iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Tips & Tricks 7 Cara Memotret Keindahan Musim Hujan

7 Cara Memotret Keindahan Musim Hujan

Hampir setahun yang lalu, di tengah-tengah musim hujan, kita pernah membahas tentang memotret hujan, tapi gak ada salahnya kan sekarang di awal-awal musim hujan kita membahas hal yang sama, dengan beberapa pengembangan dan pembahasan lebih dalam tentunya. Soalnya kan sayang kalau selama musim hujan ini kita malah jadi jarang motret, padahal justru di saat-saat seperti ini banyak sekali kesempatan untuk merekam objek-objek yang menarik di luar sana.

So, yuk kita simak 7 tips memotret di saat hujan di bawah ini:

1. Memotret Tetes Hujan Melalui Jendela

Yang membuat kita malas untuk memotret di waktu hujan biasanya dikarenakan beberapa kondisi seperti takut handphone/camera kita basah terkena hujan atau males berbecek-becek ria. Tapi kata siapa memotret hujan haruslah keluar ruangan? Kita bisa kok memotretnya dari dalam ruangan, tetes-tetes hujan yang menempel di kaca jendela itu bisa menjadi subjek foto yang bagus loh.

Processed with VSCOcam with c6 preset

Copyright of Kwe Bentum

Tentu saja untuk mendapatkan hasil foto yang bagus kamu gak bisa dengan serta merta motret tetesan hujan tersebut, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, salah satu yang paling penting untuk diperhatikan adalah apakah di luar ada scene yang menarik seperti suasana kota yang sibuk, orang-orang yang berpayung ria, pemandangan cityscape dari ketinggian, atau scenery pedesaan yang menarik.

Bila scene yang menarik berhasil didapatkan tidaklah masalah darimana kamu mengambil foto nya, kamu bisa memotret dari dalam rumah atau kantor, dari balik jendela sebuah coffee shop, jendela mobil atau kendaraan umum, dan masih banyak lainnya.

iPhone Photos Rain 36

Copyright of Kwe Bentum

Foto tetesan hujan pada jendela akan tampak lebih bagus jika tetesan airnya tampak tajam, sedangkan latar belakangnya tampak blur. Untuk menciptakan depth of field seperti ini, kamu harus mendekatkan iPhone mu ke jendela, lalu lakukan tap pada salah satu tetesan air untuk menetapkan titik focus.

iPhone Photos Rain 11

Copyright of Kwe Bentum

Jika di luar terdapat pergerakan seperti orang berjalan, atau mobil melintas, ada baiknya kamu melakukan AE/AF Lock agar iPhone mu tidak melakukan refocus setiap kali ada objek yang bergerak. Caranya adalah dengan melakukan tap lalu tahan selama beberapa detik pada layar hingga muncul tulisan AE/AF Lock di bagian atas layar.

iPhone Photos Rain 29

Copyright of Kwe Bentum

Jika yang akan kamu potret adalah sebuah jalanan yang sibuk, maka penting artinya untuk merekam sebuah ‘momen’. Tunggulah dengan sabar hingga kamu melihat sesuatu yang menarik, seperti orang yang menggunakan payung warna-warni atau mengenakan jasa hujan berwarna cerah.

Atau kamu juga bisa meminta temanmu untuk berdiri di bagian lain dari jendela sehingga kamu dapat memotret sebuah foto portrait yang creative.

iPhone Photos Rain 7

Copyright of Kwe Bentum

2. Potret Refleksi Pada Tetesan Air

Jika kamu memperhatikan secara dekat sebuah tetesan air, kamu akan melihat sebuah refleksi kecil yang dihasilkan olehnya. Mereka biasanya akan tampak lebih jelas jika tetesan air tersebut berada pada jendela kaca atau permukaan metal seperti pada mobil.

iPhone Photos Rain 27

Copyright of Kwe Bentum

Untuk menangkap detail dari refleksi tersebut, kamera iPhone mu haruslah cukup dekat dengan tetesan air tersebut. Kalau kamu punya lensa macro, gunakan lensa tersebut untuk memotret secara extreme close up dan mengambil detail yang luar biasa dari refleksi pada tetes air tersebut.

