iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Tips Memanfaatkan Cuaca Terik Untuk Street Photo Bag. I

Tips Memanfaatkan Cuaca Terik Untuk Street Photo Bag. I

Biasanya kita disarankan untuk memotret di saat cahaya bersinar lembut, yang kita kenal dengan istilah Golden Hour. Tetapi apakah artinya memotret dalam keadaan cahaya bersinar kuat tidak disarankan? Tentu saja tidak, karena pada saat cahaya bersinar kuat inilah saat yang paling tepat untuk melakukan street photography. Mengapa begitu? Karena salah satu tujuan dari street photography adalah tentang menciptakan kesan misterius dan dramatis. Dan salah satu teknik untuk memperoleh hal tersebut adalah memotret di saat cahaya bersinar kuat atau terik dimana ia dapat menghasilkan siluet, bayangan, refleksi, dan lens flare. Pada tutorial ini kamu akan menemukan cara memanfaatkan cahaya yang kuat untuk menghasilkan street photo yang menarik perhatian orang.

Harsh Light iPhone Street Photos 38

Photo Copyright of Julie Vinding

1. Memotret Saat Matahari Terik

Matahari yang sedang terik-teriknya biasanya memberikan kita masalah pada tingkat exposure dan bayangan yang tidak diinginkan. Tetapi gambar yang paling dramatis dan impresif biasanya diciptakan pada kondisi tersebut.

Julie Vinding iPhone Photos 7

Photo Copyright of Julie Vinding

Siluet yang gelap, pola bayangan yang indah, dan refleksi yang menarik biasanya dapat diciptakan dengan mudah saat cahaya bersinar sangat kuat. Elemen-elemen tersebut sangatlah sempurna untuk menciptakan street foto yang dramatis dan misterius menggunakan iPhone mu.

Matahari terik di tengah hari sangatlah bagus untuk menghasilkan bayangan yang kuat. Perhatikanlah sekelilingmu untuk melihat dimana bayangan-bayangan tersebut muncul, apakah di tanah, dinding, di dalam ruangan, atau di luar ruangan.

Julie Vinding iPhone Photos 23

Photo Copyright of Julie Vinding

Matahari yang terik juga terkadang bisa kamu dapatkan di saat golden hour. Dimana kamu akan mendapatkan bayangan yang panjang, cahaya keemasan di belakang siluet, dan lens flare menarik yang menambahkan kesan magis pada foto mu.

 

Photo Copyright of @rama_adams

Photo Copyright of @rama_adams

2. Cari Lokasi Dengan Cahaya dan Bayangan Yang Menarik

Saat memotret di cuaca terik, carilah tempat dimana kamu bisa memotret sesuatu yang kontras antara gelap dan terangnya. Kontras biasanya akan menarik perhatian orang dan menciptakan daya tarik visual di dalam foto mu.

Julie Vinding iPhone Photos 24

Photo Copyright of Julie Vinding

Jika kamu memotret pada jalanan yang terang, carilah pola bayangan menarik pada lantai/tanah yang diciptakan oleh gedung-gedung dan pohon-pohon di sekitarnya. Komposisikan foto mu sehingga kamu dapat merekam baik bagian gelap maupun terang dalam scene yang sama.

Jika kamu menemukan semacam tempat berteduh, seperti lorong atau underpass, cobalah berdiri di bagian bayangan dan memotret ke arah cahaya. Gunakan bentuk dan sudut dari bayangan untuk membantumu dalam mengatur komposisi foto mu.

Photo Copyright of @Arieslukman

Photo Copyright of @Arieslukman

 

 

Jika kamu memotret di dalam ruangan, carilah jendela atau bukaan lain dimana cahaya menyeruak masuk. Perhatikan di mana cahaya tersebut jatuh, dan bagaimana bayangan tampil di dalam scene.

