iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News Memotret Konser Menggunakan Mobile Camera Part II

Memotret Konser Menggunakan Mobile Camera Part II

Pada artikel sebelumnya sudah 5 tips dibeberkan mengenai memotret konser menggunakan mobile camera, sekarang kita pelajari 6 tips lainnya yang bakal bikin foto konser kamu semakin ciamik.

6. Memotret Reaksi Penonton

Alasan utama orang-orang memotret sebuah konser adalah untuk memiliki kenang-kenangan akan malam tersebut. Tetapi meski dengan alasan ini janganlah hanya berkonsentrasi untuk mengambil gambar dari band yang bermain.

Salah satu bagian terbesar dari suksesnya sebuah live show adalah reaksi dan partisipasi dari penonto, oleh karena itu cobalah untuk mengabadikan ‘excitement’ dari penonton di dalam fotomu.

iPhone Music Concert Photography 5

Potretlah penonton saat mereka berdansa atau bertepuk tangan. Cobalah untuk mendapatkan atmosfir dan emosi di sekelilingmu. Tempat terbaik untuk mendapatkan jepreta seperti di atas adalah ddengan mendelat ke arah panggung dimana penonton paling ‘hidup’ berada.

Karena penonton akan selalu bergerak, kemungkinan kamu akan memiliki beberapa ‘motion blur’ di dalam foto mu, tetapi hal ini sebenarnya akan menambahan sesuatu, yaitu perasaan yang lebih dinamis.

Jangan lupa untuk menggunakan burst mode untuk mendapatkan jepretan yang sempurna.

7. Gunakan Tambahan Lensa Wide

Banyak festival musik dan konser yang menggunakan venue unik yang memberi nilai tambah bagi mood dan atmosfir secara keseluruhan. Bila kamu dapat merekam baik lingkungan sekitar beserta panggung dan penonton maka hasil jepretanmu akan tampak lebih menarik.

iPhone Music Concert Photography 13

Dengan menggunakan tambahan lensa wide, seperti olloclip Wide Angle Lens atau Inmacus Wide Lens, berarti kamu dapat memasukan lebih banyak dari keadaan sekeliling ke dalam frame.

Foto di bawah ini diambil pada sebuah festival bernama Castlepalooza. Festival tersebut mengambil tempat di sebuah ‘castle’ dengan salah satu panggungnya berada di area halaman.

iPhone Music Concert Photography 8

Untuk dapat memotret keunikan dari lokasi konser dengan memasukkan bagian dari benteng dan disertai dengan matahari tenggelam di dalam frame, kamu hanya bisa melakukannya jika menggunakan lensa wide.

8. Rubahlah Fotomu Menjadi Hitam Putih. 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kebanyakan live show memiliki kombinasi warna cahaya lampu di dalamnya. Lampu-lampu tersebut akan menyediakan banyak kesempatan untuk mendapatkan foto yang bagus sekaligus menyediakan pencahayaan yang cukup dalam situasi ‘low light’.

Sayangnya, salah satu kelemahan dari menggunakan lighting beraneka warna ini adalah menyebabkan kamu mendapatkan sebuah foto dengan warna yang bertabrakan dan tone kulit yang tidak realistis.

iPhone Music Concert Photography 14

Jalan terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghilangkan warna dengan merubahnya menjadi sebuah gambar hitam putih. Hal ini dapat dilakukan menggunakan berbagai aplikasi editing seperti Snapseed, VSCO Cam, dan Filterstorm Neue.

Apapun aplikasi yang kamu gunakan, perlu diingat bahwa umumnya foto hitam putih akan tampak lebih baik jika kamu menaikkan kontrasnya sedikit. Hal ini akan menyebabkan area gelap menjadi lebih gelap dan area terang menjadi lebih terang, menciptakan definisi bentuk yang lebih jelas di dalam foto.

Low Light iPhone Photos 5

Hitam putih juga dapat berguna untuk menyelamatkan foto yang sangat ‘over expose’. Dimana hal ini biasa terjadi saat memotret panggung yang bercahaya sangat terang.

Meskipun dengan merubah foto menjadi hitam putih tetap tidak akan mengembalikan bagian detail pada area berwarna putih terang, tetapi hal ini akan menjadikan masalah tersebut tidak terlalu tampak dengan jelas.

