iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Events Sony Xperia Photo Academy With RIOMOTRET

Sony Xperia Photo Academy With RIOMOTRET

Bertempat di New Wave Hall Lantai 4 Mall Taman Anggrek (MTA) Jakarta, acara yang disponsori oleh Sony Indonesia ini diadakan hanya bagi para pengguna smartphone Xperia tipe apa aja. Saya berkesempatan hadir di acara yang dilakukan pada Hari Sabtu 13 Desember 2014 ini dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui email.

 

Pada acara kali ini, Sony menggaet seorang pembicara yang berprofesi sebagai fotografer professional bernama asli Rio Wibowo. Sebelum masuk ke dalam sesi seminar dan praktek, para peserta dipersilahkan terlebih dahulu untuk menikmati makan siang yang sudah disediakan oleh para panitia. Makanannya banyak dan enak – enak, apalagi udang mayonnaise-nya.

 

Setelah selesai makan siang, sesi pertama diawali dengan pengenalan handphone keluaran terbaru Sony yaitu Xperia Z3 oleh Ika Paramita, Senior Marketing Sony Mobile. Smartphone ini termasuk canggih soalnya bisa dipake buat motret di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Madame Ika menjelaskan keungulan–keunggulan serta fitur–fitur yang ada di Xperia Z3 dengan sangat meyakinkan layaknya seorang marketing. Yaiyalah kerjanya emang itu.

Waktu madame Ika menjelaskan Xperia Z3 nya itu, saya malah asik nonton video pembuatan foto fashion oleh Ko Rio di TV yang nempel di dinding. “Goks, keren bingitssss” itu yang ada di pikiran saya waktu ngeliatin video tersebut. Gimana enggak, persiapan motretnya aja udah kaya pemotretan pake kamera DSLR. Modelnya apalagi, bisa banget tahan napas lama di dalem air. Semoga ga masuk angin deh beres pemotretan.

Pembukaan oleh MC Acara Xperia Photo Academy With Riomotret

Pembukaan oleh MC Acara Xperia Photo Academy With Riomotret

 

Beres madame Ika presentasi, sekarang giliran Ko Rio yang presentasi mengenai kemampuan Z3 dari kacamata seorang fotografer. Ceritanya diendorse, endorse aku dong kaka :D. Pada kesempatan kali ini, Ko Rio ngomongin empat bahasan mengenai fotografi. Keempat hal tersebut yaitu Low Light Photography, Contrast Photography, Perspective Photography, dan High Fashion Photography.

 

Omongan Ko Rio di acara ini tentu ga jauh dari kemampuan Xperia Z3, seperti misalnya pada Low Light Photography. Xperia Z3 memiliki kemampuan mem-push ISO sampe 12800 sehingga dalam keaadaan gelap pun masih dapat menghasilkan foto yang terang. Selain itu, Xperia Z3 juga mempunyai kemampuan contrast foto yang baik. Pada keadaan yang memiliki kontras yang tinggi, Xperia Z3 dapat menghasilkan foto yang ciamik tanpa takut ada bagian yang overexposure ataupun underexposure.

 

Untuk bahasan perspektif, instagramer dengan akun @riomotret ini hanya membahas komposisi dan penempatan objek di foto agar mendapatkan hasil yang baik. Sementara itu di High Fashion Photography, fotografer yang memiliki followers sebanyak 308K di akun instagramnya ini terlihat sangat menguasai sekali. Knapa? Soalnya emang bidangnya doi bro – bro dan sist – sist. Artis – artis juga banyak yang udah dipotret sama Om yang ramah ini. Pada bahasan ini, Ko Rio memamerkan karya – karyanya yang dicapture dengan menggunakan Xperia Z3 nya. Beberapa karya yang dipamerkan yaitu foto candid model dengan wardrobe yang beraneka ragam. Foto – foto yang diambil sebagian besar yaitu pada saat waktu break atau persiapan untuk kerjaannya Ko Rio.

 

Selain foto – foto tersebut, Ko Rio juga memamerkan karnyanya saat memotret di dalam air. Yang tadi saya bilang saya nonton video pemotretannya itu lho. Dalam pemaparan Ko Rio, ternyata pemotretan itu dilakukan dari jam 11 siang sampe jam 8 malem lho genk. “Beugh tambah goks bingitss” pikir saya saat itu. Apa ga kisut ya? Pasti pada kisut jari – jari tangannya. Oke lanjut.

 

Selesai presentasi dari Ko Rio, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini terlihat antusiasme para peserta karena banyak pertanyaan yang diajukan pada kedua presenter. Setelah sesi tanya jawab, para peserta diarahkan ke sisi sebelah kanan panggung untuk diajari praktek memotret oleh Ko Rio. Pemotretan yang dilakukan adalah High Fashion Photography. Di sesi ini para peserta memotret udah kaya orang nonton konser, mengerubung dan sempit – sempitan untuk dapet gambar sang model.

 

Praktek Motret Via Twitter @SonyXperiaID

Praktek Motret Via Twitter @SonyXperiaID

Selain acara seminar dan praktek memotret model, ada juga sesi hunting foto untuk kemudian memperebutkan berbagai macam hadiah diantaranya 1 Buah Xperia C3. Tema hunting foto yang diberikan adalah 4 tema pembahasan Ko Rio tadi saat presentasi. Untuk tema Low Light dan High Fashion dilakukan di dalam Hall dengan 2 model yang sudah disiapkan. Sementara itu untuk tema Perscpective dan Contrast dilakukan di sekitaran MTA.

 

Setelah beberapa menit dilakukan hunting, terpilihlah tiga orang pemenang sesuai yang sudah dijanjikan sama panitia. Namun ternyata ga sampe situ aja. Pihak Sony ternyata memberikan surprise bagi para pelanggan setianya itu. Sony memberikan Xperia Z3 nya bagi seorang perempuan yang fotonya merupakan best of the best yang dipilih oleh Ko Rio. Acara ini banyak sekali hadiah yang diberikan baik bagi pemenang hunting foto ataupun hanya sekedar doorprize saja.

 

Acara berakhir sampai disini, ga kerasa udah hampir tiga jam acara berlangsung. Sebelum semua bubar, madame Ika memberikan closing statement yang mengatakan bahwa akan ada acara serupa nantinya dengan konsep yang berbeda. Wahh, ga sabar mo ikut acara selanjutnya nih saya biar dapet voucher MAP.

 

Pada akhir pertemuan ini, tidak lupa kami semua peserta dan panitia melakukan foto bareng. Saat waktunya pulang, semua peserta dibekali goodie bag yang berisi voucher potongan harga untuk pembelian Xperia tipe apa saja di acara pameran Sony yang diadakan dari 12-14 Desember 2014 di MTA sebesar Rp. 500.000,- dan botol minuman serta kalender 2015.

 

Foto keluarga Via Twitter @SonyXperiaID

Foto keluarga Via Twitter @SonyXperiaID

JHS

Add a comment

Skip to toolbar