iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News WORLD WIDE INSTAMEET 9 (WWIM9) INDONESIA

WORLD WIDE INSTAMEET 9 (WWIM9) INDONESIA

jktjokeh3

pict courtesy @dj_jocky

WWIM atau World Wide InstaMeet ke 9 kembali diadakan, kali ini Indonesia berkesempatan untuk ambil bagian dalam event terbesar @instagram tersebut. tanggal 17 dan 18 Mei 2014 serempak di beberapa daerah seperti Aceh, Malang, Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, Pekanbaru, Batam, Medan, Bandung, Pelembang, Makasar, Pekalongan, Gorontalo, Lumajang, Manado, Borneo, Bali, dan Lombok.

Instagram merupakan sebuah jejaring social pengunggah foto, semakin banyak nya user instagram baik di Indonesia ataupun penjuru dunia membuat applikasi ini paling laku di ungguh oleh penggunanya. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna social media instagram terbesar di dunia.

Dalam WWIM9 kai ini @iPhonesia berkesempatan menjadi salah satu afiliasi untuk WWIM9 Jakarta, hal tersebut menjadi kebanggan tersendiri apalagi @iPhonesia adalah salah satu komunitas iphoneographer terbesar.

Berikut liputan WWIM9 dari beberapa kota di Indonesia yang berhasil diliput oleh team @iPhonesia.

JOGJAKARTA
Pada hari minggu tanggal 18 mei 2014 dilaksanakan WWIM9 Instameet Jogja. Berawal dari meeting point di Grapari Telkomsel, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok serta venue yang akan dikunjungi. Terdapat 5 kelompok dan 5 venue yang terbagi dalam instameet kemarin. Venue yang dikunjungi adalah Taman Sari, Malioboro, Nol kilometer, Tugu Stasiun, Benteng  Vredeburg.
Setiap kelompok dan venue terdiri dari 26  orang, dan jumlah peserta yang hadir berkisar 130 orang peserta, baik yang sudah mendaftar ataupun yang datang on the spot saat acara berlangsung.

Setelah melakukan photowalk selama kurang lebih 2 jam tepatnya dari jam 10 pagi, peserta berkumpul di Alun – Alun Utara sebagai meeting point kedua. Berlokasi di meeting point kedua ini para peserta istirahat dan menikmati konsumsi yang telah dibagikan para panitia. Untuk meeting point selajutnya atau meeting point terakhir yaitu di pantai Gunung Kidul. Peserta mengabadikan indahnya pantai Gunung Kidul, tidak hanya itu, beberapa peserta pun rela menunggu hingga mendapat moment sunset.

Salah satu radio Jogjakarta Geronimo Fm berhasil mewawancarai @Insanaputra sebagai host WWIM9 Jogjakarta, dalam wawamcara tersebut, Rio panggilan akrab @insanaputera menerangkan seputar acara WWIM9 ini, Rio mengaku sangat bangga dengan antusiasme warga Jogja, merasa acara ini behasil atas bantuan dari teman – teman panitia, pihak sponsor dan khusunya warga Jogja yang turut meramaikan. Harapan kedepannya @insanaputra akan berniat membuat acara serupa namun dengan memasukan unsur sharing ilmu photography bersama beberapa fotografer seniordi Jogjakarta.

photo 1 photo 2

pic from @insanaputra

BANDUNG

WWIM9 Bandung diadakan pada tanggal 17 Mei 2014,  di bagi menjadi 3 tempat berbeda. Lokasi nya antara lain adalah Braga City Walk, kegiatan yang dilakukan disana adalah street photography di sekitar Taman Hutan Juanda. Selain itu terdapat obyek wisata Gua Belanda dan Jepang.

Lokasi lainnya adalah Bukit Moko, para peserta dapat menikmati sunrise dan landscape photography dari atas Bukit Moko. Sedangakn untuk lokasi terakhir adalah Monumen Perjuangan Jawa Barat. Semua peserta dari tiga lokasi berbeda akan berkumpul di meeting point terakhir ini.

