iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Still Life Photography Part II

Still Life Photography Part II

Setelah pada bagian terdahulu kita membahas dua hal penting dalam menciptakan karya Still Life Photography, sekarang mari kita bahs tiga hal lain yang tidak kalah pentingnya:

3. Warna

Warna memiliki peranan penting dalam mood secara keseluruhan di dalam sebuah foto. Jadi saat kamu memikirkan tentang subjek dan background seperti apa yang akan kamu gunakan, akan sangat membantu jika kamu mengerti tentang warna.

Menggunakan warna yang serupa sangatlah bagus untuk meningkatkan mood tertentu. Sebagai contoh, memotret sebuah subjek putih menghadap backdrop putih akan meningkatkan mood ringan dan luas.

 

Still Life iPhone Photo Subjects 26

Lilya Ejevichkina‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Di bawah ini adalah contoh lain dari penggunaan warna yang serupa, tetapi kali ini mereka lebih gelap.

Ia menciptakan sebuah gambar yang kompak dan harmonis, membangkitkan perasaan tenang dan nyaman.

 

iPhone Photos Still Life Mood 32

Deena Berton‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Untuk menciptakan komposisi yang lebih dinamis dan energik, cobalah untuk menggunakan warna yang kontras seperti merah dan hijau, atau biru dan kuning/oranye.

iPhone Photos Still Life Mood 45

Cinder Fukunaga‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Kamu dapat menciptakan kontras antara warna dari backdrop dan subjek seperti ditunjukkan pada foto di atas.

Warna yang kontras juga dapat terjadi antara dua subjek yang berbeda warna, seperti merahnya delima dan dan hijaunya kacang polong seperti pada foto di bawah.

 

Still Life iPhone Photo Composition 8

Lolly Kakumani – iPhone Photo Masters Student

Tone dari warna-warna tersebut juga sangatlah penting. Warna yang vivid, bersaturasi tinggi cenderung menciptakan kesan fun dan penuh energi.

Sedangkan warna yang lembut dan pudar seperti bunga mawar di bawah ini cenderung lebih tenang dan santai.

 

iPhone Photos Still Life Mood 46

Jeremy Searle – iPhone Photo Masters Student

Hal lain untuk dipertimbangkan adalah temperatur warna dari subjekmu. Temperatur warna adalah bentangan warna dari dinginnya tone berwarna biru hingga hangatnya merah dan oranye. Sekali lagi, hal ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada mood foto mu.

iPhone Photos Still Life Mood 15

Sheilah Fernandez – iPhone Photo Masters Student

Tone biru yang dingin cenderung membangkitkan perasaan ketentraman, ketenangan, dan bahkan kesedihan. Sedangkan warna yang lebih hangat seperti kuning, oranye dan merah cenderung menciptakan mood yang lebih energik dan bahagia.

iPhone Photos Still Life Mood 30

Lynne Lourdes Lucena – iPhone Photo Masters Student

Satu hal lagi untuk dipertimbangkan adalah bahwa terkadang warna dari sebuah subjeklah yang pertama kali menarik perhatian mu.

Dalam kasus ini, patut untuk mencoba sebuah komposisi dimana kamu mengisi keseluruhan frame dengan sebuah subjek, sehingga gambar tersebut tampil hanya dengan satu warna.

 

iPhone Photos Still Life Mood 20

Maria Cristina Gonzalez – iPhone Photo Masters Student

Hal ini dapat juga memilik dampak yang sangat kuat, sekaligus memperjelas kepada mereka yang melihat bahwa warna dari subjek tersebutlah yang pertama kali menarik perhatianmu.

4. Cahaya

Begitu kamu telah memilih subjek dan background, dan kamu puas dengan kombinasi warnanya, hal berikutnya untuk dipikirkan adalah tentang bagaimana pencahayaan dari scene yang ada di hadapanmu.

Pada umumnya, foto still life tampil terbaik saat disinari oleh cahaya alami dari balik jendela. Dengan mengendalikan jumlah cahaya dan bayangan di dalam scene, kamu dapat dengan dramatis mengubah mood dari foto still life mu.

 

iPhone Photos Still Life Mood 17

Evelyne Sieber Lang – iPhone Photo Masters Student

Ada tiga jenis mood yang dapat kamu ciptakan di dalam gambar still life mu:

  • Terang dan luas
  • Gelap, moody, dramatis
  • Tenang, sunyi, dan intim

Untuk menciptakan still life yang terang dan luas, kamu memerlukan banyak cahaya di dalam scene mu. Mulailah dengan menyusun subjekmu pada sebuah background putih dekat jendela.

Gunakan warna-warna ringan seperti putih dan pastel yang lembut, dengan hanya satu atau dua warna yang lebih gelap jika kamu inginkan.

Meski kamu memerlukan cahaya dalam jumlah besar, tetapi kamu harus menghindari cahaya matahari langsung karena ia akan menciptakan bayangan yang sangat keras di dalam foto mu.

