iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News Review Aplikasi: Focus

Review Aplikasi: Focus

Kata orang tua jaman dulu, “belum motret kalau belum bisa manual”. Atau dalam istilah permobilan, “lakik itu pake tiga pedal”. Tapi emangnya ada apa sih dengan si manual ini? Kenapa dia jadi seakan-akan pembeda antara yang keren sama yang amatiran?

Kalau di dunia photography, manual artinya mengatur sendiri berbagai faktor seperti eksposurefokus, hingga white balance. Memang terdengar lebih ribet apalagi di dunia saat ini yang serba otomatis, akan tetapi jika kamu dapat menguasainya dengan baik maka karya-karya mu hampir dapat dipastikan akan meningkat secara kualitas.

Tapi, emangnya Mobile Phone bisa juga melakukan “pemotretan” secara manual? Saya sendiri kurang mengetahui apa yang terjadi di sistem operasi lain, tetapi di iOS bisa! Pengendalian secara manual pada iOS telah dimulai sejak tahun 2015, dan seiring dengan membuka dirinya iOS terhadap pengendalian manual ini mulai bermunculan juga aplikasi-aplikasi yang memanfaatkannya. Saking banyaknya samapi bikin bingung mana yang bagus mana yang cuma ala kadarnya.

Salah satunya yang oke banget adalah aplikasi bernama “Focus”. Selain memberikan kontrol penuh terhadap shutter speed, white balance, ISO, ia juga sangat menonjol dalam urusan pengendalian fokus secara manual. Kita simak yuk kelebihan-kelebihan dari aplikasi ini.

Focus App iPhone Photos 1

Manual Fokus Mudah & Cepat

Nama dari aplikasi ini, Focus, mengambil nama dari fitur utama mereka – Smart Focus Peaking™.

Meskipun memang Focus bukanlah aplikasi kamera pertama yang menawarkan focus ‘peaking’ (PuresShot dan 645 Pro adalah contoh lainnya), tetapi ia memiliki salah satu pengaplikasian terbaik dari ‘focus peaking’ – bahkan lebih baik dari beberapa kamera mirrorless yang ada di pasaran.

Focus ‘peaking’ sendiri adalah sebuah fitur dimana bagian dari gambar yang berada dalam keadaan tajam secara fokus akan diberi highlight dengan warna tebal. Hal ini akan membuat mu lebih mudah untuk menyesuaikan fokus tanpa perlu melihat terlalu dekat kepada layar.

Focus App iPhone Photos 3

Cukup lakukan slide dengan jari mu ke ata atau ke bawah untuk mengatur fokus. Di saat gambar bergerak masuk dan keluar fokus, kamu akan melihat area mana yang berada di dalam fokus dengan melihat area mana yang terkena highlight.

Kamu juga dapat memilih untuk memiliki ‘peaking’ tampak setiap saat atau hanya saat mengatur fokus. Yang terakhir adalah pengaturan secara ‘default’ dan lebih banyak dipilih oleh para pengguna.

Focus App iPhone Photos 12

Kamu juga dapat memilih warna dari fitur ‘peaking’ ini. Kamu dapat memilih warna dari highlight mulai dari kuning, merah, hijau, atau biru.

Biasanya, warna kuning akan bekerja lebih baik pada sebagian besar kondisi pencahayaan.

Kontrol Manual Exposure

Seperti aplikasi manual camera yang bagus lainnya, Focus juga menawarkan kendali penuh terhadap pengendalian eksposure pada kamera iPhone mu

Focus App iPhone Photos 6

Melalui control yang mudah digunakan, kamu dapat dengan cepat mengatur white balance, shutter speed, dan ISO

Atau jika kamu merasa malas dan lebih memilih untuk menggunakan pengaturan auto exposure, kamu tetap dapat melakukan tweak sederhana dengan menggunakan Exposure Compensation.

Focus App iPhone Photos 13

Pengendalian Flash Yang Cukup Baik

Salah satu fitur keren lainnya ada pada pengendalian flash. Meskipun banyak orang mengatakan untuk sedikit saja menggunakan flash yang tertanam pada iPhone mu, Focus menawarkan sebuah fitur yang dapat sangat membantu di situasi yang tepat.

Focus App iPhone Photos 9

Sebagai tambahan dari tipikal pengaturan Flash On, Flash Off, dan Flash Auto, Focus dapat dengan mudah merubah LED iPhone menjadi sebuah ‘fill light’. Bahkan kamu dapat mengatur intensitas dari lampu tersebut melalui sebuah pengaturan yang sederhana. Dengan begitu kamu dapat mengubah cahaya LED iPhone yang biasanya terlalu ‘keras’ menjadi lebih enak untuk dilihat.

Fitur Tambahan

Beberapa fitur tambahan yang akan meningkatkan pengalaman memotret mu antara lain:

  • Live display nilai ISO dan Shutter
  • Live light meter
  • 3D Level untuk membantu mempertahankan garis horizon yang lurus
  • Tuntunan komposisi Rule of Thirds, Triangle, dan Golden Spiral
  • Timer dengan pengaturan 3 dan 10 detik
  • Photos tersimpan langsung ke iPhone mu untuk kemudahan akses dan editing

Focus App iPhone Photos 14

Kesimpulan

Fokus adalah sebuah aplikasi pengganti kamera yang dapat dengan mudah menjadi aplikasi andalan jika kamu lebih memilih untuk menggunakan fitur pengendalian manual.

Tetapi jikapun tidak, kamu masih dapat menggunakannya secara full auto.

Sekarang tinggal kamu mencobanya sendiri untuk menentukan apakah ini ‘jodoh’ mu?

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and photo source: http://iphonephotographyschool.com/focus-app/

Add a comment

Skip to toolbar