iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Tips Menciptakan Foto Minimalist Bag. II

Tips Menciptakan Foto Minimalist Bag. II

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang apa itu minimalist photography, mengapa ia merupakan salah satu genre terkuat dalam meraih perhatian orang, dan beberapa tips untuk membantu menciptakannya. Sekarang mari kita bahas tips-tips selanjutnya, dengan harapan setelah kamu membaca keseluruhan pembahasan ini kamu akan dapat membuat sebuah foto minimal dengan efek yang maksimal.

4. Gunakan Langit Sebagai Negative Space

Jika kamu memotret di luar ruangan, biasanya akan cukup sulit untuk menemukan dinding yang netral atau sebuah bidang kosong yang luas menghadap subjek yang ingin kamu potret. Dalam kasus ini, sebuah solusi yang sederhana adalah dengan menggunakan langit sebagai background.

Processed with VSCOcam with a3 preset

Jika kamu dapat mengangkat subjek mu, cukup pegang ia menghadap langit dan ambil gambar. Jika subjek mu tersebut bisa dipindahkan, berbaringlah di tanah dan memotretlah dari ‘low angle’, memastikan kamu mendapatkan hanya langit di belakang subjek mu.

Processed with VSCOcam with f2 preset

5. Memotret Warna Yang Kontras

Dua warna yang kontras adalah cara yang bagus dalam menciptakan foto minimalist yang keren. Kamu cukup memastikan bahwa warna dari subjek mu merupakan warna yang kontras jika dibandingkan dengan warna dari negative space, sehingga subjek tersebut tampak terisolasi dari background.

Processed with VSCOcam with f2 preset

Teknik ini adalah sebuah jalan yang mudah untuk memperkuat ‘point of interest’ mu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memutuskan apa yang ingin kamu potret dan warna apa yang kamu inginkan di dalam gambar. Bunga pink di atas tampak menonjol berhadapan dengan langit biru, menciptakan sebuah gambar minimalist yang mencolok

Processed with VSCOcam with f2 preset

Seperti halnya menggunakan background berwarna vivid, coba gunakan background berwarna hitam. Apapun props yang kamu gunakan, dapat dijamin mereka akan tampak menonjol.

6. Gunakan Hanya Sebagian Dari Subjek Mu

Untuk foto mimimalist yang menciptakan kesan misteri, kamu mungkin ingin untuk bereksperimen dengan hanya memasukkan sebagian kecil dari subjek mu di dalam frame. Semakin banyak negative space yang ada, dan semakin sedikit positive space yang terlihat, akan semakin besar misteri yang ada.

Processed with VSCOcam with lv03 preset

Saat memotret manusia, dengan hanya memasukkan lengan dan tangan mereka ke dalam frame sudah merupakan cara yang mudah untuk menciptakan komposisi minimal dengan sedikit misteri. Siapa orang itu? Apa yang ia lakukan? Mengapa ia di situ?

Processed with VSCOcam with a4 preset

Pastikan saja kamu memiliki background polos seperti dinding, lapangan, atau langit di belakang mereka. Kamu juga dapat menggunakan teknik ini terhadap subjek yang lebih besar saat memotret dari jarak jauh.

Processed with VSCOcam with m6 preset

7. Ciptakan Siluet

Jika kamu memotret sebuah objek dengan menghadap langit terang, kamu akan dapat menciptakan siluet yang paling indah dan misterius. Saat matahari terbit atau tenggelam biasanya adalah waktu terbaik untuk menciptakan siluet.

Processed with VSCOcam

Posisikan subjek mu sehingga hanya langit yang tampak di belakang mereka, lalu set fokus pada subjek mu dan atur tingkat exposure dengan melakukan swipe ke bawah di layar iPhone mu. Kamu perlu membuat gambarmu cukup gelap sehingga subjek mu tampil sebagai siluet menghadap langit yang terang.

Ada dua cara mudah untuk memastikan kamu hanya mendapat langit polos di belakang subjek mu. Kamu cukup mencari sebuah bukit atau posisi tinggi lainnya untuk menempatkan model mu, lalu potretlah dari arah bawah sehingga kamu menengadah untuk melihat mereka. Atau memotretlah dari sudut yang sangat rendah, kamu mungkin harus berbaring di tanah untuk melakukan ini.

