iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Tutorials Tips Memanfaatkan Cuaca Terik Untuk Street Photo Bag. II

Tips Memanfaatkan Cuaca Terik Untuk Street Photo Bag. II

Melanjutkan pembahasan di bagian pertama, berikut empat tips terakhir dalam memotret Street Photo saat suaca terik.

6. Carilah Refleksi

Cara lain dalam menambahkan elemen yang eye catching ke dalam street photo mu adalah dengan menangkap refleksi.

Refleksi biasanya lebih tampak pada hari yang cerah dibanding yang berawan. Carilah refleksi air pada genangan, juga pada permukaan yang mengkilap, bangunan, atau jendela.

Photo Courtesy of @hlga

Photo Courtesy of @hlga

Jika kamu ingin memotret refleksi genangan, carilah tempat dimana gedung, pepohonan, atau objek-objek lain terefleksikan pada air. Sebagai alternatif, carilah tempat kosong, lalu jepret siluet dan refleksi dari orang yang lewat.

Saat memotret refleksi genangan, sangat penting untuk memotret dari low angle, dengan menempatkan iPhone mu hampri di air tanpa membuatnya basah.

Harsh Light iPhone Street Photos 25

Photo Courtesy of Julie Vinding

Memotret dari titik yang rendah membuatmu dapat menciptakan komposisi simetris dimana kamu merekam baik refleksi maupun backgroundnya.

Sebagaimana mencari refleksi pada genangan, perhatikan juga permukaan lain seperti metal atau kaca.

Photo Courtesy of @sizoelcholid

Photo Courtesy of @sizoelcholid

7. Memotret Lens Flare

Saat kamu memotret dengan cahaya matahari yang langsung, seringkali kamu dapat merekam lens flare atau sun flare dengan mengarahkan kamera mu ke arah cahaya yang terang. Saat cahaya memasuki lensa kamera mu pada sudut tertentu, rays of light akan tampak di gambar mu.

Lens flare dapat merusak sebuah foto jika ia tampak berlebihan, menciptakan elemen mengganggu yang meraih terlalu banyak perhatian orang.

Tetapi jika kamu memperolehnya secara tepat, lens flare dapat menambahkan sesuatu yang menarik dan artistik ke dalam foto mu. Bahkan ia dapat merubah sebuah scene yang membosankan menjadi lebih misterius dan eye catching. 

Harsh Light iPhone Street Photos 15

Photo Courtesy of Julie Vinding

Kamu dapat merekam lens flare pada keadaan terik sekali di tengah hari atau selama golden hours. Waktu saat di mana kamu memotret akan merubah bagaimana penampilan lens flare. 

Pada tengah hari, matahari akan sangat terang dan lens flare akan tampil cukup keras. Saat posisi matahari di langit rendah, lens flare akan tampak lebih lembut dan keemasan.

Saat matahari rendah, kamu dapat menempatkannya di belakang objek sehingga ia akan menyelinap keluar dari garis-garis ujung  sebuah objek. Hal ini akan mencegah matahari yang terang terlalu mendominasi gambar.

Jika cahaya yang ada sangat terang, akan lebih baik jika menempatkan matahari di luar frame. Hal ini akan membuatmu dapat merekam ray of light masuk melalui bagian atas dari gambar, tanpa membiarkan cahaya matahari merusak keseluruhan foto.

Harsh Light iPhone Street Photos 8

Photo Courtesy of Julie Vinding

Jika kamu ingin bereksperimen dengan lens flare pada foto mu, tetapi belum sukses dalam memotretnya, kamu dapat menambahkannya melalui berbagai aplikasi pada tahapan post processing. 

Harsh Light iPhone Street Photos 30

Photo Courtesy of Julie Vinding

8. Mengubah Exposure Pada Post-Processing

Meskipun kamu dapat selalu berusaha untuk memperoleh tingkat exposure yang tepat di saat pemotretan, sedikit penyesuaian exposure pada tahapan post processing dapat memberikan perubahan besar pada hasil gambar akhir.

Ada banyak sekali aplikasi editing bagus yang membuatmu dapat mengatur exposure. Kamu dapat menggunakan editing tools yang disediakan oleh aplikasi bawaan iPhone, atau menggunakan aplikasi editing seperti snapseed atau VSCO.

Untuk street photo yang diambil di saat cuaca terik, direkomendasikan untuk berkonsentrasi pada pengaturan kontras, shadow, dan highlight. Aspek-aspek tersebut sangatlah penting, terutama pada jenis foto tersebut di atas.

 

Harsh Light iPhone Street Photos 41

Photo Courtesy of Julie Vinding

Pada foto di atas, dilakukan pengaturan terhadap cahaya, kontras, shadow, dan warna menggunakan aplikasi bawaan iPhone. Tingkat shadow dan kontras dinaikkan, dan tingkat light dan warna diturunkan.

Pada tahapan akhir, tingkat exposure dinaikkan sedikit untuk membuat jalanan tampak lebih dramatis. Hal ini membuat pantulan cahay matahari di jalanan tampak mengkilat tanpa merusak struktur dan detail.

Dengan editing ini, subjek foto menjadi siluet yang kuat dan bayangan menjadi lebih gelap dan lebih menonjol. Ia juga membuat orang-orang lain dan gedung di bagian background tampak lebih gelap, sehingga mereka tidak lagi mengganggu pandangan dari subjek utama.

9. Rubah Menjadi Hitam & Putih

Perubahan menjadi hitam dan putih biasanya adalah sebuah ide bagus untuk street photo yang diambil dalam cuaca terik. Gambar hitam putih cenderung menonjolkan pola bayangan, sekaligus juga kontras antara cahaya dan bayangan.

Harsh Light iPhone Street Photos 40

Photo Courtesy of Julie Vinding

Banyak aplikasi editing yang dapat membantumu dalam merubah foto menjadi hitam dan putih, tetapi aplikasi bawaan iPhone biasanya sudah cukup terutama filter “noir” lalu lalukan pengaturan terhadap light, shadow, contrast, dll.

Untuk alternative, bisa menggunakan filter hitam dan putih bernama “Silvered” yang ada di dalam aplikasi PhotoShop Express. Ia memberi mu tampilan hitam putih yang mengkilap dan keperakan.

Harsh Light iPhone Street Photos 31

Photo Courtesy of Julie Vinding

Jika kamu tidak berkeinginan untuk menambah filter, maka kamu dapat dengan mudah melakukan pengaturan terhadap warna, kurangilah hingga ke titik nol untuk menyingkirkan semua warna dari gambar.

========================================================

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article Source: http://iphonephotographyschool.com/harsh-light-street/

Add a comment

Skip to toolbar