iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Mencetak Foto Hasil iPhone

Mencetak Foto Hasil iPhone

Apakah kamu sudah cukup puas menikmati hasil karya fotomu di sebuah layar kecil? Atau kamu ingin dapat memegangnya, memajangnya di luar tamu, atau bahkan membuat sebuah album yang berisi jejak-jejak kehidupanmu?

Di jaman modern sekarang ini sebagian besar orang tampaknya sudah puas dengan hasil foto digital, tetapi percayalah ada sensasi dan romantisme yang berbeda saat kita dapat memegang hasil cetak foto kita sendiri. Seperti pacaran melalui facetime tentu saja berbeda dengan pacaran berhadapan langsung.

Pertanyaannya sekarang adalah, bisakah mencetak foto yang berasal dari iPhone? Tentu saja bisa, tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Seberapa besar kamu dapat mencetak fotomu?

Ini adalah pertanyaan dasar sebelum kamu mencetak foto iPhone mu.

Jawabannya adalah tergantung kualitas yang kamu inginkan, apakah sangat bagus, bagus, atau biasa saja. Table di bawah ini menunjukkan ukuran print maksimal tergantung 3 standard kualitas.

 

iPhone Photo Print Sizes 21

Seperti dapat kamu lihat, semakin tinggi kualitas cetaknya, semakin kecil hasil cetaknya. Dan semakin besar kamu mencetak fotonya, maka kualitasnya akan semakin jelek.

Mengapa? Karena foto digital terbuat dari jutaan pixel kecil (kotak-kotak warna individual yang membuat sebuah gambar lengkap).

 

iPhone Photo Print Sizes 10

Saat kamu meningkatkan ukuran dari cetakan, kamu juga meningkatkan ukuran dari pixel. Bila pixel tersebut menjadi terlalu besar, maka gambarmu akan tampak ‘pixelated’. Dari pada gambar yang smooth dan tajam, ia malah tampak kabur karena kotak-kotak pixelnya terlalu besar.

Jadi semakin kecil kamu mencetak fotomu, semakin tajam, halus, dan kualitasnya akan tampak lebih baik. Sebaliknya semakin besar kamu mencetak, semakin banyak kompromi yang harus dilakukan berkenaan dengan kualitas gambarnya.

 

iPhone Photos Publicity 14

Semakin banyak Pixel berarti semakin besar hasil cetak.

Jumlah pixel di dalam foto mu menentukan seberapa besar kamu dapat mencetak dengan kualitas tinggi. Semakin banyak pixel di dalam gambar mu, semakin besar juga kemampuannya untuk dicetak tanpa menjadi kabur dan ‘pixelated’.

Pada table di atas terdapat 2 kolom ukuran cetak, tergantung dari model iPhone mana yang kamu gunakan. Ini karena jumlah pixel pada iPhone terbaru berbeda dibanding model-model terdahulu.

 

Apple Live Photos iPhone 6s 6

iPhone 4s, 5, 5s, 6, dan 6 plus kesemuanya memiliki kamera 8 megapixel, yang berarti fotomu berisi 8 juta pixel.

iPhone 6s dan 6s plus keduanya memiliki kamera 12 megapixel, yang berarti fotomu berisi 12 juta pixel.

Kenaikan dari 8 megapixel ke 12 megapixel adalah sangat besar, dengan arti gambarnya menjadi 50% lebih besar. Jadi jika kamu memiliki 6s atau 6s plus, kamu akan dapat mencetak foto yang jauh lebih besar sebelum kualitasnya menurun.

 

iPhone Photos Publicity 12

 

Kualitas cetak seperti apa yang kamu butuhkan?

Tipe cetakan yang kamu buat biasanya menentukan kualitas seperti apa yang ingin kamu cetak. Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan: Seberapa penting kualitas gambar? Dari jarak berapa jauh foto tersebut akan dilihat?

Sebagi contoh, kalau kamu seorang wedding photographer, kualitas sangatlah penting. Klien mu akan mengharapkan hasil cetak berkualitas tinggi dan biasanya akan dilihat dari jarak dekat. Karena itu, disarankan untuk tidak mencetaknya terlalu besar.

Jika kamu mencetak beberapa foto keluarga untuk digantung di dinding atau ditempel di kulkas, kamu harus dapat menerima penurunan kualitas agar kamu dapat mencetak dengan ukuran yang lebih besar. Lagipula biasanya jenis foto ini dilihat dari jarak jauh, sehingga kemungkinan besar kamu tidak akan menyadari adanya penurunan kualitas.

iPhone Photos Publicity 17

Jika kamu ingin mencetak foto dengan ukuran sangat besar (seperti di kanvas untuk digantung di dinding seperti contoh di atas) kamu akan harus mencetaknya pada kualitas yang bahkan lebih rendah. Tetapi, gambar seperti ini biasanya dilihat dari jarak yang lebih jauh lagi, dan semakin jauh kamu berdiri dari gambar, semakin kecil kemungkinan kamu menyadari adanya masalah pada kualitas.

Jadi meski kamu menginginkan kualitas cetak yang terbaik, cetakan yang lebih besar, dan lebih rendah kualitasnya akan tampak baik-baik saja selama kamu tidak melihatnya dari jarak dekat.

 

Mengerti PPI (Pixels Per Inch)

Saat kamu mencetak sebuah foto, ia akan dicetak dalam satuan PPI (pixels per inch), seperti 300 PPI, 200 PPI, 150 PPI, dll. Kamu akan sering melihat angka-angka tersebut saat mencetak foto mu sendiri. Tetapi apa arti sebenarnya dari angka-angka tersebut?

Semakin banyak kamu masukkan jumlah pixel dalam 1 inch dari cetakanmu (PPI tinggi), semakin kecil pixel yang diperlukan untuk dapat masuk dalam ‘ruang’ tersebut. Hasilnya adalah ukuran cetak yang lebih kecil, dengan kualitas yang tinggi karena pixelnya berukuran kecil.

Jika kamu mencetak dengan PPI sangat rendah, dibutuhkan pixel yang lebih besar untuk mengisi setiap inch dari foto. Hasilnya adalah ukuran cetak yang lebih besar dengan kualitas yang lebih rendah.

 

iPhone Photos Publicity 16

Jadi semakin tinggi PPI, akan semakin kecil hasil cetaknya, dan semakin baik kualitas yang tampak. Semaki rendah PPI, semakin besar hasil cetaknya, dan kualitasnya akan semakin buruk.

Berikut adalah informasi lebih detail untuk ukuran cetak maksimum dalam pengaturan kualitas yang berbeda, termasuk nilai PPI yang menghasilkan kualitas cetak yang berbeda-beda.

 

iPhone Photo Print Sizes 20

Jadi jika kamu memiliki iPhone 6s dan kamu ingin mencetak dengan kualitas setara professional pada angka 300 PPI, ukuran cetak terbesarmu adalah 36 x 24 cm. Tetapi jika kamu tidak keberatan untuk mencetak dengan 150 PPI, maka kamu dapat mencetak foto dalam ukuran yang jauh lebih besar.

 

Itulah beberapa hal teknis yang perlu kamu ketahui sebelum kamu mencetak foto iPhone mu, semoga bisa membantumu dalam menentukan seberapa besar kamu ingin mencetak, dan kualitas seperti apa yang bisa kamu ‘terima’.

Pada artikel berikutnya kita akan membahas mengenai cara-cara mencetak foto hasil dari iPhone mu. Stay tune!

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article Source: http://iphonephotographyschool.com/print-photos/

 

Add a comment

Skip to toolbar