@Vedy salah satu peserta WWIM9 Bandung yang memilih lokasi Bukit Moko menceritakan kegiatan photowalk dilokasi tersebut. Dimulai dengan berkumpulnya peserta pada pukul 04:00 WIB dini hari di lapangan Gasibu, kemudian perjalanan ke bukit moko memakan waktu kurang lebih 1jam. Sebelum tiba di Moko, peserta berhenti di Cartil untuk mengabadikan moment sunrise, namun sayangnya masih tertutup awan. Setibanya di Bukit Moko, peserta menuju hutan pinus dan mulai melakukan photosession menggunakan atribut yang dibawa. Moment langka yang jarang didapat adalah bukit berkabut, tepat menjelang siang para peserta disuguhi pemandangan indah bukit berkabut, dan semua peserta sibuk mengabadikan. Bukit Moko adalah salah satu tempat tertinggi di daerah Bandung, dimana dapat melihat pemandangan kota Bandung dari atas bukit. Menurut @Vedy selain banyaknya objek yang bisa diexplore, WWIM9 kali ini cukup mempererat komunikasi instagramer khususnya di daerah Bandung, dan menambah pertemanan untuk hunting foto di Bandung.

Untuk lokasi lainnya yaitu di Braga diceritakan oleh @hlga bahwa acara dimulai pada pukul 9 pagi dengan bekumpul di Kantir Pos Asia Afrika, lalu mulai mengexplore sepanjang jalan Braga, banyak objek yang didapat, tidak hanya street photography saja, namun masih terdapat bangunan tua dengan seni artistic yang cukup menarik sebagai object foto.

Menjelang sore para peserta berkumpul di lokasi akhir yaitu Monumen Perjuangan dan melakukan photo session selanjutnya serta

bdg1 bdg2

pic from : @vedy

SURABAYA
WWIM9 Surabaya dilaksanakan pada hari minggu tgl 18 jam 8.00 WIB. Berkumpul Terminal Keputih yang berlokasi persis di sebelah lokasi photowalk yaitu di Hutan Bambu. @Diahsari sebagai salah satu peserta WWIM9 Surabaya memebrikan liputannya mengenai acara tersebut.

WWIM9 Surabaya kali ini mengangkat tema mengenai peduli lingkungan. Kegiatan selain photowalk adalah menanam pohon mangga di lokasi pertama. Pohon mangga sengaja dipersipkan oleh panitia, dan memilih pohon mangga karena lebih mudah tumbuh di segala konndisi, menurut @diahsari.  Setelah melakukan penanaman pohon, peserta melanjutkan ke lokasi ke2 yaitu Hutan Bambu disamping taman. Dilkasi kedua ini para peserta melakukan kegiatan kerja bakti atau bersih – bersih hutan, peserta membawa sapu, pengki dan membersihkan lokasi hutan dari sampah – sampah plastik.  Tema kebersihan diangkat oleh Pak Ahmad aka @azethmdr sebagai salah satu PIC mengingat bahwa tidak hanya mengabadikan keindahan lingkungan melalui foto, tapi para instagramer harus dapat menjaga kelestarian lingkungan tersebut.

sby1 sby2 photo 4 photo 3

pic from @diahsari @sidiahsari

ACEH
WWIM9 Aceh kali ini di PIC kan oleh @qnoy_ibrahim, lokasi instameet yaitu di sekitaran taman tepi laut Lhoknga. Lokasi tersebut adalah bekas taman tepi laut yang terkena musibah tsunami beberap tahun lalu. Menurut @qnoy_ibrahim, walaupun sudah tidak terdapat apa –apa lagi di sana, namun keindahan spot nya masih terjaga..hanya saja ilalang nya udh terlalu tinggi, selain itu peserta dapat kembali mengenang tragedy tsunami yang sempat menggemparkan Aceh. Walaupun hanya terdapat satu lokasi, tetapi lokasi tersebut sangat luas untuk dieksplore dan memiliki objek foto yang cukup menarik. Acara dimulai pada pukul 9 pagi dan berakhir pada pukul 3 sore. @qnoy_ibrahim berpendapat bahwa acara seperti ini sangan banyak manfaatnya, selain menemukan teman baru, dapat juga dijadikan sarana tukar pikiran mengenai ilmu photography. Untuk hastag #insta_aceh #wwim9 #wwim9aceh.

