iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Penggunaan “The Rule Of Thirds” – Bagian I

Penggunaan “The Rule Of Thirds” – Bagian I

Dulu banget kita sudah pernah ngebahas tentang rule of thirds. Pada pengumuman pemenang iPhonesia of the day dan iLeague kalau kamu perhatikan cukup sering juga terdapat istilah tersebut. Teknik komposisi yang satu ini memang cukup penting artinya dalam dunia photography, karena ia memberikan keseimbangan di dalam sebuah foto.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 1o cara pengaplikasian rule of thirds agar elemen-elemen dan subjek penting di dalam foto iPhone mu dapat diposisikan dengan tepat.

1. Menempatkan Horizon pada Landscape

Jika kamu memotret landscape, salah satu hal yang paling penting untuk dipikirkan saat mengatur komposisi foto adalah rule of thirds.

Secara umum, foto landscape tidak akan tampak bagus jika horizon tepat melintang di tengah-tengah foto. Memposisikan horizon di tengah cenderung membagi foto menjadi dua bagian, dan hal ini tidaklah enak untuk dipandang.

Untuk komposisi yang lebih seimbang secara alami, cara terbaik adalah dengan menempatkan horizon di, atau dekat dengan salah satu garis horizontal dari garis-garis thirds. Baik di bagian atas atau bawah gridlines tergantung dari apa yang ingin kamu tonjolkan dari scene.

iPhone Photos Rule Of Thirds 9

Janice McEwan – iPhone Photo Masters Student

Jika langitnya tampak lebih menarik dibanding foreground, seperti foto sunset indah di atas, maka tempatkanlah horizonnya pada bagian bawah dari garis thirds.

Hal ini membuatmu dapat mengisi 2/3 frame dengan langit, hingga menarik perhatian orang ke pada bagian tersebut.

Lain halnya jika landscape yang ada memiliki foreground yang menarik, maka perlu dipertimbangkan untuk menempatkan garis horizon pada bagian atas dari garis thirds.

iPhone Photo Composition Viewpoint 5

Stella Oliver – iPhone Photo Masters Student

Pada foto pantai di atas, garis, tekstur, dan refleksi pada foreground menambah banyak sekali daya tarik visual ke dalam scene.

Sehingga dalam kasus ini, sang photographer membuat keputusan teat dengan memposisikan garis horizon pada bagian atas garis thirds, sehingga bagian foreground mengambil porsi yang besar di dalam foto.

2. Menempatkan Subjek Utama “tidak” di Tengah

Apapun scene yang ingin kamu potret, tanyakan pada diri mu sendiri, “Apa yang menjadi subjek utama pada scene ini?”. Begitu kamu mengetahui apa yang menjadi subjek utama, kemudian kamu perlu memutuskan di manakah posisinya di dalam scene.

Apakah kamu akan menempatkannya di tengah, atau tidak. Jika kakamu tidak menempatkannya di tengah, di bagian manakah tepatnya? Rule of thirds dapat membantu mu dalam hal ini.

Meskipun terkadang penempatan subjek di tengah dapat memberikan dampak yang kuat, tetapi foto mu biasanya akan tampak lebih alami dan seimbang jika subjeknya ditempatkan tidak di tengah. Lebih tepatnya pada titik temu antara garis vertikal dan horizontal.

iPhone Photos Rule Of Thirds 3

Janice McEwan – iPhone Photo Masters Student

Pada foto di atas, sang photographer menggunakan rule of thirds untuk menentukan posisi baik horizon maupun subjek utamanya (matahari tenggelam)

Sang matahari ditempatkan kira-kira pada titik temu antara garis atas dan garis kiri. Fotonya menjadi tampak seimbang dengan komposisi tersebut.

iPhone Photos Rule Of Thirds 5

Fiona Grose – iPhone Photo Masters Student

Foto di atas juga menjadi salah satu contoh baik lainnya dalam penggunaan rule of thirds untuk memposisikan baik horizon maupun subjek utama.

Kali ini, garis horizon ditempatkan dekat dekat dengan bagian bawah dari frame untuk memberikan prioritas kepada  langit yang dramatis. Lalu pohonnya, yang berfungsi sebagai subjek utama, diposisikan pada pertemuan antara garis bawah dan garis kanan.

3. Menempatkan Mata di Portrait Foto

iPhone Photos Rule Of Thirds 15

Janet Cashin – iPhone Photo Masters Student

Jika kamu memotret portrait dari orang atau binatang, gunakan rule of thirds untuk membantumu dalam menempatkan wajah dan mata mereka pada scene.

Mata adalah tempat di mana perhatian orang akan tertuju pertama kalinya, maka menempatkan mereka tidak di tengah sesuai rule of thirds biasanya akan menciptakan komposisi yang paling kuat.

Jika kamu dapat melihat kedua mata, tempatkan mereka sepanjang garis atas seperti yang dilakukan Janet di atas. Jika sang subjek berpose menyamping dan kamu hanya dapat melihat satu mata saja, tempatkan mata tersebut di titik pertemuan antara dua garis.

Penempatan posisi sesuai rule of thirds ini akan menciptakan sebuah gambar yang sangat alami dan seimbang secara komposisi.

4. Memecah Simetris

iPhone Photos Rule Of Thirds 2

Jeremy Searle – iPhone Photo Masters Student

Alasan utama untuk menempatkan horizon di tengah adalah saat dimana kamu memiliki air di bagian foreground yang membuatmu dapat menciptakan gambar simetris menggunakan refleksi.

Akan tetapi, kamu masih dapat menggunakan rule of thirs ke dalam gambar simetris dengan memasukkan sebuah subjek utama yang ditempatkan di luar titik tengah. Hal ini memiliki efek yang luar biasa dengan memecah simetris dan menciptakan gambar yang lebih menarik seperti pada contoh foto di atas.

5. Meluruskan Subjek Vertical

iPhone Photos Rule Of Thirds 4

Luis Fernandez – iPhone Photo Masters Student

Jika kamu memotret subjek secara vertikal seperti orang, gedung tinggi, atau setangkai bunga seperti foto di atas, selalu berhati-hatilah tentang di mana kamu menempatkannya di dalam frame.

Menempatkan sebuah subjek tinggi di tengah-tengah frame akan memiliki dampak yang sama dengan jika kamu menempatkan horizon di tengah, ia membagi gambar menjadi dua bagian dan dapat terlihat seperti kamu tidak terlalu perduli tentang komposisi foto mu.

Dengan melakukan komposisi seperti foto di atas dengan batang mawar di bagian kiri membuatnya menjadi penyeimbang dari bagian detail di sebelah kanan frame.

 

Bersambung ke bagian II

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and Photo Source: http://iphonephotographyschool.com/rule-of-thirds-tips/

 

Add a comment

Skip to toolbar