iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Featured iPhoneographers IGers Story: @Ponypork

IGers Story: @Ponypork

Screen Shot 2015-11-26 at 9.56.10 AM

Hello, mulai hari ini iPhonesia Article secara berkala akan mengangkat topic tentang “Mengenal IG-ers Indonesia” yang akan membahas tentang apa dan siapa dibalik akun-akun Instagramers Indonesia yang karya-karyanya menarik dan menginspirasi.

Untuk edisi pertama ini pilihan kami jatuh kepada @ponypork ,seorang pemuda pekerja creative (no wonder) yang (ternyata) baru berumur 22 tahun ini telah menghasilkan karya-karya yang sangat unik dan orisinil. Saking uniknya mungkin banyak dari kalian yang akan dapat mengenali karya-karyanya tanpa perlu diberi tahu siapakah sang penciptanya.

11266582_1443251942667423_413377566_n

Jika kamu melihat sebuah karya dengan berbagai subjek yang teratur sedemikian rupa, dengan komposisi yang menarik, diambil dengan angle bird’s eye view, memiliki cerita yang kuat, dan terdapat 2 lengan bertattoo – Tattoo di tangan kiri adalah tattoo mentawai yang merupakan salah satu tattoo tertua didunia, tattoo ini memiliki arti power yang digambarkan seperti pohon sagu. Tattoo di tangan kanan merupakan kostumisasi terhadap alphabet Viking yang menceritakan kebaikan dan kejahatan – bisa hampir dipastikan bahwa karya tersebut adalah milik @ponypork yang dengan alasan yang terlalu rumit untuk dijelaskan memilih Saturnus, Jepang, dan Karet sebagai 3 hal utama di dunia ini yang menarik baginya (kalau kamu penasaran dengan alasannya tanya aja langsung sama orangnya ya).

11326741_857612177609750_779484042_n

Saat ditanya tentang siapa yang menjadi inspirasi dalam menghasilkan karya-karyanya, ia menjawab bahwa ia mencari inspirasi di mana-mana. Apa pun bisa menjadi sumber inspirasi bila dilihat dari sudut pandang yang tepat. Selain itu ia selalu mencari sesuatu yang mengejutkan dan aneh, dan semua orang yang melakukan sesuatu hal dengan konsisten adalah sumber inspirasi terbesarnya. Ia juga menyadari bahwa konsistensi dalam sebuah hal adalah sesuatu yang paling sulit untuk dilakukan karena terlalu banyaknya distraksi dari segala hal.

Screen Shot 2015-11-26 at 10.05.49 AM

Kita dapat melihat bahwa jawaban tersebut bukanlah sebuah jawaban diplomatis belaka, karena kita dapat saksikan bersama bahwa karya-karyanya bisa dibilang ‘aneh’, mengejutkan, dan konsisten. Jawaban yang benar-benar sesuai dengan kenyataan yang ada.

10895421_703919956394626_1721570109_n

Lalu apa sih sebenarnya yang ia ingin sampaikan dari karya-karyanya (yang dipotret oleh dirinya sendiri) tersebut? Kenapa sih mesti selalu ada tangan di dalam setiap karyanya? Apa cuma buat pamer tattoo? Tentu tidak secetek itu, dalam setiap karyanya @ponypork ingin menyampaikan pesan tentang “proses”, bahwa segala hal yang kita lakukan pasti melalui sebuah proses kreatif dibalik karya/pekerjaan yang dihasilkan dan tidak ada cara yang instan di dunia ini.

12071102_1011240802249727_1102252989_n

Dalem juga ya ternyata pesan yang ingin @ponypork sampaikan. Tentu tidak mudah untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat menyampaikan pesan sedalam itu dengan baik. Nah dalam hal ini ia biasanya memulai dengan memikirkan ide, sebelum mengambil foto ia sudah membayangkan bagaimana bentuk hasil foto yang akan ia buat (istilah kerennya ‘begin with the end in mind’). Sehingga gambaran hasil akhir fotonya akan sangat membantu dalam membuat sebuah karya. Walau terkadang sebuah ide sulit untuk direalisasikan karena satu hal yaitu props yang susah di cari atau harganya terlalu mahal, yang penting ide sudah muncul, toh realisasi bisa dilakukan kapan saja.

Sebagai penutup edisi kali ini, tentu saja kurang rasanya jika kita tidak memilih karya terbaik dari tokoh kita kali ini, dan karena @ponypork memiliki begitu banyak karya-karya yang bagus hingga membuat penulis kesulitan untuk memilih satu yang terbaik maka penulis memutuskan untuk bertanya kepadanya, manakah karya yang paling ia sukai? @ponypork pun memilih ini:

Processed with VSCOcam with a8 preset

Processed with VSCOcam with a8 preset

Saat ditanya kenapa ia memilih foto ini? Ia menjawab “Karena saya harus mengumpulkan sekian banyak hasil foto rontgen dari banyak orang-orang yang berbeda-beda dan lumayan memakan waktu yang lama untuk mengumpulkannya. Dan beberapa foto rontgen tersebut orangnya sudah meninggal”.

Sebuah jawaban yang @ponypork banget – tentang proses, konsisten, mengejutkan, dan “dalem”.

Sungguh membanggakan Indonesia memiliki seorang ‘seniman’ yang memiliki karya yang unik, konsisten dalam berkarya, dan memiliki pesan mendalam dalam setiap karyanya. Keep up the good work @ponypork !!

-RAA-

-inspired to inspiring-

Photos Courtesy of @Ponypork

 

 

 

 

Add a comment

Skip to toolbar