang lebih dramatis.

Kontras adalah sesuatu yang dramatis baik secara visual maupun emosional. Kombinasi dari gelap dan terang menciptakan dampak visual yang kuat yang secara instan menarik perhatian kita. Cahaya juga membuat kegelapan menjadi lebih menonjol, menjadikan bayangan misterius terasa lebih tidak menyenangkan.

Pada cuaca cerah, carilah bayangan yang diciptakan oleh bangunan tinggi atau struktur lainnya. Kamu dapat menggunakan area gelap tersebut untuk menambahkan misteri ke dalam komposisi mu.

Pada malam hari atau keadaan ‘low light’, gunakanlah sumber cahaya buatan seperti lampu, obor, atau penerangan jalan untuk menciptakan area terang dan gelap. Pada foto di atas, lampu yang terang menciptakan kontras yang kuat ke dalam pintu yang gelap dan misterius.

Perlu diingat bahwa gelap dan terang tidaklah harus selalu diciptakan oleh cahaya – atau kekurangan cahaya. Sebagai contoh, kontras antara jalanan yang gelap dan marka jalan putih pada foto di atas menciptakan sebuah gambar yang sangat dramatis dengan dampak visual yang kuat.

3. Memotret Langit Dramatis.

Kalau kamu ingin memotret foto landscape yang lebih dramatis, kamu harus keluar dan meotret pada cuaca berawan – tepat di saat awan akan ‘terbuka’. Tidak ada yang menciptakan drama seperti awan gelap.

Meskipun memang tidak terlalu menggoda untuk keluar saat hari akan hujan, tetapi kondisi inilah yang akan menghasilkan foto yang luar biasa, bahkan pada landscape biasa seperti lapangan datar.

iPhone Photos Drama 66

Awan gelap berbicara langsung kepada syaraf dramatis kita. Memotret landscape yang sama dalam berbagai cuaca yang berbeda akan membangkitkan emosi yang berbeda pada mereka yang melihatnya.

iPhone Photos Drama 65

Sebuah ladang dengan langit biru cerah akan menciptakan perasaan damai dan tenang, tetapi ladang yang sama dengan awan badai di langit akan menciptakan gambar yang sama sekali berbeda.

iPhone Photos Drama 59

Awan gelap akan selalu dapat menambahkan rasa drama pada foto mu. Jika kamu merasa langit berawan mu tidak cukup dramatis, kamu dapat selalu membuatnya menjadi lebih gelap pada proses editing.

Processed with VSCOcam with p5 preset

Meskipun begitu, langit yang dramatis tidak harus selalu memiliki awan gelap di dalamnya. Pada hari yang cerah kamu dapat menciptakan ‘ray of light’ dramatis yang dapat menambahkan elemen menarik pada fotomu.

Processed with VSCOcam with se3 preset

Untuk menciptakan foto seperti ini, kamu harus memotret ke arah matahari, bereksperimen dengan berbagai sudut lensa hingga ‘ray of light’ muncul tepat di mana kamu menginginkkannya.

Memiliki objek seperti pohon tepat di depan matahari akan mencegah cahaya terang dalam menciptakan area ‘over expose’ yang luas pada langit.

Setiap kali kamu memotret landscape, kamu harus selalu waspada terhadap langit dan bagaimana ia akan mempengaruhi foto mu. Kalau kamu dapat memotret langit pada momen yang tepat, kamu dapat menciptakan foto yang luar biasa hanya dengan sedikit usaha. Biarkan alam melakukan pekerjaannya!

 

Bersambung ke Bagian II…

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Photo and Article Source: http://iphonephotographyschool.com/drama/

 

 

Add a comment

Skip to toolbar