iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography 5 Best Polaroid App

5 Best Polaroid App

fake-polaroid-flipper-0913-575x344

Kecanggihan teknologi fotografi masa kini baik di kelas SLR maupun Mobile Camera sangat membantu kita dalam menghasilkan gambar yang sejernih Aura Kasih dengan warna yang bahkan bisa lebih indah dari aslinya.

Tetapi seperti bermunculannya konser musik 90-an akhir-akhir ini, kita pun terkadang merindukan hasil foto dari jaman yang telah lampau. Hasil foto yang sedikit grainy dengan warna yang ‘washed’ memberi kepuasan tersendiri dibanding hasil foto masa kini yang terkadang terlampau ‘sempurna’.

Untungnya, juga berkat kemajuan teknologi, kita bisa menghasilkan foto bernuansa lampau menggunakan teknologi masa kini. Terima kasih kepada berbagai aplikasi yang bisa mengedit foto kita menjadi apapun yang kita mau.

Untuk edisi kali ini kita akan membahas 5 aplikasi terbaik yang dapat merubah/menghasilkan foto menjadi seperti foto Polaroid. Tahu kan Polaroid? Ditemukan pada tahun 1947 oleh Edwin Land, Polaroid membuat kita untuk pertama kalinya dapat melakukan ‘shoot, process, and share’ dalam waktu singkat. Sounds Familiar?

Nah aplikasi-aplikasi di bawah ini, meski tidak 100%, dapat memberi nuansa Polaroid kepada hasil jepretan kita.

 

fake polaroid, fauxlaroid, iphone, shakeit photo

ShakeIt Photo

ShakeIt Photo adalah salah satu aplikasi iPhoneography classic dari jaman awal-awal App Store dulu. Sejauh ini aplikasi ini merupakan aplikasi fauxlaroid (sebutan untuk aplikasi peniru efek polaroid) yang paling mudah penggunaannya. Cukup dengan memotret atau import dan lihat fotonya berproses di depan matamu. Tekstur dari framenya tampak bagus. Mereka yang menyukai aplikasi ini biasanya menyukai kepekatan warna yang dihasilkan.

 

fake polaroid, fauxlaroid, iphone, polamatic

Polamatic

Kelima aplikasi pada artikel ini melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menciptakan kembali frame SX-70 yang iconic. Tetapi Polamatic melangkah lebih jauh lagi dengan memberikan efek pemakaian dan kerusakan pada frame. Polamatic memberimu pilihan frame yang asli, frame rusak dan berkerur, atau diantaranya. Polamatic juga memberikan efek ‘light leaks’ yang membuat fotomu tampak rusak, atau terproses secara tidak merata. Sebuah sentuhan yang manis.

 

fake polaroid, fauxlaroid, iphone, instant

Instant: The Polaroid Instant Camera

Instant menciptakan kembali pengalaman memotret Polaroid yang hampir mirip dengan aslinya menggunakan iPhone. Viewfinder nya yang kecil seperti memotret menggunakan kamera SX-70. Ia memiliki efek film yang banyak, termasuk di dalamnya berbagai gaya Polaroid. Ia bahkan memiliki stokefek  film yang rusak dan expired., juga membuatmu dapat menambahkan berbagai efek tambahan seperti sidik jari, kotoran, dan tekstur frame.

 

fake polaroid, fauxlaroid, iphone, camera+, camera plus

Camera+

Kamu memiliki aplikasi Camera+? Ia memiliki fauxlaroid tersembunyi di dalam aplikasinya. Memang ia tidak memiliki ‘one click’  efek tetapi jika kamu mengkombinasikan salah satu efek retro analog dengan “Instant Border’ maka kamu dapat menciptakan Polaroid-style foto.

 

fake polaroid, fauxlaroid, iphone, camerabag

Bonus: CameraBag

Jika kamu cukup beruntung memiliki aplikasi CameraBag untuk iPhone sebelum aplikasi tersebut dihapus, kamu memiliki salah satu aplikasi terbaik dalam meniru efek Polaroid. Frame bergaya SX-70 tampak seperti aslinya. Aplikasi ini memberimu berbagai efek Polaroid yang menarik. Sayangnya, hal ini tidak terjadi pada versi terbarunya, CameraBag 2. Pada versi ini, efeknya tampak sedikit terlalu ‘over saturated’. Framenya juga berubah dari SX-70 menjadi sesuatu yang….jelek…

Demikianlah 5 aplikasi yang bisa membuatmu kembali ke masa lalu, selamat mencoba dan selamat bernostalgia.

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article Source: http://goo.gl/1Qxnn8

 

Add a comment

Skip to toolbar