iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Still Life Photography Part I

Still Life Photography Part I

Salah satu tantangan terbesar dalam ‘still life photography adalah menciptakan sebuah mood yang khusus. Sebagai contoh, apakah kamu menginginkan foto mu tampak ringan, gelap, atau tenang? Begitu kamu memiliki sebuah visi di pikiranmu, tinggal bagaimana kamu menciptakan mood tersebut dan membangkitkan emosi tertentu kepada mereka yang melihatnya. Dalam tutorial kali ini kamu akan menemukan lima cara untuk menciptakan berbagai mood yang berbeda dalam foto still life mu, termasuk berbagai tips mengenai subjek, backdrop, warna, pencahayaan dan editing.

 

iPhone Photos Still Life Mood 34

Phillipa Frederiksen‎‎ – iPhone Photo Masters Student

1. Subject

Subjek yang kamu pilih untuk still life mu dapat memiliki dampak yang besar terhadap mood keseluruhan dari sebuah foto.

Di bawah ini adalah beberapa contoh dari berbagai jenis subjek yang berbeda yang dapat digunakan dalam still life photography. Saat kamu melihat kepada masing-masing foto, cobalah untuk membayangkan mood apa yang diciptakan oleh masing-masing subjek.

 

iPhone Photos Still Life Mood 33

Sherry Manners‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Di atas adalah foto close up dari sebuah bulu lembut , di bawah adalah sebuah foto close up lainnya, tetapi kali ini adalah sebuah rantai tua yang berkarat.

iPhone Photos Still Life Mood 31

Chris Baird‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Kedua foto tersebut menangkap tekstur yang indah, tetapi bagaimana mereka mengarahkan perasaan mu dan cerita apa yang ingin mereka kisahkan?

Bagi saya, saya ingin meraih dan menyentuh kelembutan dari bulu itu. Ia menceritakan sebuah kisah tentang keindahan dan kelembutan dari alam, dan betapa rapuhnya mereka.

Dengan foto rantai berkarat, saya dapat membayangkan betapa kasar permukaannya. Ia menceritakan kisah tentang sebuah masa dan penelantaran, juga tentang kekuatan.

Tiga foto di bawah ini berisikan makanan sebagai subjek utama, tetapi mereka menampilkan emosi yang sama sekali berbeda terhadap kita yang melihatnya.

 

iPhone Photos Still Life Mood 12

Lolly Kakumani‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Tentu saja, hal ini sangatlah subjective dan semua orang akan menginterpretasikan sebuah foto dengan cara yang sedikit berbeda. Tetapi bagi saya, foto close up dari roti segar di atas menciptakan perasaan hangat dan nyaman.

Foto di bawah memiliki mood yang lebih berenergi karena ia menunjukkan bagian dari sebuah proses. Sesuatu sedang terjadi. Jamur telah dipotong-potong dan makanan sedang dipersiapkan.

iPhone Photos Still Life Mood 13

Phillipa Frederiksen‎ – iPhone Photo Masters Student

Kontras antara pisau dan jamur juga menciptakan foto yang lebih dinamis. Pisau yang tajam dan metalik, sedangkan jamurnya lembut dan bundar.

Foto di bawah ini mendapatkan reaksi yang berbeda juga. Ia membuat saya merasa sedikit tidak tenang. Ia misterius dan menarik, sekaligus membuat saya berpikir tentang cerita apa yang terdapat di balik scene tersebut.

 

iPhone Photos Still Life Mood 25

Phillipa Frederiksen‎ – iPhone Photo Masters Student

Ketiganya merupakan foto still life yang sangat bagus, tetapi mereka menciptakan berbagai mood yang sangat berbeda dikarenakan pemilihan subjek yang dipotret.

Apa yang kamu rasakan saat melihat masing-masing foto tersebut? Emosi apa yang mereka bangkitkan? Cerita macam apa yang mereka susun di dalam benak mu?

Tiga foto berikut ini kesemuanya memiliki tema vintage – sebuah jam tua, sebuah bangku tua, dan sebuah surat tua dengan cangkir teh vintage. Tetapi sekali lagi, saya merasa bahwa mereka membangkitkan mood yang sedikit berbeda-beda. Bagaimana menurut mu?

Foto dari sebuah jam tua di bawah ini bercerita tentang waktu yang berlalu. Ia memiliki rasa tentang energi dan ketergesaan karena jarum jam yang berdetak.

