iPhonesia - Mobile Photography Community

Home General Adobe Lightroom Rilis Versi Mobile

Adobe Lightroom Rilis Versi Mobile

Mana suaranya yang suka ngutak – ngatik Lightroom di PC atau desktop? Nah, saat ini sudah ada versi mobilenya lho teman-teman. Adobe Lightroom versi mobile ini dapat kita gunakan diberbagai device seperti iPad, iPhone, ataupun Android phone.


Untuk platform iOS khususnya iPad, Adobe Lightroom lebih dulu diluncurkan yaitu pada bulan April tahun 2014 yang kemudian menyusul untuk iPhone dan iPod Touch. Sementara itu untuk operating system Android, aplikasi editing Lightroom  baru diluncurkan pada Januari tahun 2015 ini.

Tampilan Adobe Lightroom pada PC, Tablet, dan Smartphone Via DPReview

Tampilan Adobe Lightroom pada PC, Tablet, dan Smartphone Via DPReview

Penggunaan Adobe Lightroom ini hampir serupa dengan versi yang biasa digunakan di desktop atau PC. Dengan Adobe Lightroom versi mobile ini, kita dapat mengedit foto dan mengorganisirnya. Selain itu, versi mobile dari Lightroom ini juga bisa berbagi foto yang sudah diedit dari mobile device dan mensinkronisasikan hasilnya dengan aplikasi Lightroom yang ada di desktop dan PC secara otomatis dengan syarat versi Lightroom 5.4 (atau lebih tinggi). Pensinkronisasiannya pun mudah yaitu melalui layanan awan Adobe’s Creative Cloud.

 

Ilustrasi Sinkronisasi Ponsel dan Desktop Via Google Play

Ilustrasi Sinkronisasi Ponsel dan Desktop Via Google Play

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Lightroom versi mobile di kedua platform ini yaitu dapat mensinkronisasikan metadata dan segala koleksi perubahan ke dalam katalog Lightroom di desktop dan PC. Jika kita menyimpan gambar pada galeri smartphone kita, Lightroom mobile dapat mengimpornya secara otomatis dan mensinkronisasikannya langsung ke Lightroom catalog pada desktop kita. Semuanya dapat dilakukan asalkan kita log in dengan akun Creative Cloud yang sama. Tidak hanya itu saja, kita pun dapat mengedit foto menggunakan Lightroom tools and presets yang dikenal dari aplikasi di desktop, termasuk menggunakan Smart Previews.


Fitur editing foto saat ini masih dibatasi yaitu hanya sebatas Basic Panel dan alat cropping. Berdasarkan info yang kami dapatkan dari Tempo Tekno, belum ada keterangan kapan batas waktu untuk akses penggunaan tools fotografi seperti pengaturan warna, suhu, kontras, ekposur, dan highlight diaktifkan, meskipun tools tersebut sudah tersedia di dalam aplikasi ini terutama OS Android.

Tampilan Tools and Presets pada Lightroom mobile Via DPReview

Tampilan Tools and Presets pada Lightroom mobile Via DPReview

Untuk dapat menggunakan aplikasi keluaran Adobe ini di mobile device, setidaknya para pengguna harus memenuhi standar spesifikasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan pembuat berbagai macam software design ini. Agar aplikasi ini dapat berjalan pada platform iOS, pengguna harus memiliki OS minimal iOS 7 atau di atasnya. Untuk device iPhone, Adobe Lightroom dapat bekerja di iPhone 4S ke atas. Sementara untuk device iPad, Adobe Lightroom bisa digunakan di iPad 2 ke atas. Kemudian untuk pengguna iPod, saat ini hanya bisa digunakan pada iPod Touch 5th Generation.

 

Bagi pengguna Android, Adobe Lightroom dapat berfungsi di Android versi 4.1.x ke atas dengan minimal kapasitas RAM yang digunakan pada smartphone ini adalah 1 GB dengan prosesor yaitu  Quad Core CPU with 1.7 GHZ ARMv7 architecture. Selain itu media penyimpan internal sebesar 8 GB. Untuk saat ini Adobe Lightroom for Android belum tersedia versi tabletnya.

 

Lightroom Trial Via Google Play

Lightroom Trial Via Google Play

Masuknya Lightroom ke dalam mobile device ber-operating system iOS dan Android menambah kemudahan bagi para pemakaianya. Kalo selama ini kerja dengan menggunakan PC dan desktop, saat ini meskipun terbatas, setidaknya sudah lebih mudah mengedit foto hanya dengan usapan jari saja. Inget ya, usapan jari bukan usapan lembut pada rambut di kepalanya.

JFS

 

Sumber:

http://connect.dpreview.com/post/2741779740/adobe-releases-lightroom-mobile-for-android

http://blogs.adobe.com/lightroomjournal/2015/01/lightroom-mobile-for-android-phones.html

http://www.tempo.co/read/news/2015/01/15/072635128/Adobe-Lightroom-Mobile-Hadir-di-Android

 

Sumber Foto:

http://connect.dpreview.com/post/2741779740/adobe-releases-lightroom-mobile-for-android

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.adobe.lrmobile

 

 

Add a comment

Skip to toolbar