iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News 10 Aplikasi Special Effect

10 Aplikasi Special Effect

Mengedit foto menggunaan iPhone adalah hal yang menyenangkan, tapi pernahkah kamu merasa bosan dengan aplikasi editing yang itu-itu aja? Bagus sih tapi kok ya berkutatnya sama brightness, saturation, contrast, dan tools standard lainnya melulu. Nah biar nggak bosen, berikut ini ada 10 aplikasi berbasis iOS yang bisa ngasih kamu efek-efek keren dan bisa membuat proses editing jadi menyenangkan lagi.

1. Lenslight

Lenslight memberimu banyak sekali efek lighting yang bisa dengan mudah kamu tambahkan ke dalam foto mu. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam efek seperti bokeh, lens flares, light leaks, spotlight, rainbow effects, dan masih banyak lagi.

iPhone Special Effects Apps 1

Beberapa efek dapat dikombinasikan dengan fitur layers, dan masing-masing efek dapat diedit secara posisi dan rotasinya. Bahkan kamu dapat mengaplikasikan efek tersebut hanya ke dalam beberapa bagian dari foto dengan menggunakan ‘masking tool’.

Selain menggunakan lenslight untuk menambahkan ‘sun flare’ sederhana ke dalam fotomu, kamu juga bisa menggunakannya untuk menciptakan landscape, skyscape yang surealis dan juga gambar-gambar lain yang berjenis fantasy.

2. Lens Distortions

Lens distortions menawarkan berbagai macam light flare, light effect, dan alat ‘pembuat’ kabut yang luar biasa.

Lens Distortions App iPhone 7

Meskipun pada versi gratisnya efek-efek yang ada sangat terbatas (kamu dapat memperoleh efek yang lebih banyak melalui pembelian in-app), efek-efek tersebut memiliki kualitas yang tinggi karena mereka berdasarkan pada gambar optical (bukan dihasilkan oleh komputer).

iPhone Special Effects Apps 3

Efek kabutnya sendiri sangat sesuai dengan harga yang harus dibayar jika kita membelinya melalui in-app. Kamu tidak akan menemukan efek kabut yang lebih nyata dari yang disediakan oleh aplikasi ini.

3. TinType.

TinType dari Hipstamatic memberimu kemampuan untuk menciptakan gambar indah bernuansa seram dan bergaya antik, Terinspirasi dari daguerreotype, tintype, dan berbagai jenis proses fotografi dari seratus tahun yang lalu, aplikasi ini menciptakan foto dengan penampakan yang sama dengan effort yang minimal.

iPhone Special Effects Apps 4

Aplikasi ini didesain untk bekerja dengan baik pada jenis foto portrait karena ia dapat mendeteksi mata pada foto mu, membuatnya berkilat di saat bagian laon dari gambar memiliki tekstur bergaya antik. Tetapi, aplikasi ini juga dapat digunakan dalam berbagai jenis foto dengan hasil yang juga bagus.

TinType App iPhone Photos 6

Ada beberapa style yang bisa kamu pilih di dalam aplikasi ini, yang kesemuanya bisa kamu sesuaikan hingga ke tingkatan tertentu.

4. ClonErase.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat membuat orang tampil berkali-kali di dalam gambar yang sama, dan sekaligus menghilangkan elemen yang tidak kamu inginkan dari foto mu.

iPhone Special Effects Apps 14

Yang membuat aplikasi ini lebih baik dari aplikasi lain yang sejenis adalah kemudahan dalam penggunaannya. Cukup gunakan tripod (atau benda lain yang dapat membuat iPhone mu stabil) lalu kamu dapat menentukan berapa kali aplikasi tersebut mengambil foto saat kamu menggerakkan subjekmu di dalam frame.

Aplikasi ini kemudian akan melakukan pekerjaannya dengan me-‘masking’ gambar sehingga hanya bagian yang berbeda dari setiap gambar yang akan di-‘superimpose’

iPhone Special Effects Apps 6

Pada contoh di atas, seorang anak bisa tampil berkali-kali dengan pose yang bermacam-macam menggunakan aplikasi ini.

iPhone Special Effects Apps 7

Dengan sedikti perencanaan dan kesabaran, kamu dapat membuat foto unik seperti di atas!

