iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Seni Panorama di iPhone

Seni Panorama di iPhone

 

unnamed-3

Kalau kamu mulai bosan sama foto ukuran 3 x 4 dan kawan-kawannya, saatnya kamu berpikir keluar dari pakem, mencoba sesuatu yang berbeda, panorama contohnya.

Beberapa waktu lalu, Instagram untuk pertama kalinya dalam sejarahnya mengijinkan kita untuk mengupload foto dengan format selain kotak, yang sekaligus menjadi pembuktian bahwa memang fotografi dapat hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dan salah satu format alternatif yang paling extreme bisa jadi adalah panorama, yang merupakan gabungan dari beberapa image yang “dijahit” bersama.

unnamed-4

Buat kamu pengguna iPhone tentu kamu familiar dengan jenis foto seperti ini. Lagipula, ia telah menjadi opsi dalam aplikasi kamera bawaan sejak iOS 6. Tetapi yang mungkin kamu belum tahu adalah potensi dari mode panorama ini yang lebih dari sekedar mengambil foto dengan sudut lebar. Apa aja? Kita pelajari yuk beberapa pengetahuan dari René Charles Ritchie (@renecharlesritchie) berikut ini.

Hal-hal Dasar

Sebelum kamu mulai bereksperimen, ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui agar supaya menjaga foto panorama mu terlihat ‘smooth’. Yang paling jelas adalah, gerakan yang pelan dan stabil membantu iOS dalam menyatukan bagian-bagian gambar. Tantangan paling utama, bagaimanapun, adalah expsosure. Saat kamu memotret, akan selalu ada berbagai variasi dari jumlah cahaya. Karena alasan ini lah, Ritchie menyarankan penggunaan kontrol manual, “Pastikan untuk mengunci exposure dan fokus di tempat yang seharusnya. Aplikasi kamera iPhone dapat melakukan ini dengan mudah”.

unnamed-5

 

Kesempatan Kreatif

Format wide, bersama dengan gambar dengen beberapa layer yang saling overlap, menjadikan mode panorama sangatlah matang untuk eksperimen. Ritchie menemukan hal ini, lama sebelum ia memiliki DSLR, saat memotret menggunakan iPhone 4S tahun 2012 dahulu. Pertama, ia menyadari bahwa ia dapat menciptakan sebuah gambar yang menyerupai gambar yang diambil menggunakan lensa fish eye terhadap subjek yang diambil secara close-up, lalu dilakukan cropping terhadapnya ke format 3×4 yang lebih dikenal.

unnamed-6

 

Ia lalu mencoba teknik lain, yaitu memotret panorama secara vertikal, dalam rangka mengambil gambar yang sangat tinggi sekaligus lebar. Hal ini menuntut tidak terjadinya pergeseran arah saat memotret. Tetapi pada satu kesempatan, Ricthie malah menemukan sebuah efek yang unik.

FullSizeRender

“Dalam salah satu percobaan di Portland, saya secara tidak sengaja memutar smartphone saya sedikit saal melakukan panning ke atas, tetapi kesalahan tersebut malah menjadi sesuatu yang keren. Bangunan yang dipotret tampak miring.  Saya merasakan sesuatu yang sureal terhadap hal ini, maka sejak saat itu saya mencobanya di berbagai tempat”. Ia pun menjadikan trick ini sebagai trademarknya, mempublikasikannya dengan hashtag #swayingstructures.

Processed with VSCOcam with x1 preset

Hal ini memang tampak keren, dan seperti bentuk lain dari panorama, Ritchie menjelaskan bahwa hal ini sangatlah mudah untuk dicapai. “Sangat sederhana. Saat dalam fitur panorama, pegang iPhone mu dalam format landscape, lalu mulailah memotret ke arah atas lalu geserlah arahnya ke kiri atau ke kanan.

Salah satu teknik lain yang populer diantara banyak iPhoneographer adalah 360º photography. Kamu dapat mengambil gamabr panorama seperti ini menggunakan aplikasi Google Street View. Meskipun ia didesain utamanya untuk melakukan mapping, ia juga memiliki aplikasi kamera yang sangat bagus. Untuk mengambil gambar 360º, pilih Spherical Camera pada menu utama. Pencet tombol shutter, dan lalu jaga agar titik pada layar tetap di tengah, berhenti di setiap sesi saat aplikasi memperbaiki gambar. Lalu kamu dapat dengan mudah menyimpan panorama ke Camera Roll mu.

Dengan image yang sama kamu juga bisa menciptakan ‘tiny planet’, saat dimana 360º dibentuk menjadi objek berbentuk seperti kelereng.

19462097436_cb94c1af61_h

Hal ini mungkin dilakukan dengan menggunakan Photoshop, tetapi aplikasi seperti ‘Tiny Planets’ dapat melakukannya secara otomatis untukmu. Dengan panorama yang tepat, hasilnya dapat menjadi sangat menakjubkan.

8416002073_1d03d003c6_b

Editing Halus

Seperti halnya terhadap foto yang lain, sebagian besar panorama akan mendapatkan keuntungan dari beberapa tweak – exposure, saturasi, kontras, highlight, dan shadow. Akan tetapi, ada satu editing yang direkomendasikan oleh Ritchie: “Saya biasanya menambahkan vignette untuk menarik perhatian.” Dengan scenery sangat wide dengan banyak elemen untuk dilihat, menggelapkan sudut foto menajdi pilihan yang baik untuk mengarahlan perhatian ke arah yang benar.

IMG_0161

Teruslah Bereksperimen

Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa segala hal di atas hanyalah sebagai panduan – “Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang berbeda dari apapun yang sedang menjadi trend di social media.” “Kamu mungkin akan menemukan sesuatu yang sangat bagus”.

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and photo sources: http://gnews.id/keyword/article/245/mobile%20photography?url=http://www.enlightapp.com/blog/the-art-of-panorama/

Add a comment

Skip to toolbar