Untuk still life yang terang dan luas, kamu tidak menginginkan sedikitpun bayangan gelap.

 

iPhone Photos Still Life Mood 47

Maria Cristina Gonzalez‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Hari yang mendung akan bekerja dengan baik karena awan-awan akan menyebarkan cahaya, menjadikan bayangan menjadi lebih lembut. Atau memotretlah di dekat jendela yang tidak mendapatkan cahaya langsung.

Jika kamu mendapatkan terlalu banyak bayangan, cobalah untuk menggunakan reflektor putih atau merah (atau bahkan sebuah cermin) untuk mencerahkan area yang gelap tersebut.

Kamu dapat membuat reflektor mu sendiri menggunakan sebuah kartu atau papan putih. Untuk membuat sebuah reflektor perak, gunakanlah tin foil.

Tempatkan reflektor tersebut menghadap jendela, sehingga ia akan memantulkan cahaya ke bagian bayangan dari sang subjek, mengisinya dengan cahaya.

Sebelum kamu menjepret, tap pada layar untuk menentukan titik fokus pada subjek utamamu, lalu swipe ke atas atau bawah untuk mengakses slider exposure. Atur tingkat eksposure untuk memastikan foto nya cukup terang.

Untuk foto yang gelap dan moody dengan banyak unsur drama, kamu perlu untuk mengurangi jumlah cahaya di dalam scene. Kali ini kamu memerlukan sebuah background yang gelap atau hitam.

 

iPhone Photos Still Life Mood 53

Luis Fernandez‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Kamu dapat menggunakan jendela yang sama seperti sebelumnya, tetapi kamu perlu untuk menutup tirainya sehingga hanya tersisa sedikit ruang untuk cahaya masuk.

Bayangan akan membantu dalam menambahkan kesan misterius dan dramatis ke dalam foto mu, hingga kali ini kamu mungkin memerlukan untuk memposisikan sebuah papan hitam menghadap jendela pada bagian berbayang dari sang subjek untuk menyerap sejumlah cahaya dan membuat cahaya menjadi lebih gelap.

Sebelum kamu menjepret, atur tingkat eksposure untuk memastikan bahwa bayangannya gelap, tetapi juga pastikan kamu masih dapat melihat warna dan detail pada subjek yang tersinari.

Jika kamu ingin menciptakan sebuah mood yang tenang dan sunyi di dalam still foto mu, kamu memerlukan cukup banyak cahaya juga beberapa bayangan yang lebih gelap.

 

 

iPhone Photos Still Life Mood 42

Ardys Zoellner‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Tutuplah sedikit tirai mu sehingga subjekmu tersinari cahaya, tetapi pastikan juga adanya bayangan dari sisi subjek yang tidak terkena cahaya sedikitpun. Untuk membuat bayangan lebih gelap, kamu dapat menggunakan sebuah papan hitam untuk meredam sejumlah cahaya.

Menurunkan tingkat cahaya seperti ini akan membantumu menciptakan sebuah mood yang intim dan nyaman, yang dapat memberimu rasa yang lebih lambat dan santai ke dalam foto mu.

Saat cahaya jendela alami biasanya adalah pilihan terbaik untuk still life photography, menggunakan cahaya buatan dari lampu atau lilin dapat berfungsi cukup baik untuk beberapa foto.

 

Still Life iPhone Photo Composition 38

Kimberly Saxton-Heinrichs‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Foto ini adalah sebuah contoh bagus dalam penggunaan cahaya buatan dari sebuah lampu antik. Cahaya buatan cenderung lebih hangat (lebih oranye) dibanding cahaya alami, yang menjadikannya cocok untuk menciptakan rasa yang hangat dan nyaman.

Satu lagi kondisi pencahayaan untuk dipertimbangkan adalah still life photograhy di luar ruangan. Matahari dapat memberikan dampak yang besar kepada foto mu, jadi sangatlah penting untuk memutuskan tampilan dan rasa seperti apa yang ingin kamu ciptakan di dalam gambar mu.

Cahaya matahari yang kuat dapat menciptakan bayangan yang kasar. Terkadang hal ini dapat meningkatkan kualitas foto, tetapi pada saat yang lainnya bayangan tersebut dapat mendominasi foto dan merusak mood.

 

iPhone Photos Still Life Mood 24

Chris Baird‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Pada foto di atas, bayangan dari daun memberi tambahan daya tarik visual dan menambahkan elemen drama ke dalam foto.

iPhone Photos Still Life Mood 1

Chris Baird‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Tetapi jika kamu tidak menginginkan bayangan pada foto mu, kamu harus memotret pada hari yang mendung atau mencari daerah dimana tidak ada cahaya matahari yang langsung mengenai subjek mu.

5. Post-Processing Dengan Aplikasi

Begitu kamu mengambil foto, prosesnya tidak berakhir di situ. Kamu dapat meningkatkan mood dari sebuah gambar menggunakan aplikasi edit foto.

