iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News Mengenal Mobile Photography Awards

Mengenal Mobile Photography Awards

Bagi sebagian orang mungkin belom banyak yang tau apa itu Mobile Photography Awards ini. Nah, untuk itu kita simak yuk artikel ini dengan seksama biar kita tahu apa itu Mobile Photography Awards, dikasih tau oleh foundernya langsung lho genk yang kami sadur dari iPhone Photography School.

Banner Mobile Photography Award

Banner Mobile Photography Award

Daniel Berman, ya dialah orang yang berada di balik terlaksananya kompetisi foto bernama Mobile Photography Awards. Karena kecintaannya dalam menghasilkan gambar, lelaki yang besar di Toronto ini membangun sebuah wadah bagi para pencita fotografi mobile dan komunitas seni lainnya pada tahun 2011. Om yang udah motret sejak umur enam tahun dengan menggunakan kamera pinhole ini mengklaim bahwa Mobile Photography Awards (MPA) adalah acara tahunan dan kompetisi mobile photography terbesar setelah tiga tahun terlaksana.

 

Pada acara MPA ini, setiap orang berkesempatan untuk memamerkan setiap hasil karyanya, menjual karyanya, mengikuti lomba dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, dan lain – lain. Om Berman memaparkan kalo aliran uang yang ada di MPA sendiri bisa mencapai $25,000 lhoo, termasuk di dalamnya yaitu hadiah bagi para pemenang dan hasil penjualan karya selama acara pameran berlangsung.

 

Lalu gimana sih ceritanya Om yang pernah kerja di perusahaannya sebagai sutradara dan produser dokumenter ini memulai MPA? Berawal dari keterlibatannya dalam sebuah komunitas mobile photography di Flickr, Om Berman bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang di dalamnya dengan berbagai macam latar belakang seperti fotografer, blogger, artis, web developers, dan lain – lain. Dalam interaksinya tersebut, Om Berman memutuskan untuk mempromosikan setiap karya yang terbaik dari komunitasnya itu.

 

Menggabungkan antara kompetisi dan pameran internasional adalah hal yang dilakukan oleh doi. Dengan adanya acara ini, MPA menjadi tuan rumah dalam pertujukan galeri  dan memfasilitasi penjualan karya – karya dari artis pemenang saat itu.

Karya Alfred Pleyer pemenang kategori Travel pada MPA 2012

Karya Alfred Pleyer pemenang kategori Travel pada MPA 2012

Terus syarat – syarat untuk ngikutin ni lomba gimana? Om Berman bilang kalo kita mau ikut ni lomba, syarat utamanya yaitu harus membuat karyanya dengan mobile devices (handphone atau tablet). Pembuatan karya mulai dari mengcapture foto, mengedit foto, dan proses lain – lainnya harus menggunakan perangkat mobile devices dan tidak diperkenankan menggunakan komputer. Ya iyalah, namanya juga Mobile Photography Awards. Selain itu, para peserta yang ingin ikut lomba foto ini harus membayar entry fee, mensubmit karyanya sendiri sebelum tanggal akhir yang telah ditentukan panitia.

 

Pada ajang awards tahunan ini ada 20 kategori yang dilombakan. Jika kalian penikmat foto dengan genre street photography kalian bisa mengikuti ajang ini. Selain street photography ada juga genre still life, digital fine art, architecture & design, black and white, food/beverage, landscapes, nature & wildlife, photo essay, macro/details by olloclip (ciyeh endorse :D), people, performing arts, photo journalism, portraits, travel, self-portrait (yang demen selfie yuk dicoba siapa tau laku mukanya), transportation, waterscapes, visual fx dan the darkness.

 

Banyak ya kategorinya? Dilihat dari jumlah kategori foto yang dilombakan, ga heran kalo foto yang masuk juga banyak banget. Om Berman berujar untuk mencari pemenang dari setiap kategori, MPA memiliki dewan juri yang kompeten di bidangnya seperti Ed Kashi yang merupakan fotografer National Geographic untuk ngejuriin kategori photo journalism, Christopher Wahl yang merupakan seorang fotografer portrait untuk ngejuriin….(udah tahu lah ya ngejuriin apa), dan lain – lain.

Karya Mel Harrison pemenang kategori Visual FX pada MPA 2012

Karya Mel Harrison pemenang kategori Visual FX pada MPA 2012

Hadiah apa aja sih yang bisa didapetin dari event bergengsi ini? Kata Om Bernand, setiap kategori akan dipilih pemenang pertama dan runner-up. Kedua pemenang tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tur pertunjukan MPA. Salah satu tur pertujukan MPA yang pernah diadakan yaitu di San Fransisco.

 

Selain itu, kedua pemenang di tiap kategori itu berhak mendapatkan aksesoris yang berkaitan dengan mobile photography seperti aplikasi editing foto, gorilapod, lensa tambahan, cetak foto gratis, dan lain sebagainya yang disediakan panitia. Dari keseluruhan pemenang kategori yang ada, pada acara ini juga dipilih MPA Mobile Photographer of The Year yang akan mendapatkan top prize sebesar $3000.

 

Nah itulah tadi beberapa hal yang bisa kami kasih tau mengenai MPA. Gimana? Tertarik untuk mengikutinya? Jika dari iPhonesian ada yang berminat untuk ikut dalam ajang bergengsi ini, kalian bisa mengunjungi http://www.mobilephotoawards.com untuk info lebih lanjut. Selamat mencoba genk. Good luck 😀

 

JFS

 

Sumber: http://iphonephotographyschool.com/mobile-photography-awards/

 

Add a comment

Skip to toolbar