iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News 9 Tricks For Dramatic iPhone Photos – Part III

9 Tricks For Dramatic iPhone Photos – Part III

Sejauh ini sudah 6 trick membuat foto mobile dramatis yang telah kita bahas yaitu pemilihan scene, bermain gelap terang, penggunaan langit (bagian pertama), memotret gerakan, mempertegas skala, dan bersenang-senang dengan kabut (bagian kedua). Di bagian terakhir ini kita akan membahas mengenai 3 trick terakhir untuk membuat foto mobile phone mu menjadi lebih dramatis dan menarik perhatian orang.

7. Ciptakan Siluet.

Menciptakan siluet adalah salah satu cara termudah, dan paling efektif dalam menambahkan drama pada hasil fotomu. Siluet adalah saat dimana sebuah subjek tampak sebagai bentuk gelap berhadapan dengan background yang terang.

iPhone Photos Drama 49

Siluet memiliki kekuatan visual yang extreme. Mereka menciptakan titik fokus yang kuat dan meraih perhatian orang secara instan. Karena tidak ada detail yang terlihat pada subjek, maka hal ini akan membuat orang bertanya-tanya tentang apa atau siapa yang mereka lihat.

iPhone Photos Drama 9

Foto siluet cenderung menahan pandangan orang saat mereka berpikir tentang subjek gelap nan misterius. Secara natural hal ini akan menciptakan impresi yang lebih lama terhadap sebuah gambar.

iPhone Photos Drama 42

Untuk menciptakan foto siluet, tempatkan subjek mu di depan sumber cahaya yang terang seperti langit, matahari, atau jendela bila pemotretan dilakukan di dalam ruangan.

Lalu tap layar untuk memfokuskan foto pada subjek. Lalu ‘swipe’ ke arah bawah pada layar untuk mengurangi exposure, membuat subjek tampak sebagai siluet yang gelap di depan background yang terang.

 

Processed with VSCOcam with e2 preset

Menggunakan langit dramatis sebagai latar belakang akan menambah ekstra kesan drama pada foto mu. Sunset atau langit menjelang hujan adalah pilihan yang tepat.

Memotret dari low angle akan membantumu dalam mendapatkan lebih banyak langit di belakang subjek mu, memastikan bahwa siluetnya tampak menonojol di hadapan latar belakang yang terang.

8. Menyembunyikan Wajah

Jika kamu memotret portrait dari orang, kenapa tidak melakukan sesuatu yang berbeda? Daripada memotret wajah subjekmu secara langsung dan melihat ke arah kamera, kamu dapat menciptakan hasil yang lebih dramatis dengan menambahkan sedikit misteri.

Processed with VSCOcam with e6 preset

Salah satu cara untuk melakukannya adalah memastikan bahwa orang tidak dapat melihat wajah dari sang subjek. Memotret subjek mu dari arah belakang adalah salah satu cara mudah untuk mencapai hal tersebut.

Processed with VSCOcam with f2 preset

Cukup carilah sebuah backdrop yang menarik lalu mintalah subjek mu untuk tidak menghadap kamera saat kamu memotret. Jika mereka menggunakan jaket dengan hood besar, gunakan hood tersebut untuk menutupi wajah.

Processed with VSCOcam with f2 preset

Karena jenis portrait ini tidaklah normal, hal ini dapat menyebabkan orang yang melihatnya tidak nyaman. Hal ini akan membuat mereka bertanya-tanya tentang siapakah orang tersebut, dan kenapa mereka tidak mau wajah mereka terlihat.

Processed with VSCOcam with e5 preset

Jika kamu bisa mendapatkan titik yang tinggi, kamu dapat memotret subjek dari atas sehingga yang kamu lihat adalah bagian atas dari kepala mereka. Hal ini menampilkan subjek mu dari perspektif yang tidak biasa dari yang biasanya kamu lihat.

Processed with VSCOcam with p5 preset

Teknik lainnya adalah dengan menambahkan bayangan pada wajah dari sang subjek sehingga hanya sedikit atau tidak ada sama sekali detail yang tampak. Hal ini akan mudah tercapai jika mereka menggunakan topi atau hood yang besar.

Processed with VSCOcam with p5 preset

Alternatif lainnya, kamu dapat meminta mereka untuk menyembunyikan sebagian dari wajah mereka menggunakan tangan, scarf, dedaunan, atau prop lainnya.

9. Keluarkan Bagian Subjek dari Frame.

Trick sederhana lainnya untuk menciptakan foto dramatis dan misterius adalah dengan hanya memasukkan sebagian dari subjek mu ke dalam foto.

Processed with VSCOcam with e7 preset

Cukup temukan backdrop yang menarik dan putuskan bagian mana dari subjek yang ingin kamu masukkan ke dalam frame. Kamu dapat memotret segala macam, selama kamu tidak mengungkapkan keseluruhan gambar.

Processed with VSCOcam with p5 preset

Sebagai contoh kamu bisa menampilkan sebagian kecil dari tubuh manusia di dalam frame seperti lengan, tangan, kaki, dll

Processed with VSCOcam with e6 preset

‘Mengeluarkan’ bagian dari subjek akan lebih membuat orang tertarik melihatnya. Mereka akan mulai berimajinasi tentang apa yang tidak bisa mereka lihat, membangun cerita mereka sendiri ke dalam foto.

Processed with VSCOcam with a4 preset

Teknik ini juga dapat berguna saat kamu tidak memiliki orang lain untuk dipotret, kamu dapat menggunakan dirimu sendiri sebagai subjek seperti pada contoh foto di atas.

Processed with VSCOcam with c2 preset

Teknik sederhana lainnya adalah dengan menempatkan tanganmu di depan dirimu sehingga ia menjadi subjek di dalam fotomu. Pastikan kamu memiliki latar belakang yang menarik dan foto mu menceritakan sebuah kisah.

Kesimpulan.

Kami harapkan tips-tips ini dapat menginspirasimu untuk memulai menciptakan foto yang dramatis menggunakan mobile phone mu. Meskipun pada awalnya tampak ‘menakutkan’, tetapi sebetulnya hanya membutuhkan sedikit elemen untuk menciptakan drama dan misteri di dalam foto-foto mu.

Processed with VSCOcam with m5 preset

Setiap kali kamu memotret, pikirkam tentang subjek seperti apa yang dapat dijadikan gambar dramatis. Ingat, fotoyang dramatis melibatkan penciptaan kisah yang menarik, jadi cobalah untuk menambahkan sedikit misteri pada foto mu.

Processed with VSCOcam with a6 preset

Dengan menggunakan cahaya, cuaca, gerakan, skala, dan komposisi kamu dapat menciptakan mood dramatis hanya dengan menggunakan subjek paling biasa di lokasi yang paling umum. Hanya membutuhkan sedikit visi, imajinasi, dan eksperimen!

Selamat mencoba!

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and Photos Source: http://iphonephotographyschool.com/drama/

Add a comment

Skip to toolbar