Minimalist iPhone Photos 24

Kamu juga dapat menciptakan siluet di dalam ruangan dengan memotret melawan cahaya kuat yang keluar melalui jendela. Kamu juga dapat menggunakan sumber cahaya buatan, seperti lampu, di belakang subjek. Perlu diingat untuk selalu mengurangi exposure sehingga subjek mu dan area gelap lainnya menjadi benar-benar hitam.

8. Memotret Garis dan Pola

Garis dan pola dapat menjadi subjek yang keren untuk minimalist photography. Seperti biasanya, pastikan kamu memiliki background polos yang berfungsi sebagai negative space di dalam gambar mu.

Processed with VSCOcam with f2 preset

Memotret garis-garis di atas ini menghadap langit menciptakan sebuah gambar yang sederhana namun kuat. Komposisi simetris membantu dalam menciptakan gambar yang seimbang dan garis-garis tersebut menarik perhatian mu ke dalam dan sekitar scene.

Carilah pola geometris yang menarik yang dapat kamu gunakan untuk menciptakan gambar abstrak dan minimalis yang indah.

 

Processed with VSCOcam with c2 preset

Pola berwarna merah ini sangat menonjol melawan langit di belakangnya. Mengisi frame dengan pola biasanya adalah jalan terbaik untuk mengkomposisikan foto dalam meraih dampak yang maksimum.

Processed with VSCOcam with a9 preset

Kamu biasanya dapat menemukan pola menarik pada fasad bangunan. Mendekat pada bangunan lalu potretlah dengan gaya klasik seperti di atas dengan hanya langit polos di atasnya.

9. Ceritakan Sebuah Kisah Melalui Minimal Street Photography

Secara normal kamu tidak akan berpikir bahwa street photography merupakan sebuah pilihan yang bagus untuk menciptakan komposisi yang minimal. Scene jalanan yang sibuk tidaklah bagus bagu minimalist photography dengan alasan yang jelas – background yang menganggu, kekurangan subjek single untuk menjadi focus, dll

Akan tetapi, sangat mungkin untuk mencari lokasi yang bagus untuk scene jalanan yang minimal, dan bila kamu menemukannya, kamu akan dapat menceritakan kisah yang bagus menggunakan satu orang di dalam frame. Titik yang tinggi biasanya merupakan pilihan terbaik unutuk tipe foto ini

 

Processed with VSCOcam with a4 preset

Dengan melihat ke bawah, kamu dapat mengeluarkan background yang sibuk dari scene, di saat yang sama kamu dapat hanya memasukkan bagian tertentu dari jalanan ke dalamnya. Lalu kamu tinggal menunggu seseorang memasuki scene tersebut dan memotretnya.

Processed with VSCOcam with hb2 preset

Carilah area dengan kontras menarik yang akan memperkuat komposisi, seperti rambu putih di jalanan atau bayangan yang tercipta oleh objek di sekitarnya.

 

10. Gunakan Komposisi Fifty-Fifty

Daripada selalu menggunakan negative space, kamu juga dapat bereksperimen dengan komposisi fifty-fifty. Secara umum hal ini berarti membagi gambar mu menjadi dua bagian, dengan 50% negative space dan 50% positive space.

Minimalist iPhone Photos 2

Memberi negative space dan positive space dalam jumlah yang sama di dalam frame akan menciptakan gambar yang seimbang dan bersih yang sekaligus menjaga fokus yang kuat terhadap POI mu. Kamu juga dapat mengaplikasikan tipe komposisi ini terhadap berbagai macam objek.

Processed with VSCOcam with e3 preset

Hal ini memang berarti merusak aturan komposisi rule of thirds yang biasanya digunakan untuk memposisikan horizon atau subjek keluar dari titik tengah. Akan tetapi, melanggar aturan tersebut dan menempatkan horizon di bagian tengah frame dengan komposisi minimal dapat menciptakan gambar simetris yang sangat kuat.

Jangan pernah takut untuk melanggar aturan dan mencoba hal-hal baru. Sebagai alternatif dari metode ini, cobalah membalik gambar mu secara vertikal untuk melihat bagaimana suatu hal tampak jika terbailk. Mungkin kamu akan mendapatkan hasil yang sangat menarik!

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and Photo Source: http://iphonephotographyschool.com/minimalist/

 

Add a comment

Skip to toolbar