iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Mencetak Foto Hasil iPhone – Part II

Mencetak Foto Hasil iPhone – Part II

Setelah kita mengenal istilah-istilah teknis dan mengerti tentang hal-hal apa saja yang perlu kita ketahui sebelum mencetak photo iPhone kita di artikel: http://iphonesia.com/?p=8817  sekarang saatnya kita menuju sisi aplikatifnya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencetak foto iPhone kita, yaitu:

Mencetak Foto Mu di Rumah

Jika kamu akan sering mencetak foto dalam ukuran kecil pada kertas photo, maka berinvestasi pada home printer yang bagus adalah sebuah opsi yang bagus pula.

Tapi perlu diingat sebagai tambahan dari membeli printer sendiri, kamu juga akan perlu untuk membeli tinta. Mencetak di rumah dapat berakhir dengan lebih mahal dibanding menggunakan jasa cetak, tapi ia memberi mu fleksibilitas yang lebih dan pilihan untuk mencetak apapun yang kamu mau.

iPhone Photos Publicity 58

Dengan begitu banyaknya printer di pasaran, akan cukup menyulitkan dalam memilih mana yang harus dibeli. Mendapatkan rekomendasi dari teman atau fotografer professional adalah awal yang baik, dan juga cek online review sebelum kamu memutuskan untuk membeli.

Untuk kualitas cetak rumahan, sebuah printer inkjet dengan kisaran harga dari Rp. 400 ribuan hingga Rp. 8 jutaan sudahlah cukup. Sebagian besar printer ini dapat mencetak maksimum hingga ukurn A4, jadi kalau kamu ingin mencetak dalam ukuran yang lebih besar kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli printer A3.

Kalau kamu ingin mencetak langsung dari iPhone (tanpa harus menggunakan komputer), kamu memerlukan sebuah printer wireless yang memiliki kemampuan Apple AirPrint (teknologi yang membuat iPhonemu dapat berkomunikasi dengan printer).

Untuk mencetak melalui printer AirPrint, kamu cukup membuka gambar pada aplikasi photo pada iPhone mu, tap icon share (kotak dengan panah) pada bagian kiri bawah pada layar, lalu tap opsi Print.

iPhone Photos Publicity 47

Saat mencetak di rumah, pertimbangkan tipe kertas yang akan kamu gunakan karena ia akan membuat perbedaan yang besar. Mencetak pada kertas biasa tidak akan menghasilkan hasil cetak yang bagus. Photo paper berkualitas tinggi akan memproduksi foto yang jauh lebih bagus.

Ada tipe kertas foto yang berbeda-beda menurut finishing nya, dan mereka juga terdiri dari ketebalan yang berbeda. Kalau kamu ingin hasilnya berkilap, pilihlah kertas glossy. Kalau kamu tidak menginginkan yang berkilap, pilihlah kertas matte.

Ingatlah bahwa cetakan glossy biasanya lebih memperlihatkan masalah kualitas. Kertas glossy didesain untuk menampilkan foto sejelas mungkin, vibrant, dam high contrast. Kertas Matte lebih berpori dan dapat lebih fleksibel terhadap kualitas foto.

Gunakan Portable Hand-Held Printer

Kalau kamu ingin mencetak foto mu secara instant, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli sebuah portable hand-held printer seperti Instax Printer dari Fujifilm.

Print Instagram Photos iPhone 6

Device berbentuk kompak ini membuatmu dapat mencetak foto dari iPhone mu secara wireless di bawah satu menit. Intinya, ia merubah iPhone mu menjadi sebuah kamera polaroid, membuatmu dapat mencerak foto secara instant untuk dibagikan kepada orang lain atau disimpan untuk diri sendiri.

Print Instagram Photos iPhone 4

Sayangnya harganya tidaklah murah, kamu harus merogoh kocek kurang lebih Rp. 2.500.000. Tapi demi sebuah pengalaman seru, why not?

Order Cetakan Mu Secara Online

Kalau kamu tidak ingin mencetak foto mu di rumah, atau kamu ingin mencetak gambar mu dalam format yang tidak standard seperti photo book, calendar, kanvas, dll. kamu dapat menggunakan jasa cetak untuk melakukan pekerjaannya untuk mu. Salah satu yang sudah cukup teruji kualitasnya adalah http://www.printerous.com/en dimana di situ kamu bisa mencetak foto mu menjadi photo book, magnet, tas, hingga bantal!

Screen Shot 2015-10-28 at 9.26.06 AM

Kesimpulan

Baik kamu mencetak jepretan iPhone mu di rumah, atau menggunakan online service untuk menciptakan produk cetakan yang indah, oenting artinya untuk mengerti tentang hal-hal dasar tentang ukuran cetak dan kualitasnya.

Mengetahui seberapa besar kamu dapat mencetak foto mu, dan pada kualitas seperti apa, akan membantumu dalam membuat keputusan yang tepat setiap kali kamu mencetak sebuah gambar.

 

iPhone Photo Print Sizes 6

Di saat cetakan kecil memberimu kualitas gambar yang terbaik, jangan lupa bahwa cetakan berukuran lebih besar yang dipasang di dinding biasanya dilihat dari jauh. Dan jika kamu tidak melihatnya dari jarak dekat, besar kemungkinan kamu tidak akan menyadari akan adanya penurunan kualitas pada gambar.

iPhone Photos Publicity 15

Selamat mencoba, ingatlah bahwa mencetak adalah garis ‘finish’ pada sebuah rangkaian fotorafi. Rasakan sensasinya!

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Source: http://iphonephotographyschool.com/print-photos/

 

Add a comment

Skip to toolbar