5. Matter.

Matter adalah salah satu dari aplikasi paling unik yang ada saat ini, membuatmu dapat menambahkan efek 3D pada fotomu dengan bayangan dan reflection secara real-time. Setelah itu kamu dapat meng-‘export’ hasil kreasimu sebagai foto atau ‘video loops’.

iPhone Special Effects Apps 8

Inilah aplikasi yang bisa membuatmu lupa waktu karena berbagai ekperimen yang bisa kamu lakukan dengan berbagai elemen/efek yang berbeda yang bisa kamu tambahkan ke dalam foto mu.

iPhone Special Effects Apps 15

Bukan hanya kamu dapat memilih dari lusinan elemen (‘matter’) yang ada, tetapi kamu dapat merubah kadar refleksinya, ukurannya, rotasinya, hingga bayangan dari setiap elemen tersebut.

6. Fragment

Diciptakan oleh developer yang menciptakan aplikasi ‘Matter’, aplikasi ini bekerja dengan cara yang hampir serupa. Tetapi daripada menambahkan elemen tiga dimensi pada foto mu, ia merubah foto yang ada menjadi berbagai variasi bentuk/gaya dengan tampilan seperti efek kaleidoscope.

iPhone Special Effects Apps 9

Aplikasi ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk dapat menemukan efek yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Tetapi pada akhirnya, kamu akan dapat menciptakan berbagai efek yang sangat keren.

7. Rainy Daze

Mau menambahkan efek hujan pad fotomu? Gunakanlah aplikasi Rainy Daze. Di saat aplikasi sejenis hanya memberikan efek secara gimmick, aplikasi ini menonjol karena memberikan hasil yang realistis jika diaplikasikan dengan benar.

 

iPhone Special Effects Apps 16

Aplikasi ini memang memerlukan beberapa ‘tweak’ agar tampil tak berlebihan, tetapi ia memberi keleluasaan yang luas dalam mengatur ‘setting’ dari setiap preset yang ada.

iPhone Special Effects Apps 10

8. Rays

Rays adalah sebuah aplikasi yang sangat bagus untuk menciptakan efek light ray yang luar biasa dan tampak alami pada foto mu. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan dapat memproduksi hasil yang bagus dalam hitungan detik.

iPhone Special Effects Apps 11

Tidak seperti aplikasi lain seperti Lenslight yang menambahkan efek cahaya buatan, Rays bekerja dengan meningkatkan sumber cahaya (atau bagian terang lain) di dalam foto mu.

iPhone Special Effects Apps 17

Dengan hanya menempatkan kursor pada area yang terang, kamu dapat dengan cepat mengatur arah dari pancaran cahaya. Kamu juga dapat mengatur panjang, opacity, warna, dan aspek lain dari efek tersebut.

9. Color Splash

Color Splash membuatmu dapat menciptakan foto dengan ‘selective color’. Kamu dapat menyimpan warna yang kamu inginkan di saat bagian lain dari foto menjadi hitam putih.

 

iPhone Special Effects Apps 12

Aplikasi ini bisa jadi merupakan aplikasi termudah untuk menciptakan gambar berjenis ‘color splash’. Cukup pilih sebuah foto berwarna dari camera roll lalu secara instan aplikasi ini akan merubahnya menjadi hitam putih.

iPhone Special Effects Apps 18

Lalu kamu dapat mengembalikan warnanya hanya dengan ‘menyapunya’ (brush). Kalau kamu terlalu banyak menambahkan warna, cukup ‘sapu’ warna tersebut dengan pilihan ‘gray’. Sesederhana itu.

10. Tiny Planet

Tiny planet adalah sebuah aplikasi yang merubah fotomu menjadi sebuah gambar spherical yang tampak seperti sebuah planet kecil. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menciptakan ‘inverse’ planet atau juga yang dikenal dengan istilah ‘Rabbit Holes’.

iPhone Special Effects Apps 13

Meskipun aplikasi ini bekerja paling baik terhadap foto yang minimalis, tetapi kamu tidak akan pernah tahu. Akan menyenangkan untuk bereksperimen dengan berbagai jenis foto untuk melihat mana yang dapat bekerja dengan baik.

 

 

Gimana? 10 Aplikasi di atas harusnya sudah cukup ya untuk membuatmu kembali betah berlama-lama duduk di hadapan layar iPhone untuk membuat fotomu menjadi lebih keren dari sebelumnya. Selamat mencoba!

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and Photo Source: http://iphonephotographyschool.com/special-effects-apps/

Add a comment

Skip to toolbar