iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography How To Penggunaan “The Rule Of Thirds” – Bagian II

Penggunaan “The Rule Of Thirds” – Bagian II

Setelah satu minggu kita membahas tentang The Rules Of Thirds bagian pertama, sekarang kita lanjut yuk tentang kegunaan aturan komposisi paling dasar ini.

6. Menghasilkan Negative Space

iPhone Photos Rule Of Thirds 8

Jude Dundas – iPhone Photo Masters Student

Negative space adalah sebuah ruangan/area di dalam scene, dan ia dapat memiliki sebuah dampak yang kuat ke dalam foto mu. Ruang kosong membuatmu dapat menciptakan komposisi yang bersih dan sederhana, menempatkan penekanan yang maksimal terhadap subjek mu karena tidak ada hal lain yang berkompetisi meraih perhatian.

Meskipun sebuah scene minimalis seperti ini tampak sederhana hanya dengan sangat sedikitnya elemen, tetapi posisi dari subjek utama mu tetaplah sangat penting artinya. Sangatlah mudah untuk menciptakan sebuah komposisi yang aneh dan tidak seimbang dengan banyaknya ruang kosong.

Menggunakan rule of thirds akan membuatmu dengan cepat dan mudah menciptakan komposisi yang seimbang dimana sang subjek menjadi penyeimbang dari ruang kosong.

Jadi kapanpun kamu memotret sebuah scene dengan banyak ruang kosong, pertimbangkan untuk menempatkan subjek utama mu pada salah satu ‘gridlines’, atau dimana dua garis bertemu.

 

7. Meninggalkan ‘Active Space’ Untuk Subjek Bergerak

World Trade Center at the West Concourse Main Level C2

Luis Fernandez – iPhone Photo Masters Student

Rule of thirds sangatlah sempurna untuk scene dimana subjek mu bergerak dari satu sisi frame ke sisi lainnya. Kenapa? Karena dengan meninggalkan lebih banyak space di depan subjek mu memberi mereka ruang untuk “bergerak”.

Pada contoh foto di atas, Luis menempatkan subjek yang sedang bergerak di sepertiga bagian kiri dari frame. Hal ini membuat kita yang melihatnya dapat dengan mudah membayangkan wanita tersebut bergerak di dalam frame menuju ruang di hadapannya.

Jika ia ditempatkan di bagian kanan dari frame, ia akan tampak seperti sedang akan berjalan keluar dari foto. Pada beberapa kasus hal ini dapat bekerja dengan baik karena ia menciptakan kesan dramatis, tetapi biasanya lebih baik untuk meninggalkan ruang di depan subjek mu dibanding di belakangnya.

 

8. Meninggalkan Ruang Untuk Dilihat Oleh Subjek

iPhone Photos Rule Of Thirds 11

Luis Fernandez – iPhone Photo Masters Student

Kamu juga dapat menggunakan rule of thirds untuk mengatur komposisi foto dimana subjek mu sedang melihat ke kiri atau kanan dari frame.

Yang terbaik adalah meninggalkan ruang lebih banyak di arah subjek mu memandang sehingga memberikan ruangan untuk dipandang. Mirip dengan subjek bergerak, ia membuat kita dapat mengikuti arah pandang sang subjek dan melihat apa yang sedang mereka lihat.

 

9. Menonjolkan Bagian Penting Dari Subjek Close Up

iPhone Photos Rule Of Thirds 7

Luis Fernandez – iPhone Photo Masters Student

Kamu mungkin tidak akan berpikir tentang rule of thirds saat mengambil foto close up, tetapi foto bunga nan indah di atas mendemontrasikan betapa efektifnya aturan tersebut.

Bagian tengah dari bunga adalah titik fokus dari foto tersebut, maka Luis membuat sebuah keputusan yang sangat baik dengan menempatkan elemen tersebut pada titik temu antara dua ‘gridlines’.

 

10. Gunakan Rule Of Thirds Untuk Membuat Komposisi Abstrak

iPhone Photos Rule Of Thirds 13

Ashwin Prasad – iPhone Photo Masters Student

Mirip dengan saat memotret close-up, jika kamu memiliki sebuah scene dengan kualitas abstrak seperti pola, garis, dan tekstur, kamu dapat menggunakan rule of third saat bereksperimen dalam penempatan elemen-elemen yang berbeda.

Carilah garis dan objek lain yang dapat kamu tempatkan sejajar dengan ‘gridlines’ atau pada pertemuan antara dua garis. Gunakan elemen tersebut untuk membagi komposisi menjadi sepertiga dan dua pertiga bagian.

Teknik ini adalah sebuah cara yang mudah dalam menciptakan sebuah komposisi yang harmonis dari beberapa elemen dasar abstrak.

 

Nah, lengkap sudah 10 cara penggunaan aturan komposisi paling dasar yaitu Rule Of Thirds. Semoga dengan artikel ini bisa membantumu dalam menciptakan foto yang lebih seimbang secara komposisi dan indah untuk dilihat. Selamat mencoba!

 

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and Photo Source: http://iphonephotographyschool.com/rule-of-thirds-tips/

 

Add a comment

Skip to toolbar