Hal pertama yang kamu lakukan pada tahapan post-processing adalah memeriksa tingkat eksposure karena ia tidaklah selalu sempurna di saat pemotretan terjadi.

 

iPhone Photos Still Life Mood 41

Andres Katz‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Snappseed adalah aplikasi yang sangat bagus untuk mengatur exposure, tetapi ada banyak aplikasi lainnya yang memiliki tools yang serupa. Pada snapseed, kamu harus membuka pilihan Tune Image, dan lalu melakukan swipe ke atas atau bawah pada layar untuk mengakses pilihan pengaturan.

Pilih pengaturan yang kamu inginkan, lalu swipe ke kiri atau kanan untuk meningkatkan atau mengurangi intensitas dari efek tersebut.

Bereksperimenlah dengan mengatur tingkat brightness, contrast, shadow, highlight dan ambience hingga kamu mendapatkan tingkat exposure seperti yang kamu inginkan.

 

iPhone Photos Still Life Mood 19

Ardys Zoellner – iPhone Photo Masters Student

Janganlah takut untuk membuat foto mu lebih gelap atau lebih terang untuk menciptakan mood yang kamu inginkan. Tetapi berhati-hatilah untuk tidak kehilangan terlalu banyak detail pada bagian highlight atau shadow.

Hal berikutnya yang kamu ingin lakukan adalah mengatur warna dari foto mu.

 

iPhone Photos Still Life Mood 28

Jeremy Searle – iPhone Photo Masters Student

Pilihan saturation membuatmu dapat mengatur warna agar lebih vibrant atau lebih pudar, untuk merubah tampilan dan “rasa” dari gambar akhir.

Kamu juga dapat menggunakan warmth adjustment dibawah pilihan tune image untuk menghangatkan atau mendinginkan warna yang ada. Sekali lagi, hal ini dapat dengan dramatis merubah mood dari foto.

 

iPhone Photos Still Life Mood 14

Kimberly Saxton-Heinrichs‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Foto bulu di atas warnanya telah “didinginkan”, menambah kesan biru di kesluruhan frame. Hal ini cenderung menciptakan mood yang tenang dan damai, yang dengan sempurna cocok dengan sang subjek.

Terkadang kamu mungkin berkeinginan untuk menghilangkan warna sama sekali untuk mengubah gambar menjadi hitam putih. Kamu dapat melakuka hal ini dengan mengurangi pengaturan saturasi hingga mentok ke kiri, atau menggunakan filter hitam putih pada aplikasi editing.

 

iPhone Photos Still Life Mood 40

Fiona Grose‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Tetapi hitam putih tidaklah cocok untuk semua jenis foto. Ia cenderung bekerja dengan baik pada gambar yang memiliki area kontras yang tinggi.

Jika kamu ingin lebih kreatif dengan editanmu, ada banyak tools lain di dalam Snapseed, dan masih banyak lagi aplikasi editing yang membuatmu dapat menambahkan berbagai efek artistik ke dalam gambar mu.

 

iPhone Photos Still Life Mood 39

Donna Nivison Flora‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Kamu dapat menambahkan tampilan vintage ke dalam foto mu menggunakan filter vintage di Snapseed atau aplikasi lainnya. Filter vintage cenderung mengurangi warna dan menambah tekstur atau grain untuk membuatnya tampak seperti foto tua.

Kamu dapat menggunakan apliaksi seperti Mextures atau Stackables untuk menambah tekstur, grain, gradien warna, dan efek menarik lainnya ke dalam gambar mu.

iPhone Photos Still Life Mood 36

Deena Berton – iPhone Photo Masters Student

Hal ini berfungsi dengan baik jika kamu memotret subjek mu dengan background polos sehingga kamu dapat menambah warna dan detail ke dalam backdrop. Tetapi pastikan bahwa efek tersebut tidak mengalahkan subjek mu.

Beberapa foto still life mungkin cocok dengan tampilan seperti lukisan, terutama pada komposisi traditional seperti di bawah ini.

 

Still Life iPhone Photo Composition 39

Kimberly Saxton-Heinrichs‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Waterlogue adalah salah satu dari berbagai aplikasi painterly yang dapat membuatmu dapat membuat foto tampak seperti lukisan cat air.

Ada banyak sekali cara mengedit foto untuk meningkatkan mood dan daya tarik estetik, dari pencahayaan sederhana dan pengaturan warna untuk menciptakan editing painterly yang kreatif.   

 

iPhone Photos Still Life Mood 37

Agneta Andersson‎‎ – iPhone Photo Masters Student

Untuk sebagian iPhone photographer, proses editing dapat menjadi sama pentingnya dengan proses pemotretan.

Jadi carilah beberapa aplikasi favorite mu, dan bereksperimenlah dengan editing yang berbeda hingga kamu memperoleh gaya editing yang sesuai dengan foto still life yang kamu ciptakan.

-RAA-

-inspired to inspiring-

Translated from: http://iphonephotographyschool.com/still-life-mood/

 

 

Add a comment

Skip to toolbar