photo (4)

pic from : @qnoy_ibrahim
PEKANBARU
WWIM9 Pekanbaru  dilaksanakan pada hari minggu. @Taniaa_gp selaku PIC WWIM9 Pekanbaru berinisiatif membuat pre-wwim9 pada hari Jumat di slah satu kafe di daerah Pekanbaru. Acara tersebut diadakan sebagai sarana perkenalan bagi peserta instameet supaya pada pelaksanaannya nanti semua peserta sudah saling mengenal satu sama lainnya.

Pada hari Minggu nya instameet berlokasi di hutan Arboretum dan Waduk Fakultas Perikanan Universitas Riau, Berawal dari meeting point di Jembatan Putih Universitas Riau pukul 9 pagi, peserta mulai mengeksplore keindahan lokasi. @taniaa_gp mengaku senang dang menganggap acara WWIM9 Pekanbaru ini sukses, terbukti dengan bertambahnya peserta yang datang saat on the spot. Selain itu para peserta sangat antusias mengikuti acara dan sebagai sarana shring ilmu edit dan fotografi, selain itu menambah teman pastinya. Untuk kegiatan photo kali ini peserta dibebaskan untuk memilih genre foto masing masing, Kurang lebih 3 jam acara berlangsung, diakhiri dengan berkumpul bersama, makan siang dan ditutup dengan foto keluarga.

Processed with VSCOcam with f2 preset

pic from @taniaa_gp
PALEMBANG
@harrisfid @wiqypaliagung
adalah PIC WWIM9 Palembang. Menurut @harrisfid instameet kali ini pesertanya cukup antusias dengan jumalh peserta sekitar 46 orang, para peserta tidak hanya antusias melakukan hunting foto, tetapimereka banyak bertanya Tanya mengenai instagram, @wiqypaliagung sebagai salah satu SU (Suggest User) Instagram menjelaskan lebih dalam mengenai instagram dan mengenai eveny=t instameet itu sendiri.

Lokasi pertama instameet adalah di Taman Kambang Iwak. Selanjutnya peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama eatery lalu kelompok kedua street.
Untuk rute peserta yang mengikuti street photography adalah ke daerah sekitar Pasar 16 Ilir Palembang.
dari sekitaran daerah pasar, kemudian dilanjutkan ke  Monpera. (khusus yg ikut street).

Untuk meeting point yaitu di Stadion Gelora Sriwijaya, disana peserta melakukan sesi foto bersama. Kemudian dilanjutkan ke lokasi selanjutnya yaitu Akuatik, lokasi tersebut sebenarnya digunakan saat Sea Games di Palembang. Sebagai pusat olahraga cabang renang.

Beberapa objek yang diunggulkan dalam instameet Palembang kali ini adalah Benteng Kuto Besak, New Town Kopi-tiam, dan Jakabaring Sport City.

Untuk hastag dapat dilihat di #wwim9palembang #explorepalembang.
plb1 plb2 plb3

pic from : @harrisfid @wiqypaliagung

MANADO
WWIM9 Instameet Manado kali ini di Host oleh @everhard83 & @paskojr, acara yang berlangsung pada 17 Mei 2014 pukul 15.00 Wita ini mengambil meeting point di Poj=hon Kasih Megamas Manado. Kegiatan yang dilakukanadalah hunting sunset di kawasan Mega Mas, menurut @everhard83 bahwa lokasi Megamas memiliki banyak keunikan untuk dieksplore, dan moment sunset pun bagus terlihat dari lokasi tersebut. Dengan jumlah peserta 34 iGers dari iManado, GangManado, InstaNusantaraManado dan iGorontalo, acara WWIM9 Manado cukup sukses.

photo (2)

pic from @everhard83

MEDAN
WWIM9 Medan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2014 dengan Meeting Point di Merdeka Walk.Kemudian dilanjutkan menuju lokasi yaitu di Tanah Lapang daerah Ringroad, Setelah melakukan eksplore Ring Road, peserta melanjutkan rute selanjutnya yaitu Kota Tua Kesawan.  Banyak objek bangunan tua bersejarah yang dapat dijadikan objek foto. Lokasi selanjutnya adalah rumah AMPI.

