iPhonesia - Mobile Photography Community

Home General Menjual Foto Hasil Karya Cameraphone

Menjual Foto Hasil Karya Cameraphone

Udah berapa banyak media storage yang dipake untuk menyimpan foto? Tidak tau lagi mau dikemanain foto – foto hasil hunting kemarin selain diposting di Instagram? Cuma buat disimpen aja? Atau buat stok foto untuk lomba? Nah, dari pada cuma disimpen, diposting di media sosial aja atau ikutan lomba tapi tidak menang – menang sementara udah banyak media storage yang dipake untuk menyimpan foto, sekarang saatnya untuk menghasilkan uang dari foto – foto keren itu.


Saat ini, beberapa agensi stok foto memberikan akses bagi para mobile photographer untuk menjual karya – karya yang dihasilkan dengan kamera handphonenya. Sebut saja Getty Images, Alamy, Foap, dan lain – lain yang merupakan agensi stok foto yang menjual foto – foto hasil kamera smartphone.

Portal Stok Foto Via Alamy

Portal Stok Foto Via Alamy

Karena dipasarkan di media yang dapat dijangkau oleh seluruh orang di dunia, maka klien dari para agensi foto ini pun sangat banyak yaitu mulai dari perorangan sampai perusahaan – perusahaan besar dunia. Beberapa contoh perusahaan besar dunia yang menjadi klien dari agensi stok foto adalah Heineken, Volvo Group, dan Master Card. Perusahaan – perusahaan besar tersebut menjadi klien dari agensi stok foto Foap.

 

Untuk memberikan kemudahaan bagi setiap mobile photographer dalam memasarkan karyanya, saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan sebagai media berjualan foto. Selangkah lebih maju lagi, ada beberapa aplikasi yang bahkan sudah menyediakan akses kamera dengan segala alat – alat editingnya agar para fotografer dapat  menjajakan langsung foto yang baru dihasilkannya. Ibaratnya mah masih fresh from the oven.

 

Aplikasi – aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menjual foto antara lain Stockimo yang merupakan perpanjangan agensi stok foto Alamy, Foap dari agensi stok foto Foap, Getty Images Moment dari Getty Images, Snapwire App, dan lain – lain. Selain aplikasi, media sosial foto pun ada yang dapat menjajakan foto dari para penggunanya. Ya, EyeEm. Media sosial saingan Instagram ini telah memasarkan lebih 100.000 foto di agensi foto Getty Images melalui EyeEm Market.

Tampilan Stockimo Via iPhone Photography School

Tampilan Stockimo Via iPhone Photography School

Masing – masing aplikasi yang digawangi oleh agensi stok foto tersebut memiliki peraturan dalam memasarkan foto – foto hasil karya para mobile photographer. Tentu foto yang dijual haruslah foto yang memiliki nilai jual serta memiliki model release dan property release jika ingin dipasarkan untuk penggunaan komersil. Sebelum dijual di dalam website mereka, foto yang diunggah haruslah melalui tahapan kurasi atau review oleh pihak agensi.

Pernyataan Penggunaan Komersil pada Aplikasi Stockimo Via iPhone Photography School

Pernyataan Penggunaan Komersil pada Aplikasi Stockimo Via iPhone Photography School

Foto yang lolos review dan dapat diterima oleh agensi akan diberi tahu kemudian dijajakan di website mereka. Bagi foto yang tidak lolos pun akan diberi tahu namun tidak semua aplikasi memberikan alasan mengapa foto tersebut ditolak. Salah satu contoh aplikasi yang memberikan alasan jika foto ditolak adalah Getty Images Moment.

Notifikasi Hasil Review Getty Images Moment Via iTunes

Notifikasi Hasil Review Getty Images Moment Via iTunes

ahapan Review pada Aplikasi Foap Via iPhone Photography School

ahapan Review pada Aplikasi Foap Via iPhone Photography School

Selain peraturan kurasi, ketentuan bagi hasil penjualan foto antara fotografer dan agensi stok foto pun berbeda – beda. Seperti contoh pada agensi stok foto Foap, setiap pembeli dikenakan $10 per foto dan fotografer mendapatkan $5 per foto. Sementara itu dilansir dari iPhone Photography School, pada Stockimo, komisi yang diterima fotografer yang merupakan member lama yaitu sebesar 40% dan fotografer member baru (yang bargabung pada 1 Januari 2015) sebesar 20% untuk setiap foto yang terjual. Tidak dijelaskan mengapa terjadi perbedaan dalam pembagian komisi ini.

 

Nah, gimana? Lumayan kan kalau foto – foto kita laku dijual. Bisa buat beli media storage lain untuk bisa bikin foto – foto keren lagi. Semoga bermanfaat ya ☺

 

JFS

 

Sumber:

http://iphonephotographyschool.com/selling-iphone-photos/

 

Sumber Foto:

http://iphonephotographyschool.com/selling-iphone-photos/

https://itunes.apple.com/us/app/getty-images-moment/id728072549?mt=8&ign-mpt=uo%3D8

 

Add a comment

Skip to toolbar