About Us

iPhonesia LogoBerawal dari gairahnya terhadap iPhoneography, Aries Lukman Tasmin, membuat akun twitter @iphonesia pada tanggal 29 November 2010. Dari twitter ini Aries mulai membuat tagar iphonesia hingga kemudian bertemu dengan Ivan ‘Ipong’ Sutanto dan Gunawan HP. Atas dasar kerinduan yang sama, Aries, Ipong, GunHP, bersama dengan Kezia Sutanto dan Riswan ‘Jakontil’ Christianto akhirnya membuat konsep komunitas iPhonesia.

Mengingat keterbatasan twitter, mereka memutuskan untuk membuat mailling list (milis) iPhonesia sebagai wadah utama komunitas baru ini. Milis iPhonesia kemudian dibuat oleh GunHP pada 12 Januari 2011 dan diresmikan pada 16 Januari 2011 bertepatan dengan mini gathering (miring) yang pertama. Miring di Pacific Diner, Plaza Senayan, itu sebenarnya ditargetkan untuk mengumpulkan beberapa iPhoneographer saja. Tetapi tanpa diduga ada sekitar 30 orang yang hadir dan merekalah yang kemudian menjadi anggota pertama komunitas iPhonesia di Milis.

Sejak resminya komunitas ini berdiri, sudah banyak kegiatan yang diadakan baik secara virtual, bertemu secara fisik, hingga pameran. Dalam satu tahun saja iPhonesia berhasil mengumpulkan 1.782 anggota milis dan lebih dari 5.000 follower di Instagram. Pengguna tagar iPhonesia di Instagram mencapai 2.000.000 foto hanya dalam 11 bulan, dan lebih dari 2.800.000 foto pada ulang tahun iPhonesia sebulan kemudian.

Dalam tahun pertama perjalanan iPhonesia, dua orang moderator yaitu Gunawan HP dan Kezia Sutanto mengundurkan diri karena kesibukan pekerjaan mereka. Mengingat pesatnya perkembangan iPhonesia sebagai sebuah organisasi maka direkrutlah Chris Prakoso, Rama Adam, Arslan Yatim, dan Alia Hadju untuk membantu sebagai moderator. Selain itu, ada pula 2 orang koordinator wilayah yaitu Lutfi Hidayat dan Irwan Suryanto yang masing-masing bertanggung jawab atas wilayah Bandung dan Jogjakarta, serta Benita Theda yang diangkat sebagai librarian iPhonesia.

Menjadi komunitas mobile photography terbesar yang dapat mempengaruhi dunia melalui hasil karya fotografi amatir

Komunitas iPhonesia ingin menjembatani bertemunya para Mobilephotographer Indonesia. Oleh karena itu, ketujuh moderator berusaha membuat berbagai kegiatan yang dapat menarik serta mengakbrabkan anggota lama dan baru. Aktivitas virtual komunitas iPhonesia contohnya @ArisanPop, #instameet, #iphonesiagreetings, #iphonesiaoftheday, #iphonesiashoutout, #pimpmyphoto, #pickysaturday, hingga #crispymonday, salah satu aktivitas yang diprakarsai oleh beberapa anggota iPhonesia. Selain itu tentunya ada juga pertemuan secara fisik yaitu, photo walk dan miring. iPhonesia juga pernah menyelenggarakan pameran bertajuk Indonesia Through my iPhone di eX Plaza Indonesia dan diundang mengikuti berbagai festival fotografi, seperti Pict Fest.

Seiring dengan perkembangan komunitas yang dinilai cepat oleh banyak pihak ini, banyak pula media yang mulai meliput dan memberikan berbagai bentuk dukungan. Berbagai dukungan ini membuat iPhonesia dapat memberikan sesuatu kembali baik ke anggotanya dan juga ke masyarakat dalam bentuk hadiah untuk pemenang kompetisi hingga aksi sosial untuk saudara yang kurang mampu.

Pada tanggal 14 April 2012, iPhonesia melakukan launching logo barunya pada acara Free Magazine Magical Future di Fairgrounds, SCBD, Jakarta. Hal ini kemudian disusul dengan perapihan organisasi iPhonesian itu sendiri dengan dibentuknya dua tim yaitu tim kreatif yang dinamakan Creativers dan tim RnD yang dinamakan Prometheus, yang masing-masing ada dibawah asuhan Rama Adams dan Chris Prakoso.

Visi:

Menjadi komunitas mobilephotography terbesar di dunia yang dapat mempengaruhi dunia melalui hasil karya fotografi amatir.

Misi:

1. Memfasilitasi pendidikan mengenai mobilephotography bagi para anggota iPhonesia.
2. Mewadahi komunikasi dan interaksi antar-anggota iPhonesia.
3. Mempersatukan seluruh anggota iPhonesia tanpa memandang perbedaan latar belakang satu sama lain.
4. Menjadi sebuah keluarga besar dengan cara merangkul seluruh anggota dan terus mencari para mobilephotographer Indonesia yang belum bergabung dengan iPhonesia.
5. Membawa nama mobilephotography Indonesia, khususnya anggota iPhonesia, ke dunia internasional.

Skip to toolbar