iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News 9 Tricks For Dramatic iPhone Photos – Part II

9 Tricks For Dramatic iPhone Photos – Part II

Pada bagian pertama ( http://iphonesia.com/?p=8718 ) kita sudah mempelajari kenapa foto dramatis disukai orang, betapa pose unik dapat memberikan efek yang dramatis, dan kenapa cuaca mendung adalah waktu yang tepat untuk memotret sesuatu yang dramatis.

Pada bagian kedua ini, kita akan mempelajari tentang beberapa trick lain untuk menambah efek dramatis pada foto mu seperti pergerakan, skala, dan kabut!

Are you ready?! Here We Go!

4. Memotret Gerakan

Salah satu cara terbaik dalam menciptakan foto yang lebih dramatis dan menghanyutkan adalah dengan memotret gerakan. Menyampaikan kesan akan sebuah gerakan akan menciptakan gambar yang lebih dinamis, dan gambar seperti ini akan lebih menarik dibanding scene yang statis.

iPhone Photos People In Landscapes 11

Baik saat kamu memotret landscape atau street photography, gerakan akan memberi tahumu bahwa sesuatu sedang terjadi. Hal ini akan menarik perhatian orang secara langsung dan menciptakan koneksi dengan sang subjek.

Processed with VSCOcam with b2 preset

Merekam orang yang sedang menyebrangi jalan akan membuatmu berpikir tentang siapa dia dan kemana dia menuju.

Processed with VSCOcam with m5 preset

Semakin cepat sebuah gerakan, semakin besar potensi drama yang bisa diciptakan. Oleh karena itu memotret orang yang sedang berlari akan menambah lebih banyak efek drama ke dalam fotomu. Orang yang melihat fotomu akan bertanya-tanya kenapa ia lari, lari dari apa, atau kemana ia berlari.

Jadi sebenarnya bukanlah pergerakan itu sendiri yang menciptakan drama – tapi pemikiran dan pertanyaan yang muncul dalam benak orang-orang lah yang membuat sebuah foto menjadi dramatis.

Processed with VSCOcam with g2 preset

Saat memotret subjek yang bergerak, gunakanlah fitur burst pada aplikasi kamera untuk menangkap serangkain foto, lalu pilihlah gambar terbaik dari urutan tersebut.

Untuk mengaktifkan burst mode, cukup dengan menekan tombol shutter dan menahannya. Camera akan terus mengambil gambar hingga kamu melepas shutter tersebut.

5. Mempertegas Skala.

Teknik lain yang sangat efektif dalam menambahkan efek drama pada foto mu adalah dengan mempertegas skala. Menyampaikan tentang seberapa besar atau kecil sebuah subjek dapat menciptakan dampak yang luar biasa.

Processed with VSCOcam with n1 preset

Untuk secara akurat menampilkan ukuran dari sebuah subjek di dalam foto, kamu harus memasukkan objek lain yang dikenal secara ukuran (seperti manusia, mobil, kursi, dll) sehingga orang yang melihatnya memiliki sesuatu untuk membandingkan.

Processed with VSCOcam with a6 preset

Saat memotret pepohonan besar, masukkanlah seseorang di dalam foto untuk memberikan titik referensi. Kamu tahu seberapa besar ukuran manusia, jadi dengan mereka berdiri di samping pepohonan akan memberimu rasa yang lebih baik tentang seberapa besar pohon tersebut sebenarnya.

Processed with VSCOcam with e5 preset

Menonjolkan ukuran yang besar dari pepohonan dengan memasukkan seorang anak kecil di dalam foto menciptakan kesan drama. Memotret dari low angle akan lebih memberi tekanan kepada ukuran mereka, memperlihatkan bagaimana pepohonan tersebut menjulang di depan sang subjek.

Processed with VSCOcam with a1 preset

Cara lain  untuk menciptakan kesan skala yang dramatis adalah dengan memasukkan ruang negatif (kosong) yang luas di sekitar subjekmu. Memotret orang dari kejauhan, dikelilingi oleh landscape dan langit yang luas adalah cara yang sangat baik untuk menekankan tentang betapa kecilnya sang subjek dibandingkan dengan alam sekitarnya.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Jika kamu ingin lebih kreatif, cobalah untuk bermain-main dengan skala dengan memiliki satu subjek di kejauhan dan satu lagi dekat dengan kamera. Subjek yang dekat dengan kamera akan tampak lebih besar dibandingkan dengan subjek di kejauhan, meski pada kenyataannya tidaklah seperti itu.

6. Memotret Dalam Kabut.

Kabut tebal sangatlah baik untuk menambahkan kesan drama pada foto mu. Ia akan menciptakan suasana yang seram, dan jika kamu memotretnya pada waktu dan lokasi yang tepat kamu dapat menciptakan gambar yang sangat meresahkan dan ‘spooky’!!

Processed with VSCOcam with m6 preset

Kabut mengaburkan subjek di kejauhan, yang menciptakan kesan misteri dan intrik di dalam foto mu. Orang yang melihatnya harus membayangkan apa yang sebenarnya ada di balik sang kabut.

Processed with VSCOcam with a5 preset

Karena subjek-subjek menjadi semakin samar menuju kejauhan, kabut sangatlah cocok untuk menciptakan kesan kedalaman di dalam fotomu. Untuk efek yang paling dramatis, gunakan sebuah subjek yang kuat sebagai foreground, seperti pohon atau manusia.

Processed with VSCOcam with hb1 preset

Sebuah teknik yang sangat ‘powerful’ saat memotret di dalam kabut adalah menggunakan ‘leading lines’ seperti jalan, yang akan menuntun pandanganmu dari foreground menuju kabut.

Processed with VSCOcam with a3 preset

Mata orang yang melihatnya mau tidak mau akan mengikuti garis menuju ke dalam kabut, membantu dalam meningkatkan kesan akan misteri karena mereka akan berpikir tentang apa yang berada di balik sana.

Processed with VSCOcam with se3 preset

Semakin menarik bukan bahasan tentang foto dramatis ini? Pada bagian ketiga nanti kita akan membahas beberapa trick lainnya seperti “menghilangkan bagian dari subjek”. Penasaran?

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and photo source: http://iphonephotographyschool.com/drama/

 

Add a comment

Skip to toolbar