iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News 10 Tips Ngarsitek Part II

10 Tips Ngarsitek Part II

Setelah tertunda cukup lama akibat jadwal penulis yang super padat…tsaahh….kita lanjutin yuk tips membuat foto arsitektur yang keren.

6. Memperbaiki problem perspektif.

Terkadang saat kita memotret foto arsitektur kita harus memiringkan mobile phone kita sedikit ke belakang untuk mendapatkan lebih banya bagian dari gedung di dalam frame. Hal ini akan menciptakan efek “keystone” dimana garis vertikal pada gedung akan membentuk sudut daripada menjadi garis lurus.

Architecture-iPhone-Photos-24

Contoh klasik adalah saat kamu memotret bangunan tinggi dari lantai bawah, garis-garis yang ada seperti bergerak menyatu apda bagian atas dari foto.

Terkadang pengambilan sudut ini berfungsi dengan baik untuk menonjolkan ketinggian dari bangunan, tapi pada beberapa kasus kamu mungkin berkeinginan untuk menghindari hal ini agar garis vertikan tampak lurus sempurna.

Pilihan terbaik adalah dengan menghindari problem perspektif, tapi satu-satunya cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menempatkan iPhone mu pada ketinggian yang cukup (selevel dengan subjekmu).

Hal ini seringkali sulit atau bahkan mustahil, lalu pilihan terbaik berikutnya adalah menggunakan aplikasi seperti SKRWT untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada perspektif. (saat ini di instagram sudah ada fitur yang serupa, kapan-kapan kita bahas soal ini ya).

Architecture-iPhone-Photos-79

 

 

7. Menangkap Detail Kecil.

Saat memikirkan tentang foto arsitektural seringkali kita membayangkan bangunan besar dan ruang interior yang sangat luas. Tetapi untuk sesuatu yang berbeda, cobalah menuju arah sebaliknya dengan memotret detail-detail kecil dari bangunan.

Foto close up dari gagang pintu, instrumen cahaya dan detail menarik lainnya seringkali dapat membuat foto yang dapat menyajikan bagian penting dari sebuah arsitektur bangunan.

Architecture-iPhone-Photos-53

Cari pula gagang pintu, engsel, dan pegangan tangga yang memiliki nilai disain tinggi. Mungkin pula sebuah furniture menarik seperti kursi warna-warni dapat meraih perhatian matamu.

Pusatkan perhatianmu pada tekstur dan pola yang dapat kamu gunakan untuk mengisi frame. Cat yang terkelupas, beton kasar, ubin, wallpaper, atau kaca yang membeku adalah objek-objek yang dapat kamu gunakan untuk hal ini.

Architecture-iPhone-Photos-19

Sadarilah bagaimana sudut-sudut yang berbeda dari ruang interior bersatu, dan bagaimana bayangan tampil pada waktu yang berbeda. Memotret detail-detail kecil ini akan membantumu dalam menceritakan cerita yang lebih lengkap dari bangunan yang sedang kamu potret.

Architecture-iPhone-Photos-14

 

8. Ciptakan Abstrak.

Karena bangunan biasanya dibangun dengan pola yang umum, mereka adalah kandidat yang bagus untuk dijadikan foto abstrak. Tujuan dari foto abstrak adalah menangkap inti dari subjek tanpa menampilkannya secara utuh.

Memotret abstrak adalah mengenai menangkap bentuk, pola, dan tekstrur, sehingga elemen-elemen tersebut dapat menjadi bagian yang lebih utama dalam foto dibanding subjeknya sendiri.

Carilah pola berulang pada fasad bangunan dan lihat apakah kamu dapat menempatkannya sedemikian rupa sehingga pola tersebut dapat langsung menarik perhatianmu, sehingga kamu tidak yakin betul apa yang kamu lihat sebenarnya.

Architecture-iPhone-Photos-62

Mengisi keseluruhan frame dengan pola seringkali menjadi cara terbaik untuk menciptakan gambar abstrak. Seringkali penting artinya untuk menghilangkan detail tertentu dari frame dalam rangka menciptakan foto arsitektural abstrak yang keren.

Architecture-iPhone-Photos-65

Berbagai bentuk seperti lingkaran, segi empat, dan segitiga dapat menjadi sebuah subjek abstrak yang kuat, dan kamu akan banyak menemukannya pada arsitektur. Kemanapun kamu pergi latihlah matamu dalam menyadari berbagai bentuk pada bangunan.

