iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News Memotret Konser Menggunakan Mobile Camera

Memotret Konser Menggunakan Mobile Camera

Bagi para mobile photographer, memotret sebuah pertunjukkan musik merupakan sebuah tantangan besar. Jarak ke arah pangung yang cukup jauh, intensitas cahaya yang tidak stabil, hingga pemusik yang terus bergerak adalah kendala-kendala yang biasanya dihadapi oleh mereka yang mengandalkan mobile camera sebagai senjata untuk merekam suasana.

Dengan berbagai kendala tersebut apakah mungkin untuk menghasilkan foto konser yang bagus menggunakan mobile camera? Jawabannya adalah ya! Dengan mempelajari tips-tips di bawah ini, kamu akan bisa menciptakan sebuah foto konser dengan kualitas mendekati, kalau tidak bisa dibilang menyamai foto yang dihasilkan menggunakan SLR.

1. Mendekatlah Ke Arah Panggung.

Untuk mengatasi masalah jarak antara kita dan panggung, tidak ada cara lain selain mendekat ke arah panggung. Kenapa harus mendekat? Karena kamu pasti gak menginginkan pemusik yang lagi beraksi hanya tampak seperti sebuah noktah tidak jelas di dalam fotomu.

Meskipun hampir semua mobile camera saat ini memiliki fitur zoom, bahkan yang dimiliki oleh iPhone sekalipun kualitasnya tidaklah terlalu bagus. Hal ini dikarenakan jenis zoom yang digunakan adalah digital zoom bukanlah optical zoom.

iPhone Music Concert Photography 1

Melakukan zoom dengan kakimu (alias berjalan) adalah pilihan yang lebih bagus. Kalau kamu ingin memotret band atau penyanyi favoritemu secara close up, kamu harus berada sedekat mungkin dengan panggung.

Semakin dekat, semakin banyak detail yang dapat kamu tangkap, seperti ekspresi dan detail dari instrumen yang digunakan.

iPhone Music Concert Photography 11

Kalau kamu tidak bisa terlalu dekat dengan panggung, mungkin kamu perlu berinvestasi dengan membeli lensa tele seperti ‘Olloclip’. Dengan menggunakannya, maka kamu dapat melakukan optical zoom sehingga detail dari aksi panggung dapat kamu rekam tanpa perlu bergerak dari tempatmu berdiri.

2. Memotret Mood Konser.

Tergantung dari jenis konser yang kamu hadiri, mungkin kamu tidak bisa mendekat ke arah panggung dikarenakan aturan tempat duduk atau penonton yang terlalu ramai. Padahal jika kamu terlalu jauh dari panggung, akan sangat sulit untuk mendapatkan foto yang bagus dari para pemusik.

Tetapi hal ini tidak berarti kamu tidak dapat mendapatkan foto yang bagus dari pertunjukkan tersebut.  Daripada mencoba memotret band dari kejauhan, cobalah untuk memusatkan perhatian pada memotret kesan berada pada sebuah konser.

iPhone Music Concert Photography 6

Banyak grup musik menggunakan lighting untuk menciptakan tampilan yang unik bagi pertunjukkan mereka. Kamu dapat juga menciptakan foto yang unik dramatis menggunakan pertunjukkan cahaya yang sama.

Untuk memastikan cahay yang  tampil tidak terlalu terang (over exposed) kamu harus mengurangi exposure pada aplikasi kameramu, setelah melakukan focusing, cukup swipe ke bawah pada layar untuk menguranginya

iPhone Music Concert Photography 2

Bila penontonnya berdiri atau berjoget, kamu dapat menambahkan daya tarik pada fotomu dengan memotret mereka sebagai siluet dengan cahaya panggung di bagian belakang. Sekali lagi, untuk mendapatkannya kamu harus mengurangi exposure pada kameramu.

3. Gunakan Burst Mode 

Konser adalah lingkungan yang sangat dinamis. Band, cahaya dan penonton bergerak secara konstan sehingga menjadikannya sulit untuk memprediksi kapan waktu yang tepat untuk memencet tombol shutter dan mengambil gambar.

Keberuntungan dapat menjadi bagian penting dalam mendapatkan foto yang bagus dari sebuah pertunjukkan musik, dan akan sangat banyak momen yang tidak dapat diulang. Oleh karena itu salah satu cara terbaik untuk menaikkan tingkat keberuntungan dan mendapatkan jepretan yang bagus adalah dengan mengambil lebih banyak foto.

Menggunakan fitur burst mode adalah pilihan yang paling efektif. Cukup tekan tombol shutter terus menerus untuk mengambil serangkaian foto secara cepat. Nanti kamu bisa melihat rangkaian foto tersebut, menyimpan yang terbaik dan menghapus sisanya.

iPhone Music Concert Photography 7

Foto di atas dihasilkan mutlak karena keberuntungan. Secara mendadak seorang penonton mengangkat tangannya, membuatnya tampak seperti meraih panggung untuk bermain keyboard.

Jika kamu memposisikan diri dan mengambil foto dengan jumlah cukup, seharusnya kamu dapat mengambil momen unik seperti itu. Menggunakan burst mode sudah pasti akan memberimu kesempatan lebih untuk meraih jepretan yang sempurna disaat orang-orang bergerak tak beraturan.

4. Jangan Gunakan Flash

Meskipun kualitas flash pada iPhone dan mobile phone model terbaru cukup bagus kualitasnya untuk beberapa kondisi tertentu, tetapi ia tidak cocok untuk memotret konser.

Banyak orang salah kaprah dengan berpikir bahwa mereka harus menggunakan flash saat memotret konser dikarenakan keadaan yang ‘low light’.

iPhone Music Concert Photography 3

Mereka tidak mempertimbangkan bahwa kekuatan efektif dari flash pada mobile camera hanyalah beberapa meter saja, sedangkan panggung berada jauh di belakang.

Menggunakan flash hanya akan menyinari bagian belakang kepala dari penonton yang ada di depanmu, dan secara langsung akan mengganggu tingkat exposure dari fotomu.

Tidak ada kemungkinan cahaya flash menyinari panggung, oleh karena itu lebih baik pastikan flash dalam keadaan off.

5. Gunakan Lampu Panggung.

Daripada menggunakan flash dari mobile camera untuk menyinari scene, lebih baik gunakan lampu panggung bertenaga yang tersedia untuk mencapai tujuanmu.

Akan ada lampu spot yang menyinari anggota band, juga akan ada lampu general yang menyinari panggung secara keseluruhan. Lampu-lampu tersebut harusnya sudah menyediakan cahaya yang cukup bagimu dalam menghasilkan foto konser yang bagus.

iPhone Music Concert Photography 4

Ingatlah bahwa lampu-lampu tersebut dapat menjadi sangat terang, sehingga kemungkinan kamu perlu mengurangi exposure pada kamera dengan melakukan teknik yang sudah dijelaskan di atas. Mengurangi tingkat exposure akan mencegahmu dalam mendapatkan area over exposed yang terlalu luas pada foto mu.

Perlu diingat pula bahwa lampu panggung akan terus berubah, baik dari segi arah maupun warnanya. Hal ini akan membuatmu kesulitan dalam menebak apa yang akan terjadi berikutnya. Untuk memberimu kesempatan lebih besar dalam mendapatkan foto yang bagus, gunakanlah burst mode untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Bersambung ke bagian II…

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and Photo Source: http://iphonephotographyschool.com/music/

Skip to toolbar