iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Mengatasi Rasa Takut Pada Street Photography Bagian II

Mengatasi Rasa Takut Pada Street Photography Bagian II

12445992_199033397110954_473995425_n

Setelah membaca bagian pertama tentunya kamu sudah mulai mengalahkan rasa takut dalam melakukan street photography. Nah supaya kamu lebih berani dalam menangkap momen-momen penuh cerita yang bertebaran di jalanan, kita lanjutkan pembahasannya yuk.

6. Beranilah

Saat kamu mulai lebih percaya diri dalam mengambil foto orang asing di jalanan, saatnya menanang dirimu sendiri untuk mengambil foto orang-orang dari perspektif yang lebih dekat.

Lokasi yang bagus untuk memulai adalah di dalam kereta atau bus yang sibuk, cobalah memotret orang yang sedang duduk atau berdiri di hadapanmu.

Mungkin kamu tidak akan menemukan seseorang yang bagus untuk dipotret, tetapi ini adalah sebuah cara yang mudah untuk memulai. Seharusnya hal ini tidaklah begitu menakutkan, dan kamu akan menyadari bahwa saat berdiri dekat dengan subjek mu kamu akan dapat mengambil foto mereka tanpa menimbulkan kecurigaan.

 

Processed with VSCOcam with 2 preset

Alternatifnya, carilah karakter menarik yang duduk di jalanan. Biasanya akan jauh lebih mudah untuk mengambil foto close-up saat sang subjek duduk atau berdiri diam.

7. Sopan Dan Menghormati

Dalam street photography, kamu harus dapat menerima kenyataan bahwa kamu menginvasi privasi dari orang yang menjadi subjek mu.

Mungkin saja maksudmu baik, tetapi sekali kamu memutuskan untuk mengarahkan lensa mu ke seseorang tanpa ijin mereka, maka secara langsung kamu menginvasi daerah mereka.

Tidak dapat dihindari bahwa suatu saat subjek mu akan menyadari bahwa kamu sedang memotret mereka. Lalu apa yang seharusnya dilakukan pada situasi seperti ini?

 

Processed with VSCOcam with hb1 preset

Triknya adalah dengan membaca emosi dan bahasa tubuh meereka. Momen di saat pertama kalinya mereka ‘menangkap basah’ kamu biasanya menjelaskan semuanya.

Tampaknya memang tidak ada alasan mengapa seseorang harus marah terhadap mu saat mengambil foto mereka, tetapi biasanya ini terjadi sesederhana karena memang seseorang sedang tidak mau dipotret.

Sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana untuk berperilaku bersahabat. Ingatlah bahwa dengan teknik apapun yang kamu gunakan, kamu tetap menginvasi privasi seseorang.

Jika terlihat bahwa seseorang tidak ingin foto mereka diambil, hargai keingingan mereka dan turunkan iPhone mu.

 

Processed with VSCOcam with hb1 preset

Jika mereka mendekati mu dan bertanya tentang apa yang sedang kamu kerjakan, jelaskan bahwa kamu adalah seorang street photographer dan tunjukan foto yang baru saja kamu ambil.

Jika mereka tampak tidak senang dan memintamu untuk membuang foto tersebut, hormati mereka dan hapus fotonya dari iPhone mu.

 

8. Senyum

Sangatlah lucu bagaimana sebuah senyuman memliki efek. Jika kamu memotret seseorang dengan iPhone mu dan memberikan pandangan yang aneh, cukup tersenyum dan katakan hallo. Bahkan beberapa orang yang tampak ‘sulit’ akan tersenyum balik.

Processed with VSCOcam with hb1 preset

Cobalah untuk tampak bersahabat. Jika kamu secara jelas tampak seperti menyimpan rahasia, makan hal ini akan menimbulkan kecurigaan. Sebuah senyum bersahabat, anggukan atau sapaan akan membantu meringankan mood yang ada.

Mungkin mereka juga akan meminta untuk melihat apa saja yang sudah kamu ambil. Mungkin mereka akan merasa tersanjung, dan jika kamu menawarkan untuk mengirim foto nya melalui email hal ini akan juga membantu meringkankan suasana. Atau jika mereka merasa terganggu, kamu tinggal menghapus foto mereka.