 

Harsh Light iPhone Street Photos 20

Photo Copyright of Julie Vinding

Saat kamu menemukan lokasi yang bagus, atur komposisi foto mu, tunggu seseorang berjalan melewati daerah yang tersinari dan ambil beberapa jepret foto saat ia bergerak melewati scene.

3. Atur Exposure

Cahaya terik biasanya menghasilkan scene dengan kontras yang tinggi, dimana sebagian dari gambar tampak sangat gelap, dan sebagian lainnya tampak sangat terang.

Julie Vinding iPhone Photos 21

Photo Copyright of Julie Vinding

Meskipun hal itu sangatlah bagus untuk menciptakan kesan dramatis dan daya tarik visual pada foto mu, tetapi jika sebagian besar dari scene adalah gelap maka ia akan menyebabkan kamera menghasilkan foto yang over expose. 

Hal ini berarti semuanya menjadi lebih terang dari seharusnya. Bagian highlights (bagian terang) akan tampil blown out (sangat putih) dengan tidak tampaknya warna atau detail, dan bagian shadow menjadi tidak cukup gelap.

Untuk menjaga foto mu agar tidak menjadi over exposed, kamu harus melakukan pengaturan exposure secara manual di iPhone mu sebelum kamu mengambil foto.

 

 

Photo Copyright of @prassprasetio

Photo Copyright of @prassprasetio

Untuk mengatur exposure, mulai dengan melakukan tap to focus pada daerah yang kamu inginkan untuk tampil tajam, lalu lakukan swipe dengan jarimu ke atas atau ke bawah untuk menampilkan exposure slider. 

Swipe ke atas untuk menjadikan gambar lebih terang atau ke bawah untuk menjadikannya lebih gelap. Umumnya kamu akan memerlukan untuk membuat gambar menjadi lebih gelap.

Tujuannya dari melakukan ini adalah untuk memastikan bagian terang pada gambar terekspose secara benar dengan warna dan detail yang tampak, saat bagian shadow tampak gelap atau bahkan hitam.

 

Julie Vinding iPhone Photos 31

Photo Copyright of Julie Vinding

Pada situasi yang memiliki kontras sangat tinggi, beberapa area terang akan tampak benar-benar putih. Dalam beberapa kasus hal ini akan tampak oke, terutama jika terjadi pada bagian langit. Tetapi secara umum, kamu harus mencoba untuk menjaga agar warna dan detail tetap tampak dengan baik.

 

4. Ciptakan Siluet

Siluet adalah sebuah cara yang sangat bagus dalam menambahkan elemen yang kuat ke dalam street photography mu. Saat subjek mu disinari dari belakang oleh cahaya matahari yang terik, akan sangat mudah untuk merekam mereka sebagai sebuah bentuk yang gelap melawan background yang terang.

Photo Copyright of @sizoelcholid

Photo Copyright of @sizoelcholid

 

Siluet menambahkan titik fous yang kuat ke dalam komposisi mu, menarik perhatian orang untuk melihat langsung ke arah sang subjek. Dan karena kamu tidak bisa melihat detail apapun di dalam siluet, ia memberikan kesan misteri ke dalam gambar.

Untuk menciptakan foto siluet dengan iPhone mu, kamu harus memotret ke arah matahari atau cahaya terang di balik subjek mu.  Memotret dari low angle akan membantu mu untuk mendapatkan lebih banyak langit yang terang dan lebih sedikit background gelap di belakang subjek mu.

 

 

Photo Copyright of @sizoelcholid

Photo Copyright of @sizoelcholid

Kunci dari memotret siluet yang bagus adalah tingkat exposure yang tepat. Maka selalu lakukan tap pada titik fokus pada gambarmu, lalu lakukan swipe ke bawah untuk mengurangi exposure sehingga subjek mu tampak sebagai sebuah bentuk yang gelap melawan background yang lebih terang.

Siluet juga dapat diciptakan di dalam ruangan, selama kamu memiliki sumber cahaya yang kuat seperti jendela.