Foto siluet juga tampak keren dalam hitam putih karena akan menonjolkan outline yang gelap dari subjekmu, menjadikan gambarnya tampak menjadi lebih dramatis.

9. Memotret Musisi Jalanan

Memotret ‘live music’ tidaklah harus selalu di dalam ruangan dengan kondisi ‘low light’. Terkadang kamu dapat menemukan musisi melakukan performance di tengah-tengah kota atau di pinggir jalanan.

Baik itu berupa festival jalanan, karnaval, ataupun pemusik tunggal, tetaplah pasang mata terhadap kesempatan foto menarik yang dapat muncul sewaktu-waktu. Selalu carilah sesuatu yang tampak sedikit berbeda untuk membuat foto mu menjadi lebih unik.

iPhone Music Concert Photography 10

Salah satu kelebihan dari memotret musisi yang tidak melakukan aksinya di atas panggung adalah bahwa kamu dapat berdiri dimanapun sesuai keinginanmu, yang dengan begitu memberimu lebih banyak pilihan untuk memotret dari berbgai sisi.

Pada foto di atas sebuah ‘brass band’ melakukan pemanasan pada sebuah parade ‘St. Patrick’s Day’, dan foto tersebut diambil dari belakang para musisi. Hal ini menciptakan gambar yang lebih unik dan menarik daripada jika diambil melalui sudut yang biasa saja.

Pada sebuah scene yang ‘sibuk’ akanlah lebih baik untuk memotret dari sudut rendah (low angle). Hal ini akan membuatmu dapat memanfaatkan langit sebagai background, mengurangi distraksi, dan menjadikan subjekmu tampil lebih ‘stand out’ dan jelas.

10. Melakukan Photo Shoot

Jika kamu tertarik untuk terjun lebih jauh ke dalam dunia music photography, kamu perlu mempertimbangkan untuk mengadakan sebuah foto shoot bersama band lokal dan musisi.

iPhone Music Concert Photography 17

‘Mengeluarkan’ sang musisi dari pertunjukkan akan memberimu kendali yang lebih atas jenis jepretan yang ingin kamu dapatkan.

Kamu dapat memilih lokasi menarik, mengatur pose band sesuai dengan yang kamu inginan, dan memotret pada kondisi cahaya terbaik untuk memperoleh hasil yang juga seperti kamu inginkan

iPhone Music Concert Photography 18

Setiap kota memiliki musisi baru yang akan senang jika kita ingin memotret mereka. Jadi jika nanti kamu mengunjungi sebuah pertunjukkan musik, tetaplah tinggal setelahnya dan dekati band yang bermain untu mengetahui apakah mereka tertarik untuk melakukan sebuah photo shoot.

iPhone Music Concert Photography 9

Ini adalah kesempatan untuk menguji kemampuan mobile photography mu, dan mungkin mendapatkan exposure pada foto-foto mu.

11. Taruhlah Handphone Mu.

Akhirnya, salah satu nasihat terpenting adalah untuk memotret seminimal mungkin. Mungkin hal ini tampak kontradiktif dengan tips-tips sebelumnya dimana disarankan untuk memotret sebanyak-banyaknya untuk dapat meraih kesempatan terbaik dalam mendapatkan jepretan yang keren.

Tapi tentunya kamu tidak menginginkan untuk melihat keseluruhan konser melalui layar kamera. Hal ini akan menjadi sangat tidak memiliki arti karena kamu tidak akan berada di sana untuk menikmati suasana dan berkonsentrasi kepada musik yang sedang bermain. Juga kamu dapat menjadi sangat mengganggu orang-orang di sekitarmu.

Oleh karena itu keluarkanlah mobile camera mu untuk memotret dalam burst mode dan mendapatkan foto sebanyak-banyaknya. Lalu simpanlah dan ‘enjoy the gig’!

iPhone Music Concert Photography 15

Mudah-mudahan tips-tips di atas dapat membantu meningkatkan memampuan music photography mu, baik saat kamu memotret live music, musisi jalanan, atau mengadakan sebuah foto shoot. Tetaplah ingat bahwa photography janganlah menjadi penghalangmu dalam menikmati musik!

-RAA-

-inspired to inspiring-

Photo and article source: http://iphonephotographyschool.com/music/

Add a comment

Skip to toolbar