iPhonesia - Mobile Photography Community

Home General Foldio, Si Studio Berjalan Bagi Penggemar Foto Produk Dengan Smartphone

Foldio, Si Studio Berjalan Bagi Penggemar Foto Produk Dengan Smartphone

Pernah ngeliat foto produk di situs – situs penjualan online terkemuka ga seperti eBay, Amazon, Lazada, dll? Bagus – bagus ya mulai dari pencahayaannya sampai soul yang ditimbulkan dari produk – produk tersebut. Duh sampe ngiler mo beli ngeliatnya. Eh, sori salah fokus πŸ˜€ Keep on the path.


Oke lanjut. Untuk mendapatkan foto – foto produk yang bagus, biasanya kita menggunakan jasa fotografer professional dan dengan alat – alat yang professional pula. Dalam pemotretan foto produk, biasanya ribet karena banyak hal yang terlibat di dalamnya mulai dari lampu studio, kamera professional sampe kru pemotretan.

Penampakan Foldio Via Photomobs

Penampakan Foldio Via Photomobs

Mulai saat ini, tanpa harus menggunakan alat – alat tersebut, para pengguna smartphone pun bisa menghasilkan foto layaknya foto hasil settingan professional. Ya, alat ini dinamakan Foldio oleh tim pengembangnya Orange-Monkie. Mereka mengatakan kalo produk ini katanya yang pertama di dunia. Foldio itu sendiri merupakan singkatan dari Foldable Studio atau studio yang dapat dilipat – lipat. Karena bentuknya yang dapat dilipat, Foldio dapat dibawa kemana saja tanpa harus merasakan keribetan.

Β 

Pemasangan studio portable ini pun sangat cepat. Pada Foldio dilengkapi dengan magnet – magnet yang berfungsi untuk menghubungkan semua sisinya. Dengan adanya magnet ini, para pengguna akan mudah membangun studio dalam hitungan detik. Hanya dalam waktu yang singkat tersebut, studio yang udah kita setting tadi dapat langsung digunakan untuk memotret produk.

Β 

Dengan bantuan lampu strip LED yang tertanam di dalamnya, produk yang kita foto pake Foldio akan menyerupai produk yang difoto dengan perlengapan professional lho. Dari info yang kami dapat lewat Photomobs, selain pencahayaan dengan continuous light menggunakan lampu strip LED tadi, produk ini juga dibekali dengan beberapa pilihan warana strobe yang bisa disesuaikan oleh sang pengambil foto alias tukang foto alias fotografer.

Beuh jadi pengen punya biar bisa motret produk terus jualan online deh. Boleh sist, diorder sist jam-nya, diorder gan mobil-nya. Eits, ntar dulu. Ternyata ga semua produk bisa difoto pake Foldio nih. Ukuran studio berjalan ini pada waktu pertama kali keluar adalah 26 x 26 x 26 cm loh dan yang akan keluar, menurut info dari The Phoblographer yaitu Foldio 2 sekitar 38,1 x 38,1 x 38,1 cm. Untuk Foldio 2 ini masih dalam tahap pengembangan dan dimasukkan ke dalam kickstarter.com lagi oleh pembuatnya agar dapat support dana agar bisa diproduksi massal.

Β 

Nah, udah pahamkan kenapa ga semua produk bisa difoto dengan Foldio? Ya iyalah masa mobil yang ukurannya kurang lebih 4 meter mo difoto di studio yang ukurannya 26 cm. Kecuali motret mobil – mobilan yang ukurannya ga lebih dari 26 cm, pasti bisa :D.

Ukuran Foldio 1 Via Photomobs

Ukuran Foldio 1 Via Photomobs

Berbahan dasar plastik dan kertas yang tahan air, studio lipat ini memungkinkan untuk dibersihkan menggunakan air. Selain itu, untuk suplay tenaga agar lampu strip LED-nya bisa nyala digunakanlah batere yang kotak itu lho, lengkapnya yah batere dengan spesifikasi 9V/FC-1/6F22. Pada spesifikasi lampu, Foldio memasukkan lampu High brightness LED strip Β dengan tipe Daylight 5700 K berwarna putih.

Suplay daya pada lampu di Foldio Via Photomobs

Suplay daya pada lampu di Foldio Via Photomobs

Meski diperuntukan bagi para pengguna kamera smartphone, tidak menutup kemungkinan kalo pemakai Foldio ini juga para pengguna kamera professional. Untuk pengguna smartphone, Foldio cocok digunakan pada perangkat iPhone dari tipe 3GS sampai yang terbaru, iPad, iPod 4 – 5, dan Android phones, serta smartphone lain yang memiliki kamera.

Penggunaan Foldio 2 dengan kamera DSLR Via The Phoblographer

Penggunaan Foldio 2 dengan kamera DSLR Via The Phoblographer

Buat para pebisnis online atau fotografer produk bisa dicoba nih alat ini. Kalo mau beli, kata Photomobs sih harganya Rp. 675.000,- ga tau deh toko sebelah berapa :D. Buat yang mau beli tapi masih ragu, bisa liat video Foldio 2 disini https://www.youtube.com/embed/YwkWJ38sDZ8. Selamat mencoba ya bagi yang mau beli.

Β 

JFS

Β 

Sumber:

http://www.photomobs.com/products/foldio-studio-lipat-untuk-smartphone#tab2

http://inet.detik.com/read/2013/12/06/181007/2434893/1277/foldio-light-box-ringkas-untuk-pengguna-smartphone

http://www.thephoblographer.com/2014/12/08/foldio2-bigger-smarter-pop-photo-studio/#.VJiuqJ27Bp

Β 

Sumber Foto:

http://www.photomobs.com/products/foldio-studio-lipat-untuk-smartphone#tab2

http://www.thephoblographer.com/2014/12/08/foldio2-bigger-smarter-pop-photo-studio/#.VJiuqJ27Bp

Add a comment

Skip to toolbar