iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Memotret Gerhana Matahari Menggunakan Mobile Phone

Memotret Gerhana Matahari Menggunakan Mobile Phone

Kamu udah baca iPhonesia Fun Fact? Kalau belum coba cek hashtag #iPhonesiaFunFact di Instagram. Nah di situ ada berita bahwasanya Indonesia bakal jadi lokasi terbaik untuk melihat gerhana matahari 2016 yang akan berlangsung bulan maret nanti.

Fenomena alam tersebut sudah barang tentu bakal menjadi objek foto yang menarik. Tetapi apakah kita yang menggunakan mobile phone dapat turut serta mengabadikannya? Tentu saja bisa, memang tidak akan semaksimal menggunakan DSLR tetapi dengan segala keterbatasannya dengan mengikuti tips di bawah ini kita bisa juga kok bersenang-senang dengan sang gerhana matahari.

Lindungi mata mu.

It's not a good idea to look directly at the Sun

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah janganlah melihat langsung ke arah matahari. Percaya atau tidak, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada indera penglihatanmu. Meskipun memang dengan melihatnya melalui layar hadnphone tidak akan merusak mata mu, tetapi dengan mengarahkan kamera mu ke arah Matahari akan membuat mata mu mudah terpapar cahaya. Demi keamanan, gunakanlah kacamata hitam atau kacamata khusus gerhana.

 

Maksimalkan kekuatan smartphone mu

Most smartphones have a small lens with a very wide angle - so you're not going to be able to take a close-up of the

Smartphone memiliki sensor dan lensa yang kecil dengan sudut yang sangat lebar, sehingga hampir mustahil untuk memotret gerhana yang memenuhi gambar karena untuk itu diperlukan sebuah lensa telephoto. Maka dari itu, daripada kamu memaksakan untuk mengambil foto seperti itu, lebih baik untuk memotret keadaan sekitar pada saat gerhana.

 

Pilihlah scenery mu

If you're in a city it's a good idea to find a bridge or a tall building to shoot from

Jika kamu berada di pedesaan, carilah sebuah lapangan kosong dengan pepohonan berjejer di horizon, atau mungkin dengan beberapa binatang seperti kuda dan sapi dan cobalah untuk menangkan bagaimana scenery berubah sama sekali selama gerhana, jangan lupa untuk tetap memasukkan matahari di dalam frame.

Sedangkan bila kamu berada di perkotaan, cobalah untuk menuju atap gedung atau jembatan di mana dari situ kamu bisa memotret situasi kota saat gerhana.

 

Memiliki Rencana

There are lots of websites which let you know exactly where the Sun will be at a particular time

Ada banyak sekali ‘Kalkulator Matahari’ di internet yang bisa menghitung kapan tepatnya gerhana terjadi di lokasi mu. Cobalah untuk mengambil beberapa kali foto percobaan di jam yang sama di hari-hari sebelum gerhana akan terjadi.

Gunakan Tripod

Jika kamu ingin mendapatkan sebuah framing yang berharga atau time-lapse, cukup penting artinya untuk berinvestasi pada tripod atau Gorillapod yang dapat kamu tempatkan di mana saja.

Membuat timelapse

Kamu tidak akan bisa mendapatkan foto seperti di atas menggunakan mobile phone, maka lebih baik untuk merekam perubahan yang terjadi selama gerhana.

Cahaya yang tidak biasa adalah hal yang menjadi perbedaan pada saat gerahan, jadi mengambil beberapa foto pada beberapa jarak waktu akan lebih baik daripada hanya mengambil satu foto saja. Dengan timelapse kamu akan mendapatkan gabungan foto dan video sekaligus yang dapat merekam terjadinya perubahan cahaya.

 

Ada banyak sekali aplikasi untuk membuat video time-lapse seperti Framelapse dan Lapse It – tetapi OS terbaru iPhone juga memiliki fungsi ini secara built-in. Mulailah sekitar setengah jam sebelum gerhana terjadi, dan rekamlah pergerakan awan, bayangan, dan perubahan cahaya selama gerhana.

 

 

 

Gunakan Lensa Tambahan

The Olloclip lets you have put a small telephoto lens onto your smartphone

Ada banyak sekali aksesori tambahan yang bisa kamu tambahkan ke smartphone mu seperti Olloclip, yang dapat berfungsi sebagai lensa tele mini.

 

Memang tidak akan mendapatkan foto seperti yang dimiliki para photographer National Geography tetapi setidaknya kamu memiliki frame yang bervariasi.

Bereksperimenlah

Instead of focusing on the Sun, why not take portraits of people - like these cool dudes in 1999

 

Kenapa tidak memotret foto portrait di saat gerhana terjadi? Bereksperimenlah dengan berbagai jenis photo, jangan hanya terpaku pada sang Matahari tetapi perhatikan juga sekeliling mu dan berkreasilah sekreatif mungkin.

 

Nah setelah mengetahui tips-tips untuk memaksimalkan mobile phone mu di saat gerhana matahari, saatnya membuat janji untuk hunting foto bersama-sama. Yuks?!

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and photo source: http://goo.gl/b3jRx8

Add a comment

Skip to toolbar