Untuk hasil terbaik, pastikan ada sesuatu yang menarik yang tercerminkan pada tetesan air, seperti gedung yang iconoc, pohon, mobil, atau orang.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Copyright of Kwe Bentum

Kalau kamu ingin membeli lensa macro, kamu bisa lihat di artikel 10 Hadiah Terbaik Bagi iPhone Photographer

3. Ciptakan Sesuatu yang Abstract Dengan Tetesan Air.

Tetes-tetes air memberikan banyak sekali kesempatan padamu untuk menciptakan gambar abstrak yang menarik. Abstract Photography adalah tentang bagaimana membuat sebuah foto dengan objek biasa dengan cara yang unik dan imajinatif.

Jika hujan lebat, cobalah memotret melalui jendela, gunakan air yang ada untuk membuat blur dan mendistorsi scene di luar.

iPhone Photos Rain 23

Copyright of Kwe Bentum

The photo above was taken through the windshield of a car. I loved how the raindrops distorted the trees outside, so I waited for a person with an umbrella to walk into the frame, then snapped this shot.

Butiran air pada permukaan transparan juga sangat bagus untuk menciptakan gambar abstrak. Isi keseluruhan frame dengan butiran air sehingga mereka membentuk pola yang abstrak.

iPhone Photos Rain 4

Copyright of Kwe Bentum

Jika kamu memotret butiran air pada permukaan yang memantul, kamu mungkin akan mendapatkan refleksi yang menarik juga.

Kamu juga bisa memusatkan perhatian pada jaring laba-laba, mereka biasanya menahan tetesan hujan dan bentuknya cukup menarik dan abstraktif.

20151207203409

Copyright of @ulie

Dengan abstract photography, orang yang melihatnya dapat menghargai keindahan karya seni, bahkan jika mereka tidak daat dengan segera menyadari apa yang sedang terjadi pada sebuah scene.

Abstract photography memberimu begitu banyak kebebasan untuk berkreasi sekreatif mungkin terhadap foto mu, dan hujan adalah sebuah media yang sempurna untuk hal ini.

4. Carilah Orang Dengan Payung

Pada sebuah hari hujan, kamu akan mendapatkan payung yang berlimpah yang dapat menjadi tambahan keren untuk foto mu. Mereka menambahkan secercah warna dan bentuk geometris yang kuat ke dalam gambar mu.

Payung juga bagus untuk menciptakan kesan misterius dan dramatis ke dalam foto karena ia menyembunyikan wajah dari subjek  mu.

 

iPhone Photos Rain 20

Biasanya hujan itu moodnya gelap, abu-abu, jadi sebuah payung warna-warni akan tampak sangat menonjol di tengah-tengah lingkungan tersebut. Selain itu, payung dapat menciptakan sebuah titik fokus yang kuat pada komposisi mu, dimana hal ini akan sangat berguna saat memotret jalanan/scenery yang sibuk.

Tanpa payung, foto di bawah akan menjadi sangat “sibuk” dengan warna-warna yang cerah dan shadow batang pohon dan ranting yang saling menumpuk tanpa adanya point of interest. 

20151207203455

Copyright of @sigithartanto

Tetapi payung dengan langsung menangkap perhatian, mengarahkan pandangan menuju scene dan langsung menuju subjek di dalam foto.

iPhone Photos Rain 28

Copyright of Kwe Bentum

Kamu juga bisa memotret payung dari jarak dekat, hingga mengisi sebagian besar dari frame malah, agar kamu dapat merekam bagian detail dari tetesan air pada payung.

 

Cara lain untuk memotret payung adalah dengan menggunakan “high perspective”. Naiklah ke tempat tinggi seperti sebuah jembatan, lalu lihatlah ke bawah dan potret seseorang yang berjalan menggunakan payung.

Processed with VSCOcam with hb1 preset

Copyright of Kwe Bentum

Memotret dari sudut bird’s eye view ini akan menghasilkan sebuah titik fokus yang menarik yang memperkuat kekuatan bentuk dari sebuah payung.

5. Memotret Refleksi Pada Genangan

Setelah hujan, kamu akan menemukan banyak sekali genangan yang dapat kamu gunakan untuk menciptakan foto refleksi nan menawan.

iPhone Photos Rain 13

Copyright of Kwe Bentum

Kamu dapat menemukan genangan di berbagai tempat; parkiran, persimpangan jalan, trotoar, sisi jalan, dan banyak lainnya. Begitu juga dengan cara memotret refleksi pada genangan-genangan tersebut, ada banyak.