 

Photo Copyright of @zoelcholid

Photo Copyright of @zoelcholid

Jika kamu memotrey di dalam bangunan dengan jendela yang besar, cukup arahkan iPhone mu ke arah jendela. Background yang terang akan membuatmu dengan mudah menangkap siluet dari seseorang yang berjalan melewatinya.

Saat jendela sangatlah bagus sebagai sumber cahaya, jendela juga bisa berfungsi sebagai frame di sekitar siluet mu. Ia juga dapat menghasilkan pola bayangan yang menarik.

 

Harsh Light iPhone Street Photos 13

Photo Copyright of Julie Vinding

Jika kamu menemukan sebuah lokasi yang bagus dengan cahaya terang dan objek framing yang menarik atau leading lines, maka lakukanlah komposisi dan kurangi exposure terlebih dahulu.

Lalu tunggulah seseorang untuk melangkah ke dalam scene sebelum memence tombol shutter. Dengan begitu kamu akan siap mengambil jepretan yang sempurna begitu subjek mu tampil di dalam frame.

 

5. Memotret Bayangan Dramatis

Bayangan paling dapat dilihat pada keadaan cahaya bersinar terik. Saat cahaya mendung, awan berfungsi sebagai diffuser raksasa, melembutkan cahaya dan sekaligus bayangan. Maka saat matahari bersinar terik inilah saat yang paling tepat untuk berlatih shadow photography. 

Setiap saat matahari bersinar, ambil waktu sejenak untuk melihat sekeliling dan lihat di mana bayangan muncul. Perhatikan bagaimana bayangan tampil pada lantai dan juga pada dinding.

Photo Copyright of @Arieslukman

Photo Copyright of @Arieslukman

 

 

Bayangan paling kuat akan muncul di saat cahaya terik di tengah hari. Tetapi kamu dapat juga memotret foto bayangan yang bagus saat matahari berada rendah di langit. Semakin rendah sudut matahari, semakin panjang bayangan yang dihasilkannya.

Bayangan akan berubah secara dramatis di sepanjang hari. Posisi, bentuk, pola, panjang, dan intensitas mereka akan bervariasi tergantung posisi dan kekuatan cahaya matahari.

12269920_783772428396040_374709302_n

Photo Copyright of @rama_adams

 

 

Carilah variasi tersebut di tempat-tempat dan pada waktu yang berbeda. Dengan begitu kamu akan dapat merencanakan untuk kembali pada waktu tertentu untuk memotret sebuah model pola bayangan yang spesifik di dalam gambar mu.

Ada banyak cara untuk memotret bayangan menggunakan iPhone. Arsitektur di sekeliling kota mu biasanya menyediakan pola bayangan yang indah yang akan menambahkan sentuhan extra ke dalam kesan dramatis dan mistik pada foto mu.

 

Harsh Light iPhone Street Photos 39

Photo Copyright of Julie Vinding

Carilah gedung dengan konstruksi berulang, seperti kolom dan busur. Mereka dapat menimbulkan pola bayangan yang luar biasa , sekaligus di saat yang bersamaan memberi mu kesempatan akan persepctive, depth, dan titik hilang.

Saat memotret di dalam ruangan, kamu biasanya akan menemukan pola bayanga menarik yang dihasilkan oleh frame jendela atau langit-langit.

 

Julie Vinding iPhone Photos 1

Photo Copyright of Julie Vinding

Ingatlah untuk mengurangi exposure jika dirasa perlu. Memotret bayangan akan memberimu kesempatan yang bagus untuk berkesperimen dengan kreativitasmu. Kamu dapat mengisi frame hanya dengan pola bayangan untuk menciptakan sebuah gambar abstrak, atau memotret hanya bayangan dari seseorang tanpa subjek sebenarnya berada di dalam frame.

 

 

Photo Copyright of @Arieslukman

Photo Copyright of @Arieslukman

Berlanjut ke bagian II…

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article Source: http://iphonephotographyschool.com/harsh-light-street/

Skip to toolbar