Host nya adalah @aguswaluyo @awrengganis @imamfahmiii, @eugnal, @joeangin. Uniknya instameet kali ini para peserta menggunakan transportasi umum dari lokasi menuju lokasi selanjutnya. @aguswaluyo berpendapat bahwa dengan diadakan instameet dapat menambah teman baru untuk hunting foto dan mengeksplore kota Medan.
image

pic from : @aguswaluyo @awrengganis 

INSTAMEET JAKARTA

Minggu tanggal 18 Mei 2014 instameet di Jakarta diadakan. Terdapat  4 lokasi yg bisa dapat dipilih dan setelah itu semua peserta dari lokasi yang berbeda akan berkumpul di satu titik bersama.

Berikut 4 lokasi yang bisa dipilih dan para host masing-masing lokasi.

1. Taman Mini Indonesia Indah, meeting point di Tugu Pancasila jam 9 pagi, hosted by @indramita @mitaindra @danartriatmojo @azharodhet @bismoaryow.

2. Kota Tua, meeting point di McD Sarinah jam 8 pagi, kita photowalk di car free day lalu lanjut ke Kota Tua, hosted by @boodee_celio @arthyssen @buckhorijuniansyah @upiiil @dimasdarmus @kevin_pante @bismosatria @rifkiantariksa @byvrnand @billsatya.

riri2

pic from : @buckhorijuniansyah
3. Universitas Indonesia, meeting point di Danau UI depan perpustakan jam 8 pagi, hosted by @a_rizky @hlga @dendy_kribo @sahhilny @esaprasetya @joryanssyam @qbottt.

photo (2)

4. Taman Menteng, meeting point di sekitar rumah kaca jam 9 pagi, hosted by @boylagi @rakazt @dj_jocky @piazakiyah @kevinanda @mrizag @kadekarini.

jktjokeh1 jktjokeh2

Di tempat utama akan dihosted oleh para host di atas plus @ernandaputra @puanindya @jagatnatha @harrissyn @skinnymonkey @rijalkamaluddin.

Acara ini sendiri terafiliasi denganbeberapa Hub antara lain @travelingindonesia @instameetindonesia @explore_jakarta @iphonesia @kamerahpgw @ikece_indonesia

 

Jakarta merupakan lokasi dengan jumlah peserta terbanyak, tidak tanggung – tanggung sekitar 500 orang datang berkumpul meramaikan acara tersebut. “Kita ingin pecahkan rekor kumpul Instameet dengan jumlah peserta paling banyak. Tahun lalu, gak ada yang mencapai 500 orang peserta. Kita yang pertama kali kumpul Instameet bisa kumpulin 500 orang. Kita juga akan kirim video dan foto di acara ini ke kantor Instagram di Amerika Serikat supaya mereka lihat kekuatan kita di sini,” ungkap Jocky saat dihubungi tim @iphonesia.

Muhammad Jocky, salah satu host di ajang Instameet Jakarta menyebutkan ajang kumpul di Jakarta yang berbarengan dengan Worldwide Instameet baru pertama kalinya diadakan,  tujuan dari acara ini ialah memperlihatkan kepada dunia bahwa di Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa indah, dan menunjukkan ke-solid-an  antara para pengguna instagram se-Indonesia, khususnya Jakarta..

Ajang kopi darat pengguna Instagram itu sendiri ditargetkan bakalan diikuti oleh lebih dari 500 peserta. Jumlah itu diharapkan bakalan menjadi yang terbesar dibandingkan ajang serupa yang dilakukan secara serentak di seluruh dunia.
pict courtessy @andreinsma

image_1 (2)

 

Skip to toolbar