iPhonesia - Mobile Photography Community

Home General Musuh Besar Bernama BLUR

Musuh Besar Bernama BLUR

Momen pas, komposisi oke, pencahayaan mantap eh pas diambil fotonya malah blur. Pernah tidak merasakan hal seperti itu? Sudah yakin dan mendambakan hasil foto yang fantastis tapi malah kecewa karena hasil fotonya blur. Pasti akan sangat kesal ya perasaan kita apalagi kalo momen foto yang diambil jarang – jarang terjadi.

 

Hasil foto yang blur atau out of focus dapat terjadi akibat berbagai kondisi. Dikutip dari iPhone Photography School ada tiga kondisi penyebab hasil foto yang kita ambil menggunakan kamera smartphone khususnya iPhone menjadi blur meskipun dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Dan berikut ini adalah beberapa kondisi tersebut dan cara mengatasinya.

 

  1. Kondisi Foto yang Out of Focus

Fokus yang tidak tepat merupakan salah satu hal yang paling sering menyebabkan foto menjadi blur. Perhatikan gambar di bawah ini

Foto Out of Focus Via iPhone Photography School

Foto Out of Focus Via iPhone Photography School

Foto ini memiliki fokus yang tidak tepat. Pada bagian foreground yaitu objek apel terlihat gambar yang tajam dan detail. Namun figur penting yang ada di foto ini yaitu objek manusia menjadi tidak jelas atau out of focus. Hal ini bisa terjadi karena biasanya pada saat pengambilan gambar, para pengguna tidak melakukan penyesuaian fokus.

 

Cara Mengatasinya: Hentikan Hanya Mengandalkan Autofocus Otomatis

 

Meskipun pada sebagian smartphone sudah dilengkapi autofocus, namun ketajaman suatu objek tetaplah berada pada kendali kita. Saat kita hendak memotret suatu objek, kadang kita lupa bahwa autofocus pada kamera biasanya tidak langsung menangkap objek yang kita inginkan. Nah disinilah kendali kita. Untuk mendapatkan gambar yang tajam pada objek yang menjadi bagian terpenting, kita harus menyeleksi titik fokus dari objek tersebut berada. Langkahnya sederhana saja, tinggal mentap titik dimana objek itu berada dan titik autofocus pun akan berpindah ke objek yang kita kehendaki itu.

 

Namun mentap saja terkadang tidak cukup. Pada kamera di iPhone biasanya autofocus akan kembali ke posisi awal (refocusing) apabila terjadi pergerakan pada device atau ada pergerakan lainnya pada benda sekitar. Dengan menahan titik fokus selama beberapa detik pada lokasi yang diinginkan, maka titik autofocus akan terkunci sehingga tidak akan terjadi refocusing. Kondisi ini akan sangat berguna jika kita tidak ingin kehilangan momen hanya karena mengatur letak titik fokus yang berulang saat memotret.

Autofocus Lock Via iPhone Photography School

Autofocus Lock Via iPhone Photography School

2.  Guncangan Pada Kamera

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa pada kamera smartphone membutuhkan waktu untuk mengcapture foto baik pada benda yang diam ataupun yang bergerak. Bila terdapat pergerakan pada kamera selama rentang waktu tersebut dan kondisi cahaya tidak mendukung, maka dapat dipastikan foto yang dihasilkan akan menjadi blur.

 

Saat cahaya melimpah, maka kita tidak perlu kuatir terhadap hasil foto blur. Hal ini terjadi karena kecepatan rana atau shutter speed akan bergerak dengan cepat saat mengcapture sebuah gambar.

 

Dalam segitiga exposure pada kamera pengaturan otomatis termasuk kamera smartphone, kecepatan rana lah yang memiliki peran dalam menghasilkan ketajaman gambar. Bila kondisi minim cahaya, maka dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan gambar dengan exposure yang pas. Konsekuensi dari hal tersebut adalah foto akan menjadi blur jika terjadi shaking pada kamera.

 

Cara Mengatasinya: Kamera Harus pada Posisi Steady

 

Ada beberapa tips untuk menjaga kamera tetap pada posisinya. Yang pertama dan mungkin terpikirkan oleh kita adalah menggunakan tripod atau letakkan pada bidang datar jika tidak punya tripod. Ya itu merupakan salah satu teknik untuk mengatasi kondisi ini.

Menggunakan Tripod Via iPhone Photography School

Menggunakan Tripod Via iPhone Photography School

Namun bagaimana jika kita tidak memiliki tripod dan tidak ada bidang datar di sekitar kita? Untuk mengatasi hal ini, ambil foto dengan mengcapture sebanyak mungkin. Dari sekian banyak foto, mungkin ada satu foto yang tajam di setiap elemen dalam gambar.

 

Cara selanjutnya adalah dengan menyandarkan tangan (sikut) pada bagian tubuh seperti lutut, badan, dan pinggul. Kemudian atur pernafasan agar tidak terjadi banyak pergerakan pada tangan saat memotret. Selain bersandar pada anggota tubuh, bersandar pada dinding jika tersedia pun dapat dilakukan agar mengokohkan posisi kamera.

 

Selain kedua cara di atas, ada cara lainnya yaitu dengan menggunakan fitur Image Stabilization. Mode ini dapat kita temui pada aplikasi Camera+. Dengan mengaktifkan mode ini, kamera tidak akan mengcapture foto sampai tangan yang memegang kamera siap (tidak shaking).

3.  Motion Blur

Hampir serupa dengan kondisi kedua, namun bedanya sumber masalah terjadi bukan pada goyangan di kamera melainkan pada objeknya. Kondisi ini dapat terjadi karena alasan yang sama dengan guncangan pada kamera yaitu pencahayaan yang kurang baik.

Motion Blur

Motion Blur

Cara Mengatasinya: Kurangi Efek Motion Blur

 

Ada dua cara yang paling masuk akal untuk mengurangi motion blur ini. Yang pertama adalah meningkatkan kuantitas cahaya dan yang kedua yaitu meminta objek untuk tidak banyak bergerak. Ya memang cara ini hanya untuk kondisi tertentu saja. Seperti memotret orang yang kita kenal.

 

Namun bagaimana caranya jika kita mau memotret orang yang tidak kita kenal? Atau bagaimana kita mengurangi efek motion blur ini jika kita tidak memiliki kontrol penuh terhadap objek?

 

Efek motion blur ini dapat diatasi jika objek berada jauh dari kamera smartphone kita. Dikutip dari iPhone Photography School yang mengatakan bahwa kekuatan motion blur dapat menjadi lemah dan tidak menonjol jika subjek yang bergerak berada jauh dari kamera iPhone. Oleh karena itu, cara ini pun dapat dijadikan panduan dalam menghasilkan gambar yang relative tajam.

 

Nah, itulah beberapa kondisi dan cara mengatasi agar foto yang kita ambil tidak blur. Semoga bermanfaat ya ☺

 

JFS

 

Sumber:

http://iphonephotographyschool.com/blurry-photos/

 

Sumber Foto:

http://iphonephotographyschool.com/blurry-photos/

 

 

Add a comment

Skip to toolbar