 

9. Minta Ijin

Bertanya kepada seseorang tentang apakah kamu boleh mengambil foto mereka akan merubah pendekatan candid yang alami. Akan tetapi, beberapa orang akan menghasilkan sebuah subjek yang menarik, meski mereka secara sadar berpose untuk difoto.

iPhone Street Photography Confidence 2

Ada banyak orang yang menyukai diri mereka dipotret dan suka melakukannya. Dalam hal ini kamu mungkin bisa mempelajari sedikit tentang siapa mereka, sehingga foto mu akan memiliki cerita lebih.

Hal terburuk yang dapat terjadi adalah mereka berkata tidak. Jadi janganlah takut untuk mendekati seseorang, semakin sering kamu lakukan akan semakin mudah untuk dilakukan.

 

10. Jangan Menyerah

Saat pertama kali kamu keluar untuk melakukan street photography, sekeras apapun kamu mencoba atau sebagus apapun teknik yang kamu miliki, sebagian besar hasilnya akan sangat biasa dan kamu akan merasa tidak produktif.

Kamu mungkin akan kembali ke rumah setelah seharian di jalanan tanpa memiliki apapun untuk ditunjukkan. Tetapi keseluruhan pengalaman mulai dari bangun pagi, jalan berkeliling, dan memperhatikan orang tidaklah tidak produktif, mereka akan membantu mu dalam membangun kepercayaan diri dalam memotret orang asing.

 

Processed with VSCOcam with e5 preset

Terkadang kamu tidak selalu dapat langsung menyadari bahwa kamu mendapatkan sebuah foto yang bagus, dan banyak photographer yang membiarkan sebentar jepretan jalanan mereka sebelum mereka melihatnya.

Jadi janganlah menyerah jika kamu merasa tidak mendapatkan jepretan yang bagus. Mungkin kamu akan mendapatkannya saat  kamu melihatnya kembali di keesokan harinya dengan persepektif yang baru.

Dan akan selalu ada hari esok untuk mencoba. Teruslah memotret sesering yang kamu bisa, dan dengan segera kamu akan mulai dapat mengetahui apa yang dapat bekerja dan apa yang tidak.

Sometimes you can’t always tell if you’ve caught a great shot, and many photographers will let their street captures sit for a while before looking at them.

So don’t give up if you feel like you didn’t get any good shots. You might find that looking back through your photos the next day will give you a fresh perspective.

And there’s always tomorrow to give it another go. Just keep shooting as often as you can, and you’ll soon start to know what works and what doesn’t.

11. Edit Photo Mu

Setelah masa pemotretan, kembalilah ke rumah dan lihatlah photo-photo mu secara seksama. Tetapi jangan terlalu cepat untuk menghapus sebuah foto yang tidak kamu sukai. Terkadang sedikit ‘post process’ menggunakan aplikasi editing dapat merubah tampak dari sebuah foto secara keseluruhan

iPhone Street Photography Confidence 5

Berkenaan dengan mengedit street photography, cobalah untuk menyederhanakan foto mu untuk menempatkan lebih banyak fokus terhadap sang subjek.

Hal ini mungkin akan melibatkan ‘cropping’ untuk menghilangkan gangguan atau meningkatkan komposisi. Kamu juga dapat menyingkirkan objek yang tidak diinginkan menggunakan aplikasi seperti TouchRetouch. Dan membuat bayangan lebih gelap akan membantu mengarahkan pandangan ke area yang lebih terang di dalam scene.

Pikirkan juga tentang warna di dalam foto mu. Apakah mereka akan tampak lebih baik jika saturasinya ditambah, atau justru akan lebih baik jika warna tersebut dihilangkan sama sekali.

 

iPhone Street Photography Confidence 24

Editan hitam putih biasanya akan menciptakan gambar yang lebih bersih, terutama jika adanya gangguang pada background. Ia juga dapat mengangkat mood dan atmosfir dari sebuah tempat dan seseorang.

Jika kamu tidak yakin gunakan editing berwarna dan hitam putih, lalu lihat mana yang paling cocok dengan mood yang diinginkan.

Setelah editing, kamu akan memiliki lebih banyak foto yang akan kamu sukai. Dan hal ini akan membuatmu ingin keluar lebih banyak dan mengambil lebih banyak foto jalanan dengan iPhone mu.

 

=====

11 tips sudah kita bahas, sekarang saatnya kamu menaklukkan rasa takut dan menguasai jalanan untuk menangkap cerita-cerita tentang kehidupan yang terjadi di sekeliling kita dan menjadikannya abadi dalam sebuah gambar yang bercerita. Selamat jepret and be invisible!!

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and Photo Source: http://iphonephotographyschool.com/street-photography-fears/

Add a comment

Skip to toolbar