iPhonesia - Mobile Photography Community

Home Photography Tips Menciptakan Foto Minimalist Bag. I

Tips Menciptakan Foto Minimalist Bag. I

Minimalist iPhone Photos 9

Apa sih Minimalist Photography?

Minimalist photography adalah tentang bagaimana caranya kamu hanya memasukkan elemen terpenting di dalam frame. Kesederhanaan adalah kunci dari menciptakan sebuah foto minimalis yang luar biasa.

 

Processed with VSCOcam with se3 preset

Kekurangan adalah kelebihan dalam jenis photography ini. Ruang kosong, subjek sendiri, garis sederhana, pola geometris, dan warna kontras kesemuanya merupakan cara yang bagus untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Processed with VSCOcam with n1 preset

Meskipun terdengar mudah, mengambil foto minimalis yang bagus terkadang dapat lebih sulit dari yang kamu pikirkan. Mencari subjek, sudut, dan komposisi yang tepat dapat memakan waktu dan eksperimen. Tetapi saat kamu mendapatkannya dengan benar, hasilnya akan sangat luar biasa!

Apa Yang Menjadi Subjek Minimalist Yang Bagus?

Banyak objek yang dapat menjadi subjek yang bagus untuk foto minimalist. Ia sebenarnya lebih tergantung kepada lingkungan yang mengelilingi subjek tersebut. Tujuan dari minimalist photography adalah untk mengisolasi subjek utama mu, dan hal ini biasanya dilakukan dengan memastikan bahwa sang subjek memiliki banyak sekali ruang kosong di sekitarnya.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Perhatikanlah langit dengan seksama. Carilah objek yang dapat dipisahkan dari berbagai gangguan pada background hingga hanya langit yang berada di belakangnya. Secara alami kamu akan mencari gedung tinggi, jembatan, rambu, hingga pepohonan.

Processed with VSCOcam with e1 preset

Tetapi kamu juga dapat dengan mudah mengambil sesuatu yang menarik yang dapat kamu temukan dan memegangnya menghadap langit. Saat kamu menemukan objek mum pastikan bahwa tidak ada apapun di dalam frame yang dapat merusak gambar sebelum kamu memotret.

 

Minimalist iPhone Photos 12

Oke, sekarang yuk kita simak 10 cara dimana kamu dapat memulai mengeksplore genre yang indah ini, menciptakan komposisi sederhana yang luar biasa menggunakan iPhone mu.

1. Keep It Simple

Hal yang paling penting, dan paling jelas, tip untuk menciptakan komposisi minimal adalah menjaganya untuk tetap sederhana. Akan tetapi, hal ini bukanlah berarti foto mu tampak membosankan dan tidak menarik.

Selama kamu memilih subjek yang akan menarik perhatian orang, seharusnya photo mu akan ‘engaging’ dan menarik, meskipun ia tidak mengambil porsi besar pada frame.

 

Processed with VSCOcam with e6 preset

Begitu kamu memilih subjek untuk dipotret, pikirkan bagaimana kamu dapat menyederhanakan scene tersebut. Pastikan bahwa tidak ada elemen background yang mengganggu atau objek lain di dalam scene yang akan mengambil perhatian orang dari subjek utama mu.

Processed with VSCOcam with n1 preset

Pikirkan tentang apa yang ingin kamu masukkan dan apa yang ingin kamu keluarkan dari jepretan mu. Lalu bekerjalah untuk mencapai hal tersebut. Hal ini mungkin berarti memindahkan subjek mu ke lokasi yang berbeda untuk menggunakan background yang lebih bersih, atau memotret dari sudut yang berbeda untuk mengeliminasi objek yang menganggu dari scene.

2. Include Lots Of Negative Space

“Negative space” adalah ruang kosong yang mengelilingi subjek di dalam gambar. Seringnya, negative space digunakan sebagai latar belakang penetralisir atau membuat kontras untuk mengisolasi subjek utama. Subjek itu sendiri biasanya disebut sebagai “positive space”.

Kamu mungkin berpikir bahwa ruang kosong tidak terlalu penting artinya di dalam sebuah foto, tetapi hal tersebut tidaklah benar. Negative space adalah sebuah alat yang penting untuk membantumu dalam meningkatkan “point of interest” di dalam scene.

Processed with VSCOcam with b6 preset

 

Tanpa adanya elemen menganggu pada background, maka tidak ada apapun yang berkompetisi untuk menarik perhatian dengan subjek utama. Jadi meskipun subjek utamamu tampak sangat kecil di dalam scene, mereka akan tetap tampak sangat menonjol dikarenakan ruang kosong yang mengelilingi mereka.

Negative space juga dapat menolong untuk menciptakan ‘rasa’ ukuran di dalam gambar. Ia memberikan pemikiran yang bagus tentang seberapa besar atau kecil objek di dalam gambar sebenarnya. Hubungan antara ukuran dari negative space dan positive space akan secara alami menciptakan kesan tentang ukuran.

Menggunakan negative space dengan porsi yang besar jufa dapat membantu mu dalam menyeimbangkan dan mengkomposisikan gambar mu.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Jangan takut untuk menggunakan banyak negative space, terutama jika kamu memiliki subjek kuat seperti anak kecil menggunakan pakaian merah seperti foto di atas.

3. Memotret Ke Arah Background Yang Polos

Memotret ke arah background polos sangat penting artinya dalam minimalist photography. Kamu tidak menginginkan adanya objek menganggu atau pola yang bersaing dalam meraih perhatian dengan subjek utama.

 

Processed with VSCOcam with n1 preset

Tembok atau lantai yang polos adalah pilihan sempurna, jika subjek mu cukup kecil kamu dapat menempatkannya di atas meja atau permukaan polos lainnya.

Hal ini akan memberimu kendali penuh terhadap gambar mu. Jika kamu menginginkan sebuah background putih, tempatkan sebuah kain putih di lantai dan letakkan objek mu di atasnya. Jika kamu ingin background merah, gunakan kain merah.

Processed with VSCOcam with s2 preset

-bersambung-

-RAA-

-inspired to inspiring-

Article and photo source: http://iphonephotographyschool.com/minimalist/

Add a comment

Skip to toolbar