iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Mengatasi Rasa Takut Pada Street Photography Bagian I

Mengatasi Rasa Takut Pada Street Photography Bagian I

IMG_1197

Street photography adalah sebuah genre photo yang sangat menarik karena menjanjikan berbagai kisah untuk diceritakan melalui gambar sekaligus mudah untuk diciptakan karena objek dan subjeknya banyak tersaji di sekitar kita. Tetapi mengapa tidak banyak yang melakukannya? Bahkan jumlah pelaku genre ini kalah dibandingkan dengan landscape yang memerlukan usaha lebih hanya untuk mencapai objek photonya. Salah satunya dikarenakan genre street photography memiliki sebuah hambatan yang cukup besar yaitu “Ketakutan”. Takut akan apa? Takut terhadap orang asing yang memang menjadi salah satu subjek paling penting di dalam street photography.

Nah, pada tutorial kali ini kita akan mempelajari berbagai cara mengatasi ketakutan tersebut sehingga kamu akan dapat menciptakan sebuah karya street photo yang penuh cerita. Apa saja cara-cara tersebut? Ini dia..

1. Memotretlah Di Tempat Ramai

Hal tersulit dalam mengarahkan kamera iPhone mu ke orang asing adalah mereka mungkin akan melihat mu. Jadi sebuah trik yang bagus adalah dengan mencari tempat ramai agar kamu dapat berbaur dengan sekeliling mu.

Pasar, mall, stasiun kereta, simpang jalan, dan bahkan pertokoan dan cafe menyediakan tempat yang bagus untuk memotret scene kehidupan jalanan.

 

Processed with VSCOcam with e5 preset Processed with VSCOcam with e5 preset

Tempat apapun dimana orang-orang terlalu sibuk dengan kehidupan sehari-hari mereka akan menjadi titik awal yang bagus untuk memotret subjek tanpa terlihat.

2. Berhati-hatilah

Di manapun kamu memotret, sebisa mungkin berhati-hatilah. Begitu orang menyadari mereka sedang dipotret, mereka akan merubah perilaku mereka dan kamu tidak akan mendapatkan jepretan candid yang alami yang sangat berguna dalam dunia street photography

Perilaku yang alami membutuhkan perhatian yang sedikit, jadi janganlah berdiri di tengah jalanan dengan iPhone di depanmu. Berdiri atau duduklah di suatu tempat yang tidak disadari orang-orang.

 

Processed with VSCOcam with e2 preset

Jika kamu berada di luar sendirian, sebuah strategi yang bagus untuk mengalihkan perhatian orang dari diri mu adalah dengan mendengarkan musik menggunakan earbuds. Hal ini akan membuatmu merasa seperti seorang pengamat dan membantu mu dalam memisahkan diri dari reaksi yang tidak diinginkan.

Tips lainnya adalah dengan menggunakan Apple earbuds sebagai “shutter release” saat mengambil photo.

 

iPhone Street Photography Confidence 9

Jika kamu melihat sebuah moment yang ingin kamu potret, tetapi kamu merasa bahwa sang subjek akan menyadari mu, tetaplah menggerakkan iPhone mu seperti sedang mengambil gambar lingkungan sekitar. Cobalah untuk tidak menonjolkan fakta bahwa kamu sedang memotret seseorang.

3. Jelajahi Tempat Baru

Menjelajahi tempat baru atau kota yang berbeda biasanya akan mempermudah dalam memotret dengan percaya diri. Jika kamu merasa sebagai pengunjung, akanlah lebih mudah dalam membuatmu merasa nyaman.

Sebagai seorang turis kamu akan lebih terbuka dalam mengambil berbagai macam photo, sehingga kamu cenderung menjadi lebih berani, terutama saat memotret orang asing.

 

iPhone Street Photography Confidence 20

Kamu tidak perlu selalu pergi berlibur untuk menjadi seorang turis. Cukup mengunjungi daerah baru di kota mu, atau kota terdekat yang belum pernah kamu kunjungi, akan memberi mu anonimitas yang kamu butuhkan.

4. Menceritakan Sebuah Kisah

Adalah sebuah seni untuk menceritakan sebuah kisah melalui sebuah photo dan orang-orang yang kamu temui di jalanan. Kapanpun kamu melihat sesuatu yang ingin kamu bagikan kepada dunia, pikirkan tentang bagaimana cara terbaik dalam menceritakannya di dalam photo.

iPhone Street Photography Confidence 15

Mood seperti apa yang ingin kamu sampaikan di dalam kisah mu? Apakah sesuatu yang lucu, misterius, sedih, gembira, atau sesuatu yang dekat dengan perasaan mu.

Cobalah untuk memotret bahasa tubuh dan ekspresi wajah dari sebuah subjek. Hal ini akan dapat membuatmu mengekspresikan emosi di dalam photo mu, yang sekaligus dapat membantumu dalam mengisahkan sebuah cerita yang kuat. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian orang dan membuat mereka berpikir.

 

Processed with VSCOcam with e5 preset

Jika kamu tidak menangkap emosi atau bercerita di dalam gambar mu, mereka tidak akan memiliki dampak seperti yang kamu harapkan.

Tetapi jika kamu dapat menceritakan sebuah kisah yang keren dengan memilih subjek menarik dan memencet tombol shutter pada waktu yang tepat, ia akan memberi mu kepercayaan diri dan motivasi untuk memotret lebih banyak lagi orang asing di jalanan.

 

5. Ikuti Interaksi Manusia

Sebelum kamu memulai memotret, perhatikan terlebih dahulu orang-orang di sekitarmu. Diam di sebuah titik selama 30 menit, dan lihat berbagai hal yang terjadi. Perhatikan apa yang orang-orang lakukan, kemana mereka pergi, dan bersama siapa mereka.

Jalanan adalah tempat sibuk yang penuh dengan orang-orang yang melakukan kegiatan harian mereka, jadi berkelilinglah, jelajahi berbagai tempat, dan perhatikan sekeliling untuk menemukan kesempatan photo yang menarik.

 

iPhone Street Photography Confidence 22

Saat kamu melihat sebuah kisah yang akan terjadi, yang tinggal kamu lakukan adalah memencet tombol shutter pada waktu yang tepat.

Cobalah untuk mengantisipasi sebuah momen sebelum ia terjadi, seperti pasangan yang akan berciuman, anak yang akan menampilkan wajah lucunya, atau angin yang akan menerbangkan topi seseorang.

Begitu kamu melihat sebuah subjek yang menarik, mulailah meotret menggunakan ‘burst mode’ (tekan terus tombol shutter), sehingga kamu dapat memotret sebuah urutan kejadian. Street photography memang memerlukan reaksi dan jepretan yang cepat.

iPhone Street Photography Confidence 14

Jika kamu menemukan lokasi yang bagus, aturlah frame lalu tunggu seseorang berjalan ke dalam scene sebelum memencet shutter. Seperti contoh foto di atas.

Jika kamu selalu siap untuk mengambil photo di waktu yang tepat, kamu akan dengan cepat meraih kepercayaan diri untuk mengangkat iPhone dan merekam interaksi yang terjadi di sekelilingmu.

Bersambung ke bagian II….

-RAA-

-inspired to inspiring-

Photo and Article Source: http://iphonephotographyschool.com/street-photography-fears/

Add a comment

Skip to toolbar