iPhonesia - Mobile Photography Community

Home General Dual Lens Pada Camera Smartphone Untuk Peningkatan Kualitas Foto

Dual Lens Pada Camera Smartphone Untuk Peningkatan Kualitas Foto

Gimana rasanya kalo ada objek dengan momen yang bagus tapi lokasinya ga deket sama kita? Geregetan bukan? Untungnya sebagian besar smartphone masa kini sudah dilengkapi dengan fitur zoom.

 

Memotret pake smartphone memang banyak keterbatasannya, salah satunya yaitu penggunaan fungsi zoom. Hampir pada setiap kamera di mobile phone menggunakan zoom digital di dalamnya sehingga foto yang dihasilkan menggunakan fungsi ini bakal turun resolusinya.

 

Contohnya menurut Kompas Tekno yaitu pada kamera handphone Lumia 1020. Handphone yang memiliki Kamera dengan resolusi 41 megapiksel ini juga punya kemampuan zoom hingga 3 kali. Meskipun punya resolusi kamera 41 megapiksel, gambar yang dihasilkan kalo udah ngelewatin zoom 3 kali itu bakal menjadi cuma 5 megapiksel.

 

Emang sih ga begitu masalah bagi sebagian orang toh masih keliatan gede kan 5 megapiksel. Tapi coba kita bayangin, gimana orang yang cuma punya handphone dengan resolusi kamera 5 megapiksel? Fotonya bakal cuma jadi 900 kilopiksel kali ya? Ya keleeuuss, skip lah. Ya intinya kalo menggunakan fungsi digital zoom akan menurun kualitas fotonya. Udah gitu aja titik.

Berangkat dari problem tersebut, ada satu perusahaan nih yang berniat membuat inovasi dengan memasukkan dua lensa sekaligus ke dalam perangkat kamera pada smartphone nantinya. Perusahaan yang memiliki nama Corephotonics ini memaparkan inovasinya tersebut pada ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol sekitar bulan Februari 2014 lalu.

Dalam penjelasannya mengenai teknologi dual lens yang masih dalam bentuk modul ini, Corephotonics mengatakan kalo nantinya akan ada dua lensa fix yang ditanam dalam satu kamera smartphone. Lensa – lensa yang mau dimasukkin rencananya adalah lensa wide angle dan lensa tele. Lensa wide angle bisa digunakan saat kita mau mengcapture cakupan yang luas seperti memotret pemandangan. Sementara itu, lensa tele digunakan untuk memotret objek yang jauh seperti objek foto gebetan yang ada jauh disana buat bahan mengkhayal.

Ah becanda aja, udah serius – serius juga bacanya. Oke lanjut :D. Oiya sampe lupa, infonya nih lensa tele ini memiliki panjang focal (focal length) 3 kali lebih panjang dari lensa wide angle. Meskipun memiliki kemampuan ganda, kedua lensa ini ga bisa dipake secara bersamaan.

Modul kamera dual lens Via Engadget

Modul kamera dual lens Via Engadget

Kelebihan yang ditawarkan dari perusahaan ini ternyata bukan hanya itu lho. Kemampuan memotret objek pada keadaan cahaya yang rendah atau biasa disebut low light juga bisa kita temukan nantinya pada smartphone yang mengusung teknologi ini. Kemampuan memotret pada kondisi low light ini bisa terjadi karena kamera dilengkapi dengan dua sensor sehingga gambar yang ditangkap dianalisis dengan dua sensor tersebut untuk kemudian dikenalin dan dikurangin noisenya.

 

Saat ini, Corephotonics masih menawarkan produk – produknya ke beberapa pabrikan smartphone dan belum tahu apakah sudah ada pabrikan yang mau mengusungnya. Ada gosip katanya smartphone HTC One 2 dari pabrikan HTC udah pake teknologi ini tapi Corephotonics membantahnya. Ada juga rumor dari blogger Apple, John Gruber yang dilansir dari Daily Mail oleh VIVAnews mengatakan bahwa teknologi dual lens ini akan disematkan pada iPhone 7. Namun tidak dikabarkan perusahaan apa yang akan memasok teknologi dual lens tersebut pada pabrikan yang dibangun oleh mendiang Steve Jobs ini.

 

Corephotonics Via Engadget

Corephotonics Via Engadget

Nah, kalo beneran udah keluar nih kamera smartphone dengan teknologi dual lens bisa dipake untuk motret aksi panggung idola kita deh seperti motret di event DWP (Dangdut Wuenak Pol) tanpa harus takut resolusi foto turun akibat zooming dan tak khawatir dengan noise foto akibat kondisi low light. Ya semoga aja terealisasi deh ya.

 

 

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2014/03/02/1226318/kamera.dua.lensa.tingkatkan.mutu.fotografi.mobile

https://id.berita.yahoo.com/iphone-7-akan-dilengkapi-kamera-092017076.html

 

photo source:

http://www.engadget.com/gallery/corephotonics-dual-lens-camera-system/

 

 

JFS

Add a comment

Skip to toolbar