 

iPhone Photos Still Life Mood 38

Ioana Sasarman‎ – iPhone Photo Masters Student

Bagi saya, foto dari sebuah buku dan meja tua berikut memunculkan perasaan bahwa waktu berhenti. Ia bercerita tentang momen sunyi dari ketenangan, dan perdamaian,

iPhone Photos Still Life Mood 8

Chris Baird‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Foto terakhir ini juga bercerita tentang sebuah momen tenang dalam keseharian seseorang – duduk dengan secangkir teh. Tetapi ia juga membangkitkan perasaan tertarik saat kamu berpikir tentang apakah isi dari surat tersebut.

Still Life iPhone Photo Composition 49

Peggy Carlaw‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Dengan melihat karya still life dari photographer lain dan membayangkat tentang bagaimana mereka membuatmu merasa, kamu akan mulai mendapat ide lebih baik tentang bagaimana pemilihan sebuah subjek dapat mempengaruhi mood dari sebuah foto.

Kamu kemudian dapat membuat pilihan yang lebih baik tentang subjek mana yang akan kamu gunakan  untuk menciptakan mood yang kamu inginkan.

Tentu saja, ada elemen-elemen lain yang dapat membantu menentukan mood dari foto still life mu, dan juga sebuah subjek tunggal dapat dibuat tampak berbeda-beda tergantung dari settingan dan pencahayaan yang ada saat kamu memotret.

Jadi mari kita bergerak dan melihat beberapa hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menciptakan mood tertentu dalam foto still life mu.

 

2. Background

Tipe backdrop yang kamu gunakan untuk sill life mu dapat memiliki dampak yang besar terhadap mood dari photo. Jadi sebelum memilih sebuah background, kamu harus berpikir tentang mood seperti apa yang ingin kamu ciptakan di dalam gambar.

Apakah kamu ingin menciptakan mood yang ringan? Jika ya, maka biasanya background yang terbaik adalah yang berwarna putih.

 

iPhone Photos Still Life Mood 27

Lalita Jategaonkar Jagadeesan – iPhone Photo Masters Student

Kamu dapat menggunakan sebuah taplak meja putih, sebuah kartu putih, papan bercat putih, atau material putih lainnya yang bisa kamu cari.

Jika kamu menginginkan sebuah gambar yang moody dan dramatis, cobalah untuk menggunakan background berwarna hitam. Ini menciptakan tampilan dan rasa yang sama sekali berbeda

 

iPhone Photos Still Life Mood 4

Luis Fernandez‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Background abu-abu biasanya bekerja sangat baik dalam menciptakan mood yang tenang dan sunyi. Ia kurang terang dan segar dibanding background putih, tetapi tidak semoody yang hitam.

Still Life iPhone Photo Subjects 15

Chris Baird – iPhone Photo Masters Student

Background bernuansa kayu seperti permukaan meja atau talenan dapat menambahkan kehangatan yang alami terhadap foto still life mu. Jadi pertimbangkan untuk menggunakan kayu saat kamu ingin menciptakan perasaan yang tenang dan nyaman di dalam gambar mu.

Still Life iPhone Photo Composition 11

Maria Cristina Gonzalez‎ – iPhone Photo Masters Student

Secara umum, pilihan yang terbaik adalah menghindari background yang sibuk dengan warna yang vivid, tetapi dalam beberapa kasus hal ini dapat berfungsi dengan baik.

Kamu hanya perlu memastikan bahwa warna background melengkapi sang subjek, dan juga bahwa pola yang ada tidak terlalu menarik perhatian.

 

Chris Baird iPhone Photos 13

Chris Baird‎‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Pada foto ini, warna biru menjadi kontras dengan brilian dengan warna kuning dari daun (biasanya biru dan kuning tampak bagus bersama).

Pola garis pada background menambahkan elemen geometris yang kuat ke dalam gambar tanpa menjadi terlalu menganggu.

Kombinasi dari warna, bentuk, dan pola menciptakan sebuah foto still life yang bersemangat dan energetik.

Terakhir, pikirkan tentang bagaimana background yang ada dapat relate dengan subjek dan tema dari foto mu.

 

Still Life iPhone Photo Subjects 34

Jefri Lay‎‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Sebagai contoh, menggunakan amplas berwarna hitam untuk backdrop di dalam gambar ini adalah sebuah cara yang bagus untuk menciptakan sebuah ‘jembatan’ antara background dan subjek-subjek workshop dan peralatan yang menjadi tema dari foto still life ini.

 

-bersambung-

-RAA-

-inspired to inspiring-

From: http://iphonephotographyschool.com/still-life-mood/

Add a comment

Skip to toolbar