iPhonesia - Mobile Photography Community

Home News The Craziest Mobile Photo Ever?

The Craziest Mobile Photo Ever?

rsz_01_huawei_p8_firerain-by-vonwong

Percayakah kamu kalau foto di atas ini diambil menggunakan Mobile Camera dan tanpa sentuhan Photoshop sama sekali?

Gak percaya? Kita simak cerita berikut ini yuk.

Pada suatu hari Benjamin Von Wong, seorang Fine Art Photographer, mendapat telepon dari agentnya, Suzy Johnston.

“Kamu tidak akan percaya telepon yang baru saja masuk” ujarnya dengan semangat.

“Ini pekerjaan yang sempurna, yang selama ini kamu tunggu-tunggu. Mereka memintamu untuk menciptakan foto tergila yang bisa kamu buat menggunakan telepon terbaru mereka, Huawei P8, untuk peluncuran global campaign mereka.”

“Dan, lebih kerennya lagi. Mereka menginginkanmu menggunakan api!”

Pada kondisi yang terbaik saja, api adalah salah satu objek paling menantang untuk dipotret. Bukan saja karena berbahaya, tetap cahayanya terus berubah seiring waktu. Long exposure menghasilkan motion blur, dan kontras yang tinggi antara subjek dan nyala api biasanya berarti dibutuhkan sebuah kamera yang luar biasa dengan dynamic range yang besar.
Meskipun dalam hidupnya ia menyukai tantangan baru yang menarik, Benjamin Von Wong agak sedikit khawatir. Ia terbiasa menggunakan high end camera seperti Mamiya Leaf Credp 80 seharga $ 33,000 miliknya untuk menghasilkan karya-karya seni surrealnya.
Untuk membuat keadaan menjadi lebih menantang, Sean Sim, Executive Creative Director dari proyek ini memberikan tiga aturan tambahan untuk dilakukan oleh Von Wong:
1. Ia harus menggunakan fungsi Light Painting
2. Modelnya harus dikelilingi oleh api
3. Benar-benar tidak boleh menggunakan photoshop
Perencanaan dan persiapan perlengkapan api dengan Starlight Alchemy — Shot on the Huawei P8

Apakah ini bisa berhasil?

Itu adalah pertanyaan pertama yang harus dijawab oleh Von Wong, dan satu-satunya jalan terutama dengan telepon yang belum diluncurkan adalah dengan melakukan percobaan sendiri. Maka pada suatu sore yang dingin di Shanghai, Von Wong beserta teamnya mengundang Starlight Alchemy untuk membantu mereka melakukan beberapa test penting  dan mempersiapkan test paling utama: Apakah mungkin memotret image yang ada di pikiran mereka hanya dengan menggunakan smartphone?

Setelah sekitar satu jam melakukan percobaan dengan engineers P8 sebagai model, dan beberapa ND Filter sederhana, akhirnya Von Wong merasa percaya diri. Ya! hal ini mungkin untuk dilakukan!

Test shots using the Huawei P8 with flames from Starlight Alchemy

Bagaimana cara kerjanya?

Secara tradisional, sensor yang lebih kecil tidak bisa menangkap long exposure tanpa meninggalkan sejumlah besar noise di dalam gambar. P8 menemukan jalan untuk memecahkan masalah tersebut, untuk meminimalisasi noise, ia akan menangkap beberapa gambar selama waktu yang tidak terbatas yang kemudian akan disusun menjadi satu, semuanya secara otomatis. Prinsipnya mirip dengan bagaimana membuat star trails, tetapi tanpa memerlukan computer!

Artinya adalah, ia memiliki kemampuan long exposure tanpa batasan waktu tanpa membuat objek menjadi overexposed selama kameranya tidak bergerak.

Setting up the P8 tethered to a laptop — Photo by Dan Lim

Set-up dan persiapan dimulai pada jam 3 sore di Shanghai pada sebuah lokasi dengan gaya eropa nan cantik. Hari itu sebetulnya cukup dingin dan kemungkinan untuk hujan lalu bersalju cukup besar, tetapi semangat cukup tinggi dalam menanti keajaiban yang akan diciptakan.

Pencahayaan untuk set didesain secara hati-hati untuk membuat pilar dan latar belakang tampak dengan jelas tanpa mengenai model mereka. Sedikit saja cahaya yang bocor akan membuat model mereka yang cantik tampak blur.

Untuk menyinari model tanpa blur, sebuah Bronlocor Flash digunakan dari arah atas dan dinyalakan secara manual dengan tangan.

Tambahkan sedikit “Magic” dengan bantuan dari Starlight Alchemy dan yang tinggal mereka lakukan adalah menciptakan bentuk yang sempurna.

Setelah lighting sudah siap, menciptakan foto-foto ini tinggal seperti melakukan sinkronisasi terhadap sebuah tarian. Sang telepon telah melakukan pekerjaannya, sekarang tinggal bagaimana melakukan koordinasi untuk mendapatkan gerakan yang tepat dan membuat klien senang.
From Left to Right — Photos by Sean Sim: Happy Clients / The Huawei P8 with a set of Formatt Hi-Tech ND filters taped to the Front / Starlight Alchemy making Natalia’s wings.

Inilah hasil akhirnya.

Final advertisement taken by Dan Lim of Benjamin Von Wong creation.

Sekarang kamu percaya kan foto luar biasa itu diambil menggunakan mobile camera tanpa menggunakan photoshop?

Luar biasa ya perkembangan Mobile Camera saat ini, semoga akan terus berkembang  seiring pesatnya pertumbuhan mobile photography.

Mau lihat proses behind the scene nya? Ini dia:

-RAA-

-inspired to inspiring-

Source: https://medium.com/von-wong/craziest-photo-ever-taken-with-a-smartphone-f6a9b2dcbf1c#.gyf2emhk9

Add a comment

Skip to toolbar