Architecture-iPhone-Photos-67

Garis juga sangat baik untuk menciptakan abstrak yang indah. Tangga adalah tempat yang sempurna untuk menemukan garis berulang yang dapaat menghasilkan efek seperti ini.

9. Rekamlah Refleksi dan Bayangan.

Refleksi dan bayangan adalah teman baik fotografer karena mereka dapat membuat sebuah foto menjadi lebih menarik bagi mata.

Architecture-iPhone-Photos-38

Arsitektur dapat menghasilkan foto yang luar biasa hanya dengan memusatkan perhatian pada refleksi dan bayangan di dalam dan di luar bangunan.

Architecture-iPhone-Photos-48

Carilah refleksi menarik pada bagian metal dari bangunan. Atau perhatikan bagaimana jendela bangunan memantulkan langit, atau bahkan bangunan lain di seberang jalan.

Architecture-iPhone-Photos-29

Pada cuaca yang basah, carilah refleksi bangunan pada genangan di trotoar. Puddlegram, begitulah mereka biasanya disebut, adalah sebuah cara yang sangat kreatif dalam merekam bangunan secara unik.

Architecture-iPhone-Photos-63

Kamu juga harus mencari bayangan pada scenemu. Mereka dapat menambahkan daya tarik visual pada fotomu, menciptakan pola abstrak yang luar biasa di dalam gambarmu.

Architecture-iPhone-Photos-17

Bayangan akan tampak setiap kali kamu memiliki sumber cahaya langsung yang kuat seperti lampu indoor atau cahaya matahari yang masuk melalui jendela bangunan.

10. Masukkan Manusia.

Terakhir, memasukkan manusia sebagai subjek di dalam foto arsitektur adalah cara yang sangat bagus untuk membuat image yang lebih kuat. Ada beberapa alasan mengapa teknik ini sangatlah efektif.

Architecture-iPhone-Photos-43

Pertama, meski arsitektur dapat menjadi sangat menarik untuk dilihat, terkadang mereka kekurangan titik fokus yang kuat. Titik fokus mengarahkan perhatian orang kepada image dan memberikan tempat “istirahat” bagi mata mereka. Sebuah gambar tanpa titik fokus tidak akan menangkap perhatian orang dalam waktu yang lama.

Architecture-iPhone-Photos-4

Dengan memiliki manusia di dalam foto juga memberikan “sense of scale”, sehingga orang dapat melihat seberapa besar arsitektur tersebut sebenarnya. Hal ini akan berfungsi baik terutama saat subjek arsitektural mu sangatlah besar.

Sosok manusia yang kecil dapat membantu dalam menyampaikan betapa besar dan luar biasanya sebuah bangunan atau ruangan, memberikan foto mu extra ‘pukulan’.

Architecture-iPhone-Photos-27

Seorang manusia di dalam foto juga dapat membantu dalam bercerita tentang apa yang sedang terjadi, mengarahkan orang yang melihat fotomu untuk mengajukan pertanyaan seperti, “Menuju ke mana orang itu?” atau “Kenapa mereka melakukan itu?”

Architecture-iPhone-Photos-10

Jika orang-orang mengajukan pertanyaan, itu artinya fotomu ‘enganging’ dan membangkitkan emosi atau reaksi, yang sebetulnya adalah sesuatu yang kita semua inginkan sebagai fotografer.

 

Kesimpulan

Kami harap tutorial ini dapat membantumu melihat arsitektur dengan cara yang berbeda. Kita melihat dan menggunakan gedung setiap harinya, tetapi terkadang kita melupakan kualitas estetika mereka yang luar biasa.

Dengan melihat arsitektur sebagai sebuah subjek fotografi, kamu akan dapat mulai melihat detail dan sudut yang tidak pernah kamu sadari sebelumnya.

Processed with VSCOcam with a4 preset

Processed with VSCOcam with a4 preset

Jadi mulai saat ini, mulailah menjelajahi bagian dalam dan luar dari berbagai tipe bangunan dengan mata yang lebih awas.

Kalau kamu melatih matamu untuk memperhatikan arsitektur secara fotografi, dan mempraktekkan tips-tips di atas, dengan segera kamu akan dapat menghasilkan foto arsitektur yang luar biasa hanya dengan menggunakan mobile phone yang akan ingin kamu pamerkan kepada seluruh dunia.

-RAA-

-Inspired to inspiring-

Article and Photo Source: http://iphonephotographyschool.com/architecture/

 

 

Add a comment

Skip to toolbar