Pertama-tama, carialh genangan yang memantulkan objek-objek menarik dari lingkungan sekitarnya.

 

Abstract iPhone Photo 17

Copyright of Kwe Bentum

Pepohonan, bangunan, manusia, dan kendaraan semua adalah subjek-subjek bagus yang refleksinya dapat kamu potret dalam sebuah genangan.

Lakukanlah percobaan dengan berbagai sudut pengambilan foto hingga kamu mendapatkan perspective terbaik. Bergeraklah memutar, memotret dari atas, dari bawah, samping, jangan takut untuk mencoba.

Copyright of @Hlga

Copyright of @Hlga

 

Kamu juga dapat memasukkan baik refleksi maupun objeknya dalam satu frame yang sama untuk menciptakan komposisi simetris seperti di atas. Atau sebagai alternatif kamu juga bisa hanya memasukkan sedikit saja bagian dari objek yang terefleksi.

 

12230949_1057016580989439_1584503108_n

Copyright of @hlga

Ingatlah bahwa gak ada yang namanya sudut benara atau salah, sudut pandang terbaik itu tergantung kepada komponen apa yang ada di dalam refleksi dan apa cara pandang kreatif mu.

Seperti misalnya membalikkan foto mu, mungkin untuk foto dengan objek biasa hal ini akan menjadi aneh untuk dilakukan, tetapi pada genangan hal ini dapat menghasilkan sebuah gambar yang unik, dimana sekaligus juga dapat membantu orang yang melihatnya untuk lebih memusatkan perhatian pada elemen genangan.

 

iPhone Photos Rain 32

Copyright of Kwe Bentum

Meskipun memotret refleksi pada genangan dapat dilakukan setelah hujan berhenti, tetapi jika dilakukan saat hujan masih berlangsung akan membuatmu dapat memotret riak-riak air dari tetesan hujan yang jatuh mengenai genangan

6. Memotret Refleksi Pada Permukaan Basah

Sebuah cara lain untuk memotret keindahan di dalam hujan adalah dengan memperhatikan permukaan yang basah. Sebuah jalanan umum atau trotoar dapat menjadi sesuatu yang menarik karena ia tiba-tiba menjadi sebuah permukaan yang seperti cermin.

iPhone Photos Rain 30

Copyright of Kwe Bentum

Tanpa air dan refleksi, jalanan dan trotoar biasanya tampak sangat gelap di dalam gambar mu. Tetapi jika ia basah, cahaya yang memantul dari air  akan menciptakan foreground yang jauh lebih terang dari yang biasanya kamu dapatkan di saat cuaca kering.

Refleksi tersebut juga menciptakan berbagai warna dan daya tarik visual yang menarik pada foreground, hal ini secara otomatis akan menarik perhatian orang yang melihat foto mu.

Copyright of @johannessitorus

Copyright of @johannessitorus

 

 

Refleksi pada jalanan yang basah biasanya tampil lebih menarik pada malam hari. Pantulan dari lampu jalanan dan neon sign akan menciptakan bagian terang yang indah dan hangat pada bagian bawah foto mu.

iPhone Photos Rain 38

Copyright of Kwe Bentum

7. Memotret Percikan Air

Hujan memberikan kesempatan bagus untuk memotret percikan air yang keren. Memotret seseorang melompat ke sebuah genangan adalah salah satu cara termudah untuk menciptakan action shot yang unik menggunakan iPhone mu.

iPhone Photos Rain 34

Copyright of Kwe Bentum

Pilihan lainnya adalah dengan melempar sebuah batu ke dalam genangan dan memotret cipratan dan riak yang dihasilkannya. Memotret cipratan air adalah tentang timing yang tepat, dan untuk memastikan kamu memotret di saat yang tepat, gunakan fitur burst mode (tekan tombol shutter terus menerus) saat memotret.

 

Rainy Day iPhone Photos 11

Copyright of Kwe Bentum

Pastikan kamu mulai memotret persis sebelum seseorang melompat ke atas genangan, dan jangan lepas tombol shutter hingga percikan air selesai.

 

So, jangan takut lagi sama hujan ya, karena ternyata ia malah memberikan kita banyak sekali kesempatan untuk menghasilkan foto-foto keren yang gak bisa kita dapatkan pada cuaca yang normal. Yuk kita hujan-hujanan!!

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article Source: http://iphonephotographyschool.com/rain